Lompat ke isi

Labur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tiga merek labur yang berbeda

Labur, cat kapur , kalsomin atau kalsimin adalah jenis cat yang terbuat dari kapur mati ( kalsium hidroksida, Ca(OH) 2 ) atau kapur ( kalsium karbonat, CaCO 3 ), kadang-kadang dikenal sebagai " kapur sirih". Berbagai bahan tambahan lainnya terkadang digunakan.

Gunakan sebagai cat[sunting | sunting sumber]

Para tukang labur, difoto oleh Nicolae Ionescu [cs], 1928

Pelaburan terjadi melalui reaksi dengan karbon dioksida di atmosfer untuk membentuk kalsium karbonat dalam bentuk kalsit, suatu jenis reaksi yang umumnya dikenal sebagai karbonasi atau istilah yang lebih spesifik, karbonatasi.

Biasanya diterapkan pada eksterior, atau interior perusahaan susu pedesaan karena sifat antibakterinya yang ringan. Labur dapat diwarnai untuk keperluan dekoratif dan terkadang dicat di dalam struktur seperti lorong gedung apartemen. Sejumlah kecil dapat menular ke pakaian . Di Inggris dan Irlandia, kapur sirih secara historis digunakan pada interior dan eksterior gubukan pekerja dan masih memiliki kaitan dengan kemiskinan pedesaan . [1] Misi Kalifornia yang bersejarah biasanya dilabur atau dicat kapur, sehingga memberikan tampilan putih cerah yang khas.

Labur sangat cocok dengan pekerjaan baru bata karena mudah diserap dan reaksi kimia yang dihasilkan mengeraskan media[butuh rujukan]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robinson, George W. (2015-01-13). Bert Combs The Politician: An Oral History (dalam bahasa Inggris). University Press of Kentucky. ISBN 9780813150192.