Lapisan gula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kue dengan lapisan gula yang dibuat dengan cokelat dan krim asam

Lapisan gula adalah glasir manis, sering krim yang terbuat dari gula dengan cairan, seperti air atau susu, yang sering diperkaya dengan bahan-bahan seperti mentega, putih telur, krim keju, atau perasa. Ini digunakan untuk menutupi atau menghias barang yang dipanggang, seperti kue atau kue. Ketika digunakan di antara lapisan kue, itu disebut mengisi.

Lapisan es dapat dibentuk menjadi bentuk-bentuk seperti bunga dan daun menggunakan tas kue. Dekorasi seperti itu biasa pada kue ulang tahun dan pernikahan. Pewarna warna chef (pewarna makanan) biasanya ditambahkan ke dalam campuran lapisan gula untuk mencapai warna yang diinginkan. Taburan, kabut pewarna, desain tinta yang dapat dimakan, atau dekorasi lainnya sering digunakan di atas lapisan gula.

Menutupi kue dengan gula bubuk atau bahan lain diperkenalkan pada abad ke-17.[1] Lapisan gula dioleskan ke kue kemudian mengeras dalam oven. Pengesahan paling awal dari kata kerja 'to ice' dalam pengertian ini tampaknya berasal dari sekitar tahun 1600,[2] dan kata benda 'icing' dari tahun 1683.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lynne Olver. "The Food Timeline: cake history notes". foodtimeline.org. 
  2. ^ Oxford English Dictionary, 3rd edition, 2012, s.v.