Labia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Diagram yang menunjukkan lokasi labia.

Labia adalah bagian dari kelamin wanita, tepatnya lipatan kulit yang membentuk bagian dari vulva. Pada manusia, terdapat dua jenis labia, yaitu labia majora (atau labia luar) yang lebih besar dan gemuk, serta labia minora yang merupakan lipatan kulit di antara labia luar. Labia mengelilingi dan melindungi klitoris dan lubang vagina serta uretra.

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Labia berasal dari kata labium (bentuk jamak: labia), yang dalam bahasa Latin berarti "bibir". "Labium" merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan struktur manapun yang berbentuk seperti bibir.

Anatomi[sunting | sunting sumber]

Labia mayora, juga biasa disebut labia luar atau bibir luar, adalah struktur seperti bibir yang sebagian besar terdiri dari kulit dan jaringan adiposa (lemak). Labia mayora memanjang di kedua sisi vulva dan membentuk celah pudendus di bagian tengahnya. Labia mayora sering kali tampak montok, dan semakin menebal ke arah depan. Persimpangan anterior labia mayora disebut komisura anterior, yang berada di bawah mons pubis dan di atas klitoris. Di bagian posterior, labia mayora bergabung dengan komisura posterior, yang berada di atas perineum dan di bawah frenulum labia minora. Alur antara labia mayora dan labia minora dikenal sebagai sulkus interlabial atau lipatan interlabial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Moore, Keith L.; Agur, Anne M. R.; Dalley II, Arthur F. (2010). Essential Clinical Anatomy, Fourth Edition. hlm. 268. ISBN 9781609131128.