Latar (heraldik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Latar dalam heraldik adalah keseluruhan permukaan perisai dalam gambar lambang kebesaran. Latar biasanya dilapisi dengan satu atau lebih pulasan (warna, logam, atau kulit bulu). Latar dapat dibagi-bagi menjadi beberapa bidang, dan dapat pula dihiasi dengan pola berwarna-warni.

Dalam segelintir kasus modern, latar atau bagian dari latar tidak dilapisi dengan pulasan, tetapi dengan gambar pemandangan,[1] atau dalam kasus latar pada lencana Satuan Tempur Ke-329 dalam Angkatan Udara Amerika Serikat, dijabarkan bercorak angkasa alami.[2] Bagi banyak ahli heraldik, latar-latar bergambar pemandangan dinilai bukan heraldik dan tidak bermakna, karena latar-latar semacam ini bertentangan dengan citra ideal heraldik sebagai gambar-gambar yang sederhana dan berwarna mencolok, serta tidak dapat digambar secara konsisten dengan semata-mata mengikuti jabarannya.

Lambang kebesaran Dewan Komunitas Distrik dan Kota Inveraray di Skotlandia dijabarkan bercorak dalam gelombang laut. Bahasa heraldik yang benar sangatlah luwes dan nyaris semua gambar dapat dijabarkan dengan tepat, misalnya corak "angkasa alami" sudah memadai jika dijabarkan menjadi biru atau biru langit, sementara corak "gelombang laut" dapat dijabarkan dengan tepat menjadi biru, tiga sabuk perak bergelombang yang dapat diwujudkan menjadi gambar tiga garis putih tebal yang bergelombang melintang pada latar biru.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Símbolos Patrios Municipales". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-09. Diakses tanggal 2007-10-13. 
  2. ^ Air Force Combat Units of World War II, hlm. 210