Lagam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seekor kuda mengenakan lagam bosal dengan fiador

Lagam adalah sejenis tali kekang hewan yang tidak memiliki besi kendali . Sebaliknya, ia memiliki jenis pita hidung khusus yang bekerja pada titik-titik tekanan di wajah, hidung, dan dagu. Lagam paling sering terlihat dalam olahraga berkuda barat dan gaya berkendara lainnya yang berasal dari tradisi Spanyol, dan kadang-kadang terlihat di beberapa disiplin olahraga berkuda Inggris seperti palang rintang dan dalam fase acara stadion. Berbagai desain lagam juga populer untuk ketahanan berkendara . Meskipun biasanya digunakan untuk kuda muda, lagam sering terlihat pada kuda dewasa dengan masalah gigi yang membuat penggunaannya sedikit menyakitkan, dan pada kuda dengan cedera mulut atau lidah yang akan sedikit bertambah parah. [1] [2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ García Icazbalceta, Joaquín (1899). Vocabulario de Mexicanismos. Mexico: La Europea. hlm. 58. Diakses tanggal 2 February 2023. 
  2. ^ Rincón Gallardo, Carlos (1938). El Libro del Charro Mexicano. Mexico: Imprenta Regis. hlm. 5, 113. Diakses tanggal 2 February 2023.