Lazarus (perangkat lunak)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lazarus
Lazarus logo.png
Lazarus-screen.jpg
Lazarus
Pengembang Sukarelawan
Rilis perdana Januari 2001 (2001-1)
Rilis stabil 1.0.14 (19 November 2013; 4 bulan yang lalu (2013-11-19))
Status pengembangan Aktif
Bahasa pemograman Pascal, Object Pascal, Free Pascal
Sistem operasi Windows, Linux, Mac, FreeBSD, Solaris, Android, iOS
Serambi i386, x86_64, PowerPC, ARM, JVM
Ketersediaan bahasa Internasional
Lisensi GNU General Public License (IDE), GNU Lesser General Public License v3 [1] (LCL), Mozilla Public License dan lain-lain (komponen pihak ketiga)
Situs web resmi http://www.lazarus.freepascal.org/

Lazarus adalah lingkungan pengembangan terpadu (LPT) sumber terbuka bagi pengguna bahasa pemrograman Pascal dan Object Pascal yang menyediakan lingkungan pengembangan yang mirip dengan Delphi. LPT ini dibangun untuk dan didukung oleh kompilator Free Pascal (FPC). Mempunyai moto Write Once Compile Anywhere artinya hanya dengan sebuah kode sumber program dapat dikompilasi di semua platform OS (Windows, Linux, Mac OS dan lain-lain.) dan arsitektur (i386, x86_64, arm dan lain-lain) yang didukung. Kompilasi silang juga dapat dilakukan.

Lazarus dibangun di atas kerangka yang juga digunakan untuk menghasilkan aplikasi yang dibuat di atasnya, yaitu Lazarus Component Library (LCL). Baik Lazarus maupun LCL murni ditulis dalam bahasa Object Pascal. LCL ini merupakan abstraksi untuk berbagai pustaka grafis yang digunakan untuk menampilkan antarmuka dari aplikasi. Saat ini, terdapat beberapa pustaka grafis yang didukung, di antaranya:

Pustaka Status
Windows API Stabil
GTK1 Usang
GTK2 Stabil
GTK3 Tahap awal
Qt Stabil
Cocoa Tahap awal
Carbon Stabil
fpGUI Tahap awal

Untuk mempermudah pembuatan grafis bagi lingkungan baru (misalnya Android), sedang dikembangkan pula pustaka Custom Drawn yang hanya memanfaatkan kemampuan paling dasar sistem operasi untuk menggambar. Semua tombol, kotak isian, gambar, dan kendali lain-lain penggambaran dan penanganan kejadiannya dilakukan oleh pustaka.

Distribusi dan Lisensi[sunting | sunting sumber]

Seperti Free Pascal, Lazarus adalah perangkat lunak bebas. Bagian yang berbeda didistribusikan di bawah lisensi perangkat lunak bebas yang berbeda, termasuk GPL, LGPL, MPL, dan versi modifikasi dari LGPL.

Secara khusus, LCL, yang statis dibangun ke dalam executable yang dihasilkan, dilisensikan di bawah versi modifikasi dari LGPL, pemberian izin tambahan yang memungkinkan untuk pengembangan statis ke dalam perangkat lunak yang dihasilkan, termasuk yang berpemilik.

Perhatikan bahwa menginstal paket desain-waktu setara dengan menghubungkannya ke IDE. Dengan demikian, mendistribusikan Lazarus IDE dengan paket desain-waktu GPL yang tidak kompatibel (misalnya paket JEDI, yang dilisensikan dengan lisensi Mozilla Public License), dalam pra-instal akan menyebabkan pelanggaran lisensi. Meskipun perangkat lunak ini tidak melarang paket pribadi(yang memiliki pemilik) yang sedang dikembangkan dengan Lazarus. [2]

  1. ^ http://lazarus-ccr.sourceforge.net/docs/lcl/
  2. ^ Lazarus (Software), en.wikipedia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]