Lompat ke isi

Layang-layang pasir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Layang-layang pasir
Riparia riparia Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN103815961 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliHirundinidae
GenusRiparia
SpesiesRiparia riparia Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1758
Tipe taksonomiRiparia Edit nilai pada Wikidata
Tata nama
Sinonim takson
  • Hirundo riparia Linnaeus, 1758
  • Riparia diluta (but see text)
  • Cotile riparia (Linnaeus)[1]
Subspecies
  • R. r. dolgushini
  • R. r. eilata
  • R. r. ijimae
  • R. r. innominata
  • R. r. kolymensis
  • R. r. riparia
  • R. r. shelleyi
  • R. r. taczanowskii
Distribusi

Range of R. riparia

     Breeding     Migration     Nonbreeding

Layang-layang pasir ( Riparia riparia ) adalah burung pengicau yang bermigrasi dalam keluarga burung walet . Ia memiliki jangkauan yang luas di musim panas, mencakup hampir seluruh Eropa dan negara-negara Mediterania dan melintasi Paleartik hingga Samudra Pasifik. Ini adalah spesies Holarctic yang juga ditemukan di Amerika Utara. Musim dingin terjadi di Afrika bagian timur dan selatan, Amerika Selatan, dan anak benua India .

Keterangan

[sunting | sunting sumber]

Layang-layang pasir berwarna coklat di bagian atas, putih di bagian bawah dengan garis coklat sempit di bagian dada; paruhnya berwarna hitam, kakinya berwarna coklat. Yang muda mempunyai ujung berwarna coklat pada bagian bulunya dan pinggirannya pada bulu sekunder.

Punggungnya yang berwarna coklat, tenggorokannya yang putih, ukurannya yang kecil dan kecepatan terbangnya yang cepat membedakannya dari burung layang-layang serupa, seperti burung layang-layang rumah biasa ( Delichon urbicum ), layang-layang tebing Amerika ( Petrochelidon pyrrhonota ) atau spesies Riparia lainnya . Hanya layang-layang belang ( Neophedina cincta ) di Afrika sub-Sahara yang serupa, tetapi layang-layang pasir hanya muncul di sana pada musim dingin (utara).

Pengukuran : [3]

  • Panjang : 47–55 in (120–140 cm)
  • Berat : 04–07 oz (110–200 g)
  • Lebar Sayap : 98–130 in (250–330 cm)

Nyanyian kicauan burung ini terus berlanjut saat burung terbang dan mengepakkan sayapnya dan menjadi nada percakapan setelah mereka bertengger dan istirahat. Alarm keras terdengar ketika elang, gagak, atau pemangsa lain yang lewat memerlukan tindakan gabungan untuk mengusirnya.

Linnaeus telah mengomentari kebiasaan berkembang biak spesies ini: Habitat di Europae collibus arenosis abruptis, foramine serpentino — "ia hidup di Eropa, di lubang-lubang berkelok-kelok di perbukitan berpasir terjal". Telah diamati bahwa sand martin menyukai loess sebagai jenis tanah tertentu untuk bersarang. [4] Layang-layang pasir umumnya ditemukan di dekat perairan yang lebih besar, seperti sungai, danau, atau bahkan lautan, sepanjang tahun.  

Di Inggris, layang-layang pasir muncul di tempat berkembang biaknya sebagai yang pertama dari keluarganya, mulai akhir Maret, tepat sebelum layang-layang asia . Di Ohio utara, mereka tiba dalam jumlah besar pada pertengahan April, sekitar 10 hari lebih awal dibandingkan 100 tahun lalu. Pada awalnya, mereka terbang sendirian di perairan yang lebih besar, untuk mencari lalat muda. Pesta-pesta berikutnya menemani spesies burung layang-layang lainnya, tetapi untuk sementara waktu, bervariasi menurut cuaca, burung-burung tersebut tetap berada di perairan luas ini dan tidak mengunjungi tempat bersarangnya. Layang-layang pasir berangkat lebih awal, setidaknya dari tempat yang lebih utara. Pada bulan Agustus, jumlah burung yang berkumpul di malam hari meningkat pesat, meskipun kedatangan dan kepergian burung-burung menyebabkan ketidakteraturan jumlah yang besar. Mereka pada dasarnya telah hilang dari tempat berkembang biaknya pada akhir September.

Makanannya terdiri dari serangga-serangga kecil, kebanyakan agas dan lalat lain yang tahap awalnya bersifat akuatik .

Layang-layang pasir mudah bergaul dalam kebiasaan bersarangnya ; dari selusin hingga ratusan pasang akan bersarang berdekatan, sesuai dengan ruang yang tersedia. Sarangnya berada di ujung terowongan dengan panjang mulai dari beberapa inci hingga tiga atau empat kaki, dibuat di pasir atau kerikil . Sarang sebenarnya adalah serasah jerami dan bulu di sebuah ruangan di ujung liang; itu segera menjadi sarang parasit. Empat atau lima telur putih diletakkan sekitar pertengahan akhir Mei, dan induk kedua biasa terjadi di semua tempat kecuali di lokasi perkembangbiakan paling utara.

Secara global, spesies ini tidak langka dan diklasifikasikan sebagai spesies yang paling tidak menimbulkan kekhawatiran (tetapi tercatat mengalami penurunan jumlah) [5] oleh IUCN . [2] Hutan ini mempunyai perlindungan nasional dan lokal, karena populasi tertentu telah menurun atau menghadapi ancaman dari hilangnya dan fragmentasi habitat. Di Kanada, spesies ini terdaftar sebagai Terancam berdasarkan Jadwal 1 <i id="mwew">Undang-Undang Spesies Beresiko</i> (SARA) federal karena hilangnya 98% populasi Kanada selama 40 tahun terakhir. [6] Mereka dianggap terancam di California, yang populasinya terdapat di Lembah Sacramento dan di dua lokasi pesisir, Taman Negara Bagian Año Nuevo dan Fort Funston .

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ For Cotile riparia see for instance Bonhote, J. Lewis (1907). Birds of Britain. illustrated by H. E. Dresser. London: Adam and Charles Black. hlm. 113/4. OCLC 1451688. 
  2. ^ a b BirdLife International (2019). "Riparia riparia": e.T103815961A155536007. doi:10.2305/IUCN.UK.2019-3.RLTS.T103815961A155536007.en.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "IUCN" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  3. ^ "Bank Swallow Identification, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology". www.allaboutbirds.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-28. 
  4. ^ Smalley, I.J., Smalley, G.J., O'Hara-Dhand, K., Jary, Z. 2013.
  5. ^ International), BirdLife International (BirdLife (2016-10-01). "IUCN Red List of Threatened Species: Riparia riparia". IUCN Red List of Threatened Species. Diakses tanggal 2021-06-25. 
  6. ^ "Species Profile (Bank Swallow) - Species at Risk Public Registry". wildlife-species.canada.ca. Diakses tanggal 2021-06-25.