Lambang Negara Uni Soviet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Coat of arms of the Soviet Union.svg

Lambang Negara Uni Soviet (bahasa Rusia: Государственный герб СССР, Gosudarstvennyiy gerb SSSR[1]) mulai digunakan pada tahun 1923 hingga bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Versi pertama (1923–1936)[sunting | sunting sumber]

Proyek pembuatan lambang negara pertama disetujui pada tanggal 6 Juli 1923 oleh Sidang Kedua Komite Eksekutif Pusat Uni Soviet dan selesai pada tanggal 22 September 1923.[2] Rancangan ini kemudian ditetapkan dalam Konstitusi Uni Soviet 1924:

Lambang Negara Uni Soviet terbentuk atas palu arit berlatar belakang bola dunia yang disinari matahari dan dibingkai dua ikat gandum bertulisan "Pekerja di dunia, bersatulah!" dalam enam bahasa: Rusia, Ukraina, Belarus, Georgia, Armenia, dan Turko-Tatar. Di atas lambang tersebut adalah bintang bersegi lima.

Ivan Dubasov adalah kontributor penting dalam pembuatan lambang negara ini.

Versi kedua (1936–1946)[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan Konstitusi 1936, Uni Soviet terdiri atas sebelas republik. Oleh karena itu, dilakukan penambahan jumlah pita selubung gandum menjadi sebelas yang memuat tulisan moto Uni Soviet dalam sebelas bahasa pula.

Versi ketiga (1946–1956)[sunting | sunting sumber]

Jumlah republik anggota Uni Soviet bertambah menjadi enam belas beberapa saat sebelum Perang Patriotik Raya, tetapi lambang negara baru diubah untuk menyesuaikannya setelah perang berakhir. Berdasarkan Keputusan Presidium Majelis Agung Uni Soviet tertanggal 26 Juni 1946, keenambelas republik anggota dimasukkan ke dalam lambang ini. Moto Uni Soviet dituliskan pada enam belas pita selubung gandum dalam enam belas bahasa pula (dengan menambahkan bahasa Estonia, Latvia, Lituania, Moldova, dan Finlandia).

Adapun tulisan dalam bahasa Azerbaijan, Turkmen, Uzbek, Tajik, Kazak, dan Kirgiz diperbarui karena adanya perubahan aksara dari Latin ke Sirilik di masing-masing republik yang menggunakannya.[2]

Versi keempat (1956–1991)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1956, RSS Karelo-Finlandia diubah statusnya menjadi RSSO Karelia sehingga menyebabkan sedikit perubahan pada lambang negara ini.[2] Berdasarkan Keputusan Presidium Majelis Tinggi Uni Soviet tertanggal 12 September 1956, pita bertulisan moto Uni Soviet dalam bahasa Finlandia dihilangkan.[3]

Satu lagi perubahan kecil yang diterapkan pada lambang negara ini adalah perubahan tulisan moto Uni Soviet dalam bahasa Belarus berdasarkan Keputusan Presidium Majelis Tinggi Uni Soviet tertanggal 1 April 1958.[3]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Lambang negara ini menampilkan palu arit dan bintang merah dengan latar belakang bola dunia dan dua ikat gandum berselubung moto Uni Soviet ("Pekerja di dunia, bersatulah!") dalam bahasa resmi republik-republik Uni Soviet. Tiap-tiap Republik Sosialis Soviet (RSS) dan Republik Sosialis Soviet Otonom (RSSO) mempunyai lambang negara sendiri-sendiri yang banyak memiliki kemiripan dengan lambang negara induknya.

Moto yang tertulis pada pita selubung gandum adalah sebagai berikut.

Kiri      Kanan
Turkmen: Әхли юртларың пролетарлары, бирлешиң! Estonia: Kõigi maade proletaarlased, ühinege!
Tajik: Пролетарҳои ҳамаи мамлакатҳо, як шавед! Armenia: Պրոլետարներ բոլոր երկրների, միացե'ք!
Latvia: Visu zemju proletārieši, savienojieties! Kirgiz: Бардык өлкөлөрдүн пролетарлары, бириккиле!
Lituania: Visų šalių proletarai, vienykitės! Moldova: Пролетарь дин тоатe цериле, уници-вэ!
Georgia: პროლეტარებო ყველა ქვეყნისა, შეერთდით! Azerbaijan: Бүтүн өлкәләрин пролетарлары, бирләшин!
Uzbek: Бутун дунё пролетарлари, бирлашингиз! Kazak: Барлық елдердің пролетарлары, бірігіңдер!
Ukraina: Пролетарі всіх країн, єднайтеся! Belarus: Пралетарыі ўсіх краін, яднайцеся!
Rusia: Пролетарий всех стран, соединяйтесь!

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Ukraina: Державний герб СРСР; bahasa Belarusia: Дзяржаўны герб СССР; bahasa Kazak: ССРО мемлекеттік елтаңбасы; bahasa Lituania: TSRS Valstybinis herbas; bahasa Latvia: PSRS valsts ģerbonis; bahasa Estonia: NSVL riigivapp
  2. ^ a b c Bolotina, S. (November 1983). "How Our State Emblem Was Created". Nauka i Zhizn (dalam bahasa Rusia): hlm. 20–24. ISSN 0028-1263. 
  3. ^ a b (Rusia) Герб СССР[pranala nonaktif]