Lakhes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Lakhes (/ˈlækz/; bahasa Yunani: Λάχης; skt. 475 – 418 SM) merupakan seorang aristokrat (putra Melanopos) dan jenderal Athena selama Perang Peloponnesos.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Tanggal kelahirannya tidak diketahui, namun Plato menegaskan bahwa ia lebih tua dari Socrates, yang lahir pada sekitar tahun 470 SM. Pada tahun 427 SM, Lakhes dan Charoeades dikirim ke Sisilia dengan sebuah armada 20 kapal untuk mendukung sekutu-sekutu Athena melawan Sirakusa. Ketika Charoeades meninggal pada tahun 426 SM, Lakhes mengambil alih komando tertinggi armada dan memaksa kota Mylae dan Messina untuk menyerah. Namun karena pengangkatan kembali para jenderal pada awal tahun 425 SM ia digantikan oleh Pythodoros sebagai komandan tertinggi. Ekspedisi Athena pertama ke Sisilia berakhir dengan buruk. Setelah Lakhes kembali ke Athena ia diadili oleh Kleon, namun dibebaskan dari kesalahan apapun. Pengadilannya dikritik oleh Aristofanes di dalam dramanya Sphekes, yang merupakan sumber utama historisnya.

Pada tahun 423 SM, Lakhes berhasil bergerak untuk gencatan senjata dengan Sparta di dalam Majelis Athena. Itu hanya berlangsung setahun, namun setelah Kleon meninggal pada tahun 422 SM, Lakhes, bersama dengan Nikias, dapat menegosiasikan Perdamaian Nikias. Pada tahun 418 SM perdamaian jatuh karena dukungan Athena kepada para pemberontakan Sparta. Lakhes kembali ditunjuk sebagai jenderal dan terbunuh di dalam kekalahan Athena pada Pertempuran Mantinea.

Dialog Platonik Lakhes menampilkan pengalaman sebagai jenderal konservatif stereotip.

Nama Lakhes lainnya[sunting | sunting sumber]

Lakhes adalah nama umum di Athena; archon 400/399 SM, tahun eksekusi Socrates, Lakhes lain. Prosopographia Attica Johannes Kirchner mendaftarkan delapan belas orang dari nama Lakhes, termasuk putra jenderal, cucu, dan buyut, yang muncul di dalam pidato Demosthenes melawan Timokrates[1] dan di dalam surat-suratnya. Ad juga Lakhes lain, putra Demochares, yang merupakan sepupu Demosthenes dan saudara ipar, tapi ia adalah deme lain dan keluarga. Ada juga seorang kapten di dalam pertempuran Coronea (394 SM)[2]; dan tatanan Athena yang berjuang (dan kalah dari) Epaminondas pada tahun 364 SM.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Demosthenes 24
  2. ^ Against Simon: Defense 45

Sumber[sunting | sunting sumber]