Tali kekang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tali kekang ala barat

Tali kekang adalah peralatan yang digunakan untuk mengarahkan kuda . Sebagaimana didefinisikan dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford, "tali kekang" mencakup perangi kepala yang menahan besi kendali yang dimasukkan ke dalam mulut kuda, dan tali kendali yang dipasang pada besi kendali tersebut. Ini memberikan kontrol dan komunikasi tambahan melalui tekanan kendali.

Bagian[sunting | sunting sumber]

  • Kekang kepala : dipasang di atas kepala kuda tepat di belakang telinga hewan, dan ujung kepala. Ini adalah tali utama yang menahan sisa bagian kekang pada tempatnya.
  • Kekang pipi : Pada sebagian besar kekang, dua kekang pipi dipasang di kedua sisi bagian mahkota dan membentang di sisi wajah kuda, di sepanjang tulang pipi dan menempel pada cincin besi kendali. Pada beberapa desain, bagian kekang kepala adalah tali yang lebih panjang yang mencakup pipi kanan dan bagian mahkota sebagai satu kesatuan dan hanya ditambahkan bagian pipi sisi kiri.
  • Pita leher : biasanya merupakan bagian dari pita yang sama dengan bagian mahkota. Ia menyusur dari telinga kanan kuda, hingga di bawah tenggorokan kuda , dan menempel di bawah telinga kiri. Tujuan utama dari pita leher adalah untuk mencegah tali kekang terlepas dari atas kepala kuda, yang dapat terjadi jika kuda menggosokkan kepalanya pada suatu benda, atau jika besi kendali terletak rendah di mulut kuda dan tali kekang.
  • Kekang alis : Bagian kekang kepala yang melewati atas alis. Kekang alis membentang dari bawah satu telinga kuda, melintasi dahi, hingga tepat di bawah telinga lainnya. Ini mencegah tali kekang tergelincir di belakang ujung kepala ke leher atas, dan menyatukan beberapa kekang kepala ketika kaveson atau gigi kendali kedua ditambahkan, dan menahan kait pita leher pada tempatnya pada desain yang merupakan tali terpisah. Dalam olahraga tertentu, seperti tunggang serasi dan tunggang pelana , kekang alis dekoratif terkadang menjadi mode.
  • Kekang hidung : pita hidung yang melingkari hidung kuda. Seringkali digunakan untuk menutup mulut hewan, atau untuk menempelkan benda atau peralatan lain.
  • Kaveson : , adalah jenis kekang hidung khusus yang digunakan pada tali kekang Inggris di mana kekang hidung tersebut dipasang pada kekang kepalanya sendiri, bertumpu pada sisa tali kekang dengan kekang alis. Karena memiliki kekang kepala terpisah, kaveson dapat disetel dengan lebih presisi; kekang hidung yang hanya dipasang pada bagian pipi yang sama dengan penahan besi kendali tidak dapat dinaikkan atau diturunkan.
  • Frentera : tali pengikat yang membentang dari kekang alis ke kekang hidung, terutama terlihat pada tali kekang dengan desain tertentu di Amerika Selatan.
  • Fiador : salah satu bentuk pita leher yang digunakan bersama lagam.
  • Kekang kendali : tali kekang dipasang pada besi kendali, di bawah sambungan untuk bagian pipi. Tali kendali adalah penghubung pengendara dengan kudanya, dan terlihat di setiap kekang. Tali kendali sering kali diikat, dikepang, memiliki penahan, atau terbuat dari karet atau bahan lengket lainnya untuk memberikan cengkeraman ekstra.
  • Besi kendali : Besi kendali masuk ke dalam mulut kuda, bertumpu pada ruang interdental sensitif di antara gigi kuda yang dikenal sebagai "jeruji".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]