Kuroshima, Okinawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta Kepulauan Yaeyama

Kuroshima (黒島, Yaeyama: Fishiima Okinawa: Kurushima) atau Pulau Kuro adalah sebuah pulau di kota madya Taketomi, Okinawa di Kepulauan Yaeyama, Jepang. Dilihat dari udara, pulau ini berbentuk hati sehingga dipromosikan sebagai "Pulau Hati" meskipun nama pulau ini sebetulnya berarti "Pulau Hitam".

Luas pulau ini 10 km2 dengan populasi kira-kira 210 orang pada tahun 2006. Kuroshima adalah pulau yang relatif datar, titik tertinggi di pulau ini hanya 15 m di atas permukaan laut.

Kegiatan ekonomi pulau ini adalah peternakan sapi dan menyelenggarakan "festival sapi" setahun sekali. Pulau ini juga kadang-kadang dipromosikan sebagai "Pulau Sapi" karena lebih banyak jumlah sapi daripada jumlah penduduk pulau ini. Kegiatan wisatawan di antaranya menyelam dan mandi matahari.

Objek wisata[sunting | sunting sumber]

  • Mercu suar di ujung selatan pulau.
  • Visitors' Center di bagian barat pulau memamerkan berbagai foto lama, hewan taksidermi, peralatan bertani, dan memancing ikan tradisional.
  • Puzumari adalah menara tua yang dibangun dari batu karang. Letaknya di dekat Visitors' Center. Pada masa Kerajaan Ryukyu, titik tertinggi di pulau ini adalah puncak menara, dulunya dipakai untuk mengawasi lalu lintas kapal dari/ke Pulau Ishigaki dan mengirim sinyal api ke pulau tetangga.[1] Menara serupa dari abad ke-17 juga ada di pulau lain di Kepulauan Yaeyama, misalnya di Hateruma.
  • Di pantai Nakamoto Kaigan, pesisir barat Kuroshima, terdapat sebuah kuil Shinto.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Kuroshima dapat dicapai dengan kapal feri dari Pulau Ishigaki. Semua objek wisata dapat dicapai dengan berjalan kaki atau bersepeda. Di pulau ini terdapat beberapa rumah penginapan (minshuku). Di desa terdapat sebuah toko dan kantor pos/bank.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yamakei: Ryukyu Nansei Shoto, p.113. Tokio 2003. ISBN 4-635-01718-4

Koordinat: 24°14′00″N 124°01′00″E / 24.23333°N 124.01667°E / 24.23333; 124.01667