Legislatif Filipina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sidang bersama Legislatif Filipina, Manila. November 15, 1916
Legislatif Filipina sebelum tahun 1924
Berkas:New PHP50 Banknote (Obverse).jpg
Legislatif Filipina ditampilkan dalam uang kertas 50 peso Filipina, di sudut kiri bawah.

Legislatif Filipina (atau The Philippine Legislature) adalah lembaga legislatif Filipina sejak tahun 1907 sampai tahun 1935, selama Periode Kolonialisasi Amerika, dan pendahulunya saat Kongres Filipina, yang merupakan bikameral dan cabang legislatif dari Pemerintahan Insuler.

Dari tahun 1907 sampai tahun 1916, di bawah Pakta Organik Filipina 1902, anggota dewan Majelis Rendah adalah Majelis Filipina terpilih dan Majelis Tinggi ditunjuk Komisi Filipina, dipimpin oleh Gubernur Jenderal Amerika (yang juga menjabat sebagai eksekutif Pemerintahan Insuler).

Pada tahun 1916, Hukum Jones dihapuskan Komisi Filipina dan direorganisir Legislatif Filipina yang terpilih, badan legislatif bikameral yang terdiri dari Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat, bentuk awal Senat Filipina dan Dewan Perwakilan Rakyat Filipina saat ini.

Pada tahun 1935, Persemakmuran Filipina didirikan dan Majelis Nasional Filipina menggantikan Legislatif Filipina.

Di bawah Pakta Organik Filipina (1907-1916)[sunting | sunting sumber]

Pakta Organik Filipina Juli 1902 menetapkan bahwa anggota dewan Filipina legislatif akan dibentuk setelah beberapa kondisi terpenuhi, seperti berakhirnya "Pemberontakan Filipina". Legislatif memiliki sebuah majelis yang terdiri atas penunjukkan oleh Komisi Filipina serta majelis rendah, Majelis Filipina, yang anggota-anggotanya dipilih melalui pemilihan nasional. Dua kamar akan berbagi kekuasaan legislatif, meskipun majelis tinggi sendiri dapat meloloskan undang-undang yang berkaitan dengan Moro dan masyarakat non-Kristen lainnya. Komisioner Residen dari dua rakyat Filipina dikirim ke Washington untuk menghadiri sesi Kongres Amerika Serikat. Pakta ini juga memperluas Deklarasi Hak Amerika Serikat untuk Filipina.[1] [2]

Anggota Legislatif Filipina mengadakan sidang pertama pada tanggal 16 oktober 1907 di Gedung Opera Raya Manila. Rapat majelis yang dipimpin oleh Nacionalista, kemudian berlangsung ricuh antara sebagian besar Komisi orang Amerika dan semua dewan orang Filipina. Konflik tersebut berakhir ketika Hukum Jones membuat sebuah badan legislatif bikameral yang berdiri eksklusif dari Filipina.[3]

Komisi Filipina (1900-16)[sunting | sunting sumber]

Komisi Filipina yang kedua, dipimpin oleh William Howard Taft dan dikenal sebagai Komisi Taft, didirikan oleh Presiden Amerika Serikat William McKinley pada tahun 1900 untuk menjalankan kekuasaan legislatif dan eksekutif terbatas di Filipina. Anggotanya, baik Amerika dan Filipina, ditunjuk oleh Presiden AS. Di awal tahun 1907, Komisi ini bertindak sebagai majelis tinggi badan legislatif bikameral.

Majelis Filipina (1907-16)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 juli 1907, pemilu pertama Majelis Filipina diadakan. Dua kelompok politik mendominasi pemilu ialah Partai Nacionalista dan Partai Progressif. Minoritas dan calon independen juga berkompetisi. Partai Nacionalista, yang berslogan "segera dan lengkapi kemerdekaan" itu dipimpin oleh presiden masa depan Filipina, Sergio Osmeña, mengantongi suara mayoritas–80kursi Majelis. Majelis adalah yang pertama sepenuhnya bercorak legislatif nasional.

Di bawah Hukum Jones (1916-35)[sunting | sunting sumber]

Hukum Jones 1916, juga dikenal sebagai Pakta Otonomi Filipina mengubah konfigurasi legislatif. Komisi Filipina dihapuskan dan diganti oleh yang terpilih Senat Filipina terpilih. Majelis Filipina juga ditata kembali dan berganti nama menjadi Dewan Perwakilan rakyat. Anggota Legislatif baru Filipina diresmikan pada 16 oktober 1916.

Filipina Legislatif adalah badan legislatif negara itu sampai tahun 1935 ketika itu digantikan oleh Majelis Nasional Filipina pada pembentukan Persemakmuran Filipina.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Philippines: United States Rule".
  2. ^ "The Philippine Bill of July 1902".
  3. ^ Zaide 1994, pp. 285–286

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Zaide, Sonia M. (1994), The Philippines: A Unique Nation, All-Nations Publishing Co., ISBN 971-642-071-4 
  • Philippine Assembly An article published in an American newspaper examining the membership and accoomplishments of the Philippine Assembly during the early years of American rule. An online article made available by Filipiniana.net
  • Philippine Bill of 1902 A US Congress Act establishing the Philippine Assembly. An online article made available by Filipiniana.net