La Jornada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
La Jornada
Tipe Surat kabar harian
Format Kompak
Penerbit Desarrollo de Medios S.A. de C.V.
Redaksi Carmen Lira Saade
Didirikan 1984
Bahasa Spanyol
Pusat Kota Meksiko, Meksiko
Sirkulasi surat kabar Nasional
Situs web www.jornada.unam.mx

La Jornada adalah surat kabar harian berbahasa Spanyol dari Kota Meksiko, Meksiko. Surat kabar ini didirikan pada tahun 1984 oleh Carlos Payán Velver. La Jornada memiliki kehadiran di tujuh negara bagian Republik Meksiko dengan edisi lokal di Guerrero, Jalisco, Michoacán, Morelos, San Luis Potosí, Puebla dan Veracruz (La Jornada de Oriente). La Jornada memiliki sekitar 287.000 pembaca di Kota Meksiko,[1] dan situs web mereka memiliki sekitar 180.000 tampilan halaman setiap hari.[2]

Versi online diluncurkan pada tahun 1995, dengan tanpa batasan pada akses dan pencarian berbasis Google yang termasuk arsip bersejarah koran. Situs web diselenggarakan oleh Universitas Otonom Nasional Meksiko (UNAM).

Noam Chomsky telah dijelaskan La Jornada sebagai "mungkin satu-satunya surat kabar independen nyata di belahan bumi".[3][4]

Kontributor[sunting | sunting sumber]

Banyak wartawan surat kabar memiliki afiliasi akademik dengan UNAM atau Colegio de México.

Ini kadang-kadang diterjemahkan dan termasuk op-ed dari Robert Fisk, Noam Chomsky, James Petras, Howard Zinn, Greg Palast dan lain-lain. Fidel Castro juga berulang kali memberikan kontribusi kepada surat kabar sebagai seorang penulis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pulso: Articulos Nuevos
  2. ^ Introducción Tampilan halaman setiap hari dari La Jornada
  3. ^ Borpujari, Priyanka (6 Juli 2013). "What is striking in India is the indifference of the privileged: Chomsky". Tehelka. Diakses tanggal 30 November 2013. 
  4. ^ Chomksy, Noam (6 Oktober 2009). Chomsky: US Supported Indian, Pakistani Nuclear Programs (Konferensi). San Francisco, CA: FORA.tv. http://www.youtube.com/watch?v=-3kAld2YwgU&t=21s. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]