Île de la Cité

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari L'Ile de la Cité)
Notre Dame de Paris di Île de la Cité dari hulu (timur)

Île de la Cité merupakan satu dari dua pulau alami di Seine di kota Paris (lainnya Île Saint-Louis, Île des Cygnes adalah pulau buatan). Merupakan pusat Paris dan letak di mana kota abad pertengahan didirikan kembali.

Ujung baratnya memiliki sebuah istana sejak masa Merovingian, dan ujung timurnya sejak masa yang sama telah disucikan, khususnya setelah pembangunan katedral abad ke-10 yang sekarang menjadi Notre Dame. Tanah di antara kedua ujung, hingga 1850-an, berupa penghunian dan perdagangan, tetapi sejak diisi oleh Prefecture de Police, Palais de Justice, rumah sakit Hôtel-Dieu dan Tribunal de Commerce. Hanya ujung paling barat dan timurlaut pulau yang masih menjadi penghunian hingga sekarang, dan beberapa rumah canon abad ke-16.

Pemandangan[sunting | sunting sumber]

The Île de la Cité dilihat dari barat, hilir

Tiga bangunan abad pertengahan di Île de la Cité (timur ke barat):

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Île de la Cité terhubung dengan seluruh Paris oleh jembatan di kedua tepi sungai dan ke Île Saint-Louis. Jembatan tertua adalah Pont Neuf ('Jembatan Baru'), yang terletak di ujung barat pulau.

Plat logam peringatan pembakaran Jacques de Molay

Pulau ini memiliki sebuah stasiun Métro de Paris, Cité; dan stasiun RER Saint-Michel-Notre-Dame di Tepi Kiri memiliki pintu keluar di taman di depan Katedral.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • de Brunhoff, Jacques. 1987. La place Dauphine et l'île de la Cité (Lyon) ISBN 2-904638-99-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

48°51′17″N 2°20′51″E / 48.85472°N 2.34750°E / 48.85472; 2.34750