Lambertia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lambertia
Lambertia formosa
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Lambertia

Spesies tipe
Lambertia formosa
Spesies

Lihat teks.

Lambertia adalah genus tumbuhan berbunga, termasuk dalam famili Proteaceae. Lambertia endemik di Australia. Genus ini dinamai pada tahun 1798 oleh Sir James Edward Smith untuk menghormati ahli botani Inggris Aylmer Bourke Lambert.

Lambertia adalah semak-semak sclerophyllous atau pohon kecil. Nama umumnya, Wild Honeysuckle, dikarenakan bunganya yang asimetris dengan tabung floral panjang dan lobus yang tergulung ketat, yang berwarna merah, jingga, kuning dan hijau.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Ada sepuluh spesies, sembilan dari itu endemik di South West, dan satu, L. formosa, ditemukan di daerah Central Coast, Blue Mountains dan Southern Highlands dari New South Wales.[2] They are as follows:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lambertia". Australian Plant Name Index (APNI), IBIS database. Centre for Plant Biodiversity Research, Australian Government, Canberra. Diakses tanggal 14 March 2013. 
  2. ^ Harden, G.J. "Genus Lambertia". PlantNET - New South Wales Flora Online. Royal Botanic Gardens & Domain Trust, Sydney Australia. Diakses tanggal 31 January 2015.