Leerdammer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Leerdammer
Leerdammer kaas.jpg
Nama lain Maasdammer
Negara asal Belanda
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Keras
Kadar lemak 45%
Waktu pematangan 5 minggu
Sertifikasi Tidak[1]

Leerdammer adalah salah satu versi keju Maasdam dari Belanda yang diproduksi dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi.[1] [2] Selain Leerdammer, keju Maasdam juga dijual dengan merek lain seperti Ronduer, Goyweter, dan Fricotal.[2] Keju Leerdammer diproduksi di daerah Zuid-Holland.[2] Keju ini memiliki kesamaan dengan keju Emmental dalam hal banyaknya lubang-lubang besar pada bagian dalam keju.[1] Namun, volume keju ini lebih kecil dibandingkan dengan keju Emmental dari Swiss.[1] Menurut legenda, pembuat keju ahli ingin membuat keju seperti keju Gouda tetapi memiliki aroma seperti keju Emmental.[1] Akhirnya terciptalah keju Leerdammer.[1] Keju ini memiliki waktu pematangan yang lebih cepat dibandingkan dengan keju Gouda ataupun keju Emmental.[1] Berat dari keju ini berkisar antara 6 hingga 12 kilogram.[2] Keju Leerdammer memiliki kulit yang tipis dan berwarna kuning yang dilindungi oleh zat malam.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 158-159.
  2. ^ a b c d (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 108.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]