Lais dari Hyccara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
gambaran Lais tahun 1902

Lais dari Hyccara (bahasa Yunani Kuno: Λαΐς dan Λαΐδα) (kematian 340 SM) adalah seorang etaira (kurtisan) dari Yunani Kuno. Ia mungkin lahir di Hyccara, Sisilia (Carini modern) dan meninggal di Thessalia. Dia adalah seorang pelacur sezaman dengan pelacur lain dengan nama yang sama, Lais dari Korintus. Karena para penulis kuno dalam catatan mereka (biasanya tidak langsung) sering mengacaukannya atau tidak menunjukkan mana yang mereka rujuk, keduanya menjadi terkait erat.

Ada sejumlah anekdot yang masih ada tentang Lais dari Hyccara. Misalnya, dikatakan bahwa Demosthenes menawarkan untuk membayar 1.000 drachma Yunani untuk satu malam bersamanya, tetapi ia menaikkan harganya menjadi 10.000 drachma setelah melihatnya,[1] sementara dia memberikan dirinya kepada Diogenes dari Sinope tanpa bayaran.[2] Aelian menceritakan bahwa ia mendapat julukan Axine ("kepala kapak"), karena ketajaman kekejamannya.

Dia adalah putri dari Timandra (Yunani) (atau Damasandra, menurut Athenaeus). Dia adalah seorang rekan sezaman dan saingan dari Phryne. Dia jatuh cinta dengan seorang Thessalia bernama Hippostratus atau Hippolochus, yang membawanya ke Thessalia. Dikatakan bahwa para wanita Thessalia karena cemburu memikatnya ke kuil Afrodit dan merajamnya hingga tewas. Dia dimakamkan di tepi sungai Peneus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wallechinsky, David (1978). The People's Almanac Presents the Book of Lists. New York: Bantam Doubleday Dell. hlm. 328–9. ISBN 0-553-11150-7. 
  2. ^ "Athenaeus: Deipnosophists - Book 13 (b)". Diakses tanggal 2008-11-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]