La Malinche

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hernán Cortés dan La Malinche menemui Moctezuma II di Tenochtitlan, 8 November 1519. Facsimile (c. 1890) of Lienzo de Tlaxcala.
La Malinche dan Hernán Cortés di kota Xaltelolco.

La Malinche (pengucapan bahasa Spanyol: [la ma'lintʃe]; c. 1496 atau c. 1505 – c. 1529), juga dikenal dengan nama Malinalli [mali'nalːi], Malintzin [ma'lintsin] atau Doña Marina ['doɲa ma'ɾina], adalah seorang perempuan Nahua dari Pantai Teluk Meksiko. Ia berperan sebagai penerjemah, penasihat, kekasih, dan perantara bagi Hernán Cortés dalam penaklukan Spanyol di Meksiko. Ia awalnya merupakan salah satu dari dua puluh budak perempuan yang diserahkan oleh penduduk asli Tabasco kepada Spanyol pada tahun 1519.[1] Nantinya, ia menjadi kekasih Cortés dan melahirkan putra pertamanya, Martín, yang dianggap sebagai salah satu Mestizo pertama (campuran bangsa Eropa dengan penduduk asli Amerika).

Beragam penilaian diberikan kepada dirinya tergantung pada sudut pandang sosial dan politik; misalnya ketika Revolusi Meksiko, ia digambarkan dalam drama, novel, dan lukisan sebagai orang jahat.[2] Di Meksiko saat ini, La Malinche dianggap sebagai orang yang berpengaruh. Ia dipandang oleh beragam kalangan sebagai pengkhianat, korban, atau ibunda simbolis bangsa Meksiko. Istilah malinchista merujuk kepada orang Meksiko yang tidak setia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thomas, Hugh. Conquest: Montezuma, Cortes, and the Fall of Old Mexico. New York: Simon & Schuster, 1993, hal. 171–172
  2. ^ Cypess, hal. 12–13

Pranala luar[sunting | sunting sumber]