Anison

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lagu anime)

Lagu anime (アニメソング, anime song) atau populer sebagai anison (アニソン) (lakuran dari kata anime dan song) adalah lagu pop Jepang yang dipakai sebagai lagu tema, lagu pengiring (soundtrack), dan image song untuk anime di televisi atau OVA. Dalam serial anime di televisi atau OVA memiliki album jalur suara yang di dalamnya terdapat lagu pembuka ("OP", opening), lagu penutup ("ED", ending) dan insert song ("IN"), ditambah musik insidental, lagu orisinal (image song) atau cuplikan drama (sandiwara pendek yang dibawakan pengisi suara). Image song atau character song adalah lagu orisinal yang sengaja diciptakan untuk mengekspresikan konsep atau karakter dari tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam anime, termasuk juga di antaranya lagu-lagu yang tidak disertakan ke dalam anime tersebut.

Dalam pengertian luas, lagu anime juga mencakup lagu tema untuk film tokusatsu (penggemar menyebutnya sebagai lagu anime/tokusatsu), permainan video, dan lagu-lagu yang dinyanyikan pengisi suara. Di Jepang, pengisi suara yang disebut seiyu, juga berprofesi sebagai penyanyi lagu anime, misalnya: Kana Hanazawa, Yui Horie, Nana Mizuki, Maaya Sakamoto, dan Aya Hirano. Ada pula penyanyi yang seumur hidupnya mendedikasikan kariernya untuk lagu anime, misalnya: Ichirou Mizuki, Akira Kushida, Mitsuko Horie, dan Isao Sasaki.

Billboard sejak 1 Desember 2010 memulai tangga lagu khusus anime yang disebut Japan Hot Animation. Artis yang pertama kali menduduki urutan nomor satu Billboard Japan Hot Animation tanggal 6 Desember 2010 adalah Minako Kotobuki dengan "Startline" (lagu tema OVA Coicent)[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ビルボードがアニメ楽曲チャート開始 1位に寿美菜子「Startline」". anime!anime!. 2010-12-01. Diakses tanggal 26 Januari 2012. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]