Larry Tesler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Larry Tesler
Larry Tesler Smiles at Whisper.jpeg
Lahir24 April 1945
Bronx, New York, U.S.
Meninggal17 Februari 2020(2020-02-17) (umur 74)
Portola Valley, California, U.S.
Kebangsaan Amerika Serikat
AlmamaterStanford University
Dikenal atasCopy, Paste, Cut
Karier ilmiah
BidangInteraksi manusia-komputer
Situs webwww.nomodes.com

Lawrence Gordon Tesler (24 April 1945 – 17 Februari 2020) adalah ilmuwan komputer Amerika Serikat yang bekerja di bidang interaksi manusia-komputer. Tesler pernah bekerja di Xerox PARC, Apple, Amazon, dan Yahoo!. Tesler dikenal dengan ciptaannya yang bernama copy, paste, dan cut.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Tesler lahir pada 24 April 1945 dari orangtua Yahudi Isidore, seorang ahli anestesi, dan Muriel (Krechman) di New York City dan lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan Bronx pada tahun 1961. Ia melanjutkan ke Universitas Stanford, tempat ia belajar ilmu komputer pada tahun 1960-an, dan bekerja untuk sementara waktu di Stanford Artificial Intelligence Laboratory. Bersama Horace Enea, ia merancang Compel, bahasa penugasan tunggal awal. Bahasa pemrograman fungsional ini dimaksudkan untuk membuat pemrosesan bersamaan lebih alami dan digunakan untuk memperkenalkan konsep pemrograman kepada pemula.

Pada akhir 1960-an, Tesler terlibat dalam Midpen Peninsula Free University, di mana ia menyampaikan kelas tentang topik-topik seperti Bagaimana mengakhiri Monopoli IBM, Komputer Sekarang, dan Penundaan.

Pada 1970-an, dari 1973 hingga 1980, Tesler bekerja di Xerox PARC, di mana beberapa proyek utamanya adalah pengolah kata Gypsy dan Smalltalk. Copy dan paste pertama kali diterapkan pada tahun 1973-1976 oleh Tesler dan Tim Mott, sementara mereka mengerjakan Gypsy untuk Xerox Palo Alto Research Center.

Pada tahun 1980, Tesler pindah ke Apple Computer, memegang berbagai posisi termasuk Wakil Presiden AppleNet, Wakil Presiden Kelompok Teknologi Lanjutan, dan Kepala Ilmuwan. Dia bekerja di tim Lisa, dan sangat antusias tentang pengembangan Macintosh sebagai penerus Lisa.

Pada tahun 1985, Tesler bekerja dengan Niklaus Wirth dalam menambahkan ekstensi bahasa berorientasi objek ke bahasa pemrograman Pascal, memanggil bahasa baru Object Pascal. Dia juga terlibat dalam pengembangan MacApp, salah satu perpustakaan kelas satu untuk pengembangan aplikasi. Akhirnya, kedua teknologi ini menjadi produk Apple.

Mulai tahun 1990, Tesler memimpin upaya pengembangan Apple Newton, awalnya sebagai Wakil Presiden Grup Pengembangan Lanjutan, dan kemudian sebagai Wakil Presiden divisi Personal Interactive Electronics.

Pada tahun 1991, Tesler menyumbangkan artikel "Networked Computing pada 1990-an" untuk Scientific American Issue Khusus tentang Komunikasi, Komputer, dan Jaringan, September, 1991.

Tesler meninggalkan Apple pada tahun 1997 untuk ikut mendirikan Stagecast Software, yang memungkinkannya untuk 'menggunakan' antusiasmenya untuk pemrograman anak-anak dan penggunaan komputer, sebuah antusiasme yang ia peroleh terutama di Xerox PARC, di mana ia bekerja di Kelompok Penelitian Pembelajaran Alan Kay.

Tesler bergabung dengan Amazon pada tahun 2001; pada 2004, ia menjadi Wakil Presiden Pengalaman Belanja perusahaan. Pada 2005, ia bergabung dengan Yahoo! sebagai Wakil Presiden kelompok Pengalaman Pengguna dan Desain Yahoo !.

Pada November 2008, Tesler meninggalkan Yahoo untuk bergabung dengan perusahaan informasi genetika pribadi 23andMe, sebagai Product Fellow. Sejak Desember 2009, ia telah menjadi konsultan independen.

Apple Newton, rilis 1993

Lihat pula[sunting | sunting sumber]