Lempeng rumput

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gulungan lempeng rumput

Lempeng rumput adalah lapisan atas rumput yang dipanen untuk dipindahkan. Lempeng rumput terdiri dari berbagai ketebalan media tanah yang mendukung komunitas rumput. [1]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Lempeng rumput umumnya digunakan untuk halaman rumput, lapangan golf, dan stadion olahraga di seluruh dunia. Dalam konstruksi perumahan, ini dijual kepada penata taman, pembangun rumah atau pemilik rumah yang menggunakannya untuk membuat halaman rumput dengan cepat dan menghindari erosi tanah . Lempeng rumput dapat digunakan untuk memperbaiki area kecil di halaman rumput, [2] lapangan golf, atau lapangan atletik yang sudah mati dan digunakan sebagai alternatif yang lebih cepat untuk menumbuhkan kembali halaman rumput dari biji. [3] Lempeng rumput juga efektif dalam meningkatkan pendinginan, meningkatkan kualitas udara dan air, serta membantu pencegahan banjir dengan mengalirkan air. [4]

Skandinavia mempunyai sejarah panjang dalam menggunakan atap lempeng rumput dan tipe rumah tradisionalnya adalah rumah lempeng rumput Islandia .

Kesegeraan[sunting | sunting sumber]

Dalam banyak penerapan, seperti pengendalian erosi dan lapangan atletik, kedekatan merupakan faktor kunci. Benih mungkin tertiup angin, dimakan burung, atau gagal karena kekeringan . Diperlukan waktu beberapa minggu untuk membentuk halaman rumput yang menarik secara visual dan beberapa waktu lagi sebelum cukup kuat untuk digunakan. Lempeng rumput dapat menghindari masalah-masalah ini, dan dengan perawatan yang tepat, rumput yang baru ditanam biasanya akan berfungsi penuh dalam waktu 30 hari setelah pemasangan dan sistem akarnya sebanding dengan sistem akar rumput yang berumur dua hingga tiga tahun lebih tua. [5] Lempeng rump juga mengurangi erosi dengan menstabilkan tanah. [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Turgeon, Alfred J.; Kaminiski, John E. (2019). Turfgrass management (edisi ke-Edition 1.0). State College, Pennsylvania: Turfpath. ISBN 978-1-7332881-0-1. 
  2. ^ "Use Sod For Quick Repair Of Damaged Lawns". Louisiana State University, Agricultural Center, Research and Extension. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2011. Diakses tanggal 1 December 2011. 
  3. ^ "Unsure How to Lay Turf? Use This Simple Laying Guide". 
  4. ^ "Why Sod is Good for the Planet". Sod Growers Council. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 October 2014. Diakses tanggal 14 June 2014. 
  5. ^ "The High Cost of Instant Gratification; To Sod or to Seed?". Streamline Publications. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 October 2011. Diakses tanggal 1 December 2011. 
  6. ^ "Sod vs. Seed". Central Sod Farms, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 October 2011. Diakses tanggal 1 December 2011.