Lari tambul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemegang Rekor Dunia Guinness Owen Morse lari tambul selama sesi pelatihan di Universitas California, Irvine, pada tahun 1988

Lari tambul[1] atau lari stambul[2] (Inggris: joggling, jogging juggling) merupakan olahraga kompetitif yang menggabungkan tindakan menambul dengan lari laun. Orang yang melakukan lari tambul disebut joggler (pelari tambul). [3]

Benda yang paling umum digunakan dalam bertambul adalah bola tambul, atau terkadang tongkat tambul, namun kumpulan tiga benda atau lebih dapat digunakan. Namun, dalam kompetisi atau secara jangka panjang, sebagian besar pelari lebih memilih menggunakan kantong kacang seukuran telapak tangan yang diisi dengan makanan burung karena cukup ringan untuk jarak jauh namun cukup berat untuk menahan angin.[3] Menambul biasanya dilakukan dalam pola riaman tiga bola, yang efisien dan menggunakan tenaga paling sedikit. Para pelari tambul mengatakan bahwa gerakan lengan saat melakukan lari tambul dengan tiga benda terasa alami dengan tindakan dan kecepatan lari laun.

Aturan[sunting | sunting sumber]

Aturan yang mengatur lari tambul dalam perlombaan dan perlombaan adalah:

  1. Pola tambul harus dijaga saat berlari.
  2. Jika suatu benda terjatuh, pelari harus kembali ke titik jatuhnya dan melanjutkan.

Kompetisi[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan Lari Tambul Dunia diadakan setiap tahun sebagai salah satu acara festival tambul Asosiasi Penambul Internasional, di mana hasilnya dicatat dan medali diberikan. Siapapun dapat berkompetisi di Kejuaraan Lari Tambul Dunia, namun peserta harus mampu melakukan penambulan tiga bola dengan baik. Semua pendaftar harus membayar biaya masuk,[4] yang mencakup semua acara yang diikutsertakan untuk satu penambul, dan melengkapi serta menandatangani surat pelepasan tanggung jawab. Beberapa acara memerlukan pemenuhan standar kualifikasi (misalnya pada pertemuan sebelumnya, peserta dalam event 5 bola 400 meter harus menyelesaikan event 5 bola 100 meter dalam waktu kurang dari 90 detik). Jadwal pertemuan untuk Kejuaraan Lari Tambul Dunia paling sering mencakup perlombaan mulai dari 100 meter hingga 1600 meter, dengan sesekali jarak, jumlah alat peraga, atau rintangan yang baru namun terstandarisasi. Seringkali, percobaan rekor dunia akan diadakan pada pertemuan ini (misalnya percobaan rekor 800m, 5K, dan 10K dalam dekade terakhir), serta perlombaan estafet di mana rekan satu tim mengoper satu bola ke pelari estafet berikutnya, yang memegang dua bola dalam lepas tangan. daerah. Jadwalnya juga sering kali mencakup pertandingan 4 bola, 5 bola, dan 7 bola, yang memerlukan keterampilan teknis penambul yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kecepatan datar. Kompetisi dilakukan secara virtual selama pandemi COVID-19, dengan tujuan menggabungkan blok acara virtual dan tatap muka ketika risiko kesehatan berkurang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Arti kata bertambul dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. ^ (Indonesia) Arti kata stambul dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  3. ^ a b Beck, S. (2012, October 18). "Joggling the Marathon: 3 Beanbags and 26.2 Miles". The New York Times. Retrieved from September 11, 2001.
  4. ^ "IJA Joggling World Championships: Event Schedule". International Jugglers' Association: Festival Competitions. Diakses tanggal 15 July 2019.