Lakoca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lakoca adalah pelopor dari makanan cuanki instan yang dikemas dalam bentuk cup dan berisikan tahu dan siomay kering dilengkapi bumbu. Sehingga, untuk menyantapnya cukup diseduh dengan air panas dan menunggu selama beberapa menit.

Cuanki sendiri adalah sejenis jajanan khas yang berasal dari Bandung, yang mirip dengan bakso malang dan biasa dijajakan dengan cara berkeliling berjalan kaki. Dengan adanya inovasi ini, kini semua orang bisa menyantap bakso cuanki di mana saja, karena cuanki instan ini bisa dibeli di pasar swalayan, hingga melalui reseller di media sosial. Atas inovasinya, Lakoca pernah memenangkan penghargaan Inovasi Pangan Baru dalam Pangan Award 2015 untuk kategori produk makanan instan. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Perdagangan RI.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bekerja di salah satu event organizer di Bandung membuat Rosalia Rachma Putri kerap dinas ke luar negeri untuk menangani kegiatan terkait usaha kecil dan menengah (UKM). Saat di luar negeri, Oca, perempuan ini kerap disapa, terbiasa membawa makanan instan dalam kopernya. Hal itu dilakukan karena ia terbiasa dengan makanan Indonesia dibandingkan makanan negara yang ia singgahi.

Sekitar tahun 2013, Oca kepikiran membuat cuanki, makanan yang ia sukai, dikemas menjadi instan. Cuanki merupakan makanan sejenis bakso lengkap dengan tahu. Penganan ini umumnya dijajakan pedagang dengan berkeliling. Konon, cuanki merupakan singkatan dari cari uang jalan kaki, maka pembeli harus bersabar menunggu si pedagang lewat.

Pada 1 Desember 2013, Oca pun memberanikan diri membuat cuanki dengan kemasan instan dengan nama Lakoca yang diartikan dari kata Lak yang diartikan luck atau keberuntungan. Sementara kata Ca diambil dari nama Oca. Jadi arti Lakoca adalah keberuntungan Oca.

Tak mudah menjadi pencetus produk baru, Oca harus melakukan penelitian selama tujuh bulan untuk menciptakan cuanki instan yang ia klaim sebagai yang pertama di dunia. Agar bisa diterima semua lapisan masyarakat, Lakoca menjaga mutu, kualitas, dan kehalalan.

Produk[sunting | sunting sumber]

Lakoca adalah pelopor dari makanan cuanki instan yang dikemas dalam bentuk cup dan berisikan tahu dan siomay kering dilengkapi bumbu. Sehingga, untuk menyantapnya cukup diseduh dengan air panas dan menunggu selama beberapa menit.

Produk ini memiliki 4 varian rasa, yaitu Original, Soto Ayam, Kari Ayam dan Extra Pedas. Masing-masing varian memiliki masa simpan 12 bulan.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  1. Wirausaha Terbaik Jawa Barat 2015
  2. Inovasi Pangan Baru dalam Pangan Award 2015

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/15/190000326/menilik-bisnis-lakoca-cuanki-instan-pertama-di-indonesia?page=all
  2. https://finance.detik.com/solusiukm/d-4081271/mojang-bandung-raup-untung-dagang-cuanki-instan
  3. https://mediaindonesia.com/read/detail/178912-lakoca-berdayakan-tunarungu-dan-tunawicara
  4. https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01283308/lakoca-bawa-kenikmatan-cuanki-instan-hingga-dubai-405574
  5. http://www.infobdg.com/v2/nikmat-praktisnya-cuanki-instan-ala-lakoca/
  6. http://www.harnas.co/2016/08/08/raup-rezeki-cuanki-lakoca[pranala nonaktif permanen]
  7. https://inspiratorfreak.com/lakoca-cara-kekinian-menikmati-lezatnya-semangkuk-cuangki/[pranala nonaktif permanen]
  8. https://www.youtube.com/watch?v=dQlteWPO4rc
  9. https://www.youtube.com/watch?v=4fIEHttxoWM
  10. https://www.youtube.com/watch?v=CwhA1j5qYmE