Kunci (musik) - halaman lengkap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kunci (musik))
Diagram kunci musik treble, alto, dan bass dengan notasi musik yang terdengar identik dan disejajarkan secara vertikal
C tengah diwakili pada (dari kiri ke kanan) kunci treble, alto, tenor dan bass
Tiga kunci musik sejajar dengan C tengah

Kunci musik (dari bahasa Perancis: clef 'kunci') adalah simbol musik yang digunakan untuk menunjukkan nada mana yang diwakili oleh garis dan spasi pada tongkat musik. Menempatkan kunci musik pada tongkat akan memberikan nada tertentu pada salah satu dari lima baris atau empat spasi, yang menentukan nada pada garis dan spasi yang tersisa.

Tiga simbol kunci musik yang digunakan dalam notasi musik modern adalah kunci G, kunci kunci F, dan kunci kunci C. Menempatkan kunci musik ini pada sebuah baris akan memperbaiki nada referensi ke baris tersebut—kunci F memperbaiki F di bawah C tengah, kunci C memperbaiki C tengah, dan kunci G memperbaiki G di atas C tengah. Dalam notasi musik modern, G-clef paling sering dilihat sebagai treble clef (menempatkan G 4 pada baris kedua paranada), dan F-clef sebagai bass clef (menempatkan F 3 pada baris keempat). Kunci C paling banyak ditemui sebagai kunci alto (menempatkan C tengah pada baris ketiga) atau kunci kunci tenor (C tengah pada baris keempat). Tanda kunci dapat ditempatkan pada spasi, bukan pada garis, tetapi hal ini jarang terjadi.

Penggunaan kunci musik yang berbeda memungkinkan penulisan musik untuk semua instrumen dan suara, terlepas dari perbedaan jangkauannya . Menggunakan kunci musik yang berbeda untuk instrumen dan suara yang berbeda memungkinkan setiap bagian ditulis dengan nyaman pada tongkat dengan garis buku besar yang minimal. Untuk tujuan ini, kunci G digunakan untuk bagian tinggi, kunci C untuk bagian tengah, dan kunci F untuk bagian rendah. Instrumen transposisi dapat menjadi pengecualian untuk hal ini—kunci musik yang sama umumnya digunakan untuk semua instrumen dalam satu kelompok, terlepas dari nada bunyinya. Misalnya, bahkan saksofon rendah dibaca dengan kunci musik treble.

Ada simetri di sekitar C tengah mengenai kunci F, C dan G. C mendefinisikan C tengah, sedangkan kunci G dan kunci F mendefinisikan nada masing-masing pada interval seperlima di atas C tengah dan di bawah C tengah.

Dua mnemonik umum untuk mempelajari garis kunci adalah:

  • Good Boys Do Fine Always (kunci bas)
  • Every Good Boy Does Fine (kunci trebel)[a]

Penempatan pada paranada[sunting | sunting sumber]

Secara teoritis, kunci musik apa pun dapat ditempatkan pada baris mana pun. Dengan lima garis pada tongkat dan tiga kunci musik, ada lima belas kemungkinan penempatan kunci musik. Enam di antaranya mubazir karena menghasilkan penetapan nada yang identik—misalnya, kunci G pada baris ketiga menghasilkan penempatan nada yang sama dengan kunci C pada baris terbawah. Jadi ada sembilan kemungkinan kunci musik yang berbeda jika penempatannya dibatasi pada garis. Semuanya telah digunakan secara historis: kunci G pada dua garis bawah, kunci F pada tiga garis atas, dan kunci C pada empat garis bawah. Kunci C pada baris paling atas juga telah digunakan, tetapi setara dengan kunci F pada baris ketiga, sehingga menghasilkan total sepuluh kunci yang secara historis dibuktikan ditempatkan pada baris tersebut. Selain itu, kunci C telah digunakan pada spasi ketiga, yaitu tidak pada satu baris sama sekali.

Sepuluh kunci musik yang ditempatkan pada garis (dua di antaranya setara) memiliki nama berbeda berdasarkan tessitura yang paling cocok untuknya.

The ten possible clefs placed on lines
Sepuluh kemungkinan kunci musik ditempatkan pada garis

Dalam musik modern, hanya empat kunci musik yang digunakan secara teratur: kunci musik treble, kunci musik bass, kunci musik alto, dan kunci musik tenor . Dari jumlah tersebut, kunci treble dan bass adalah yang paling umum. Kunci musik tenor digunakan untuk nada atas beberapa instrumen yang biasanya menggunakan kunci musik bass (termasuk cello, bassoon, dan trombone ), sedangkan alto paling banyak digunakan oleh biola . Musik untuk instrumen dan suara yang mengubah urutan oktafnya umumnya ditulis dengan nada yang diubah urutannya, tetapi terkadang terlihat ditulis pada nada konser menggunakan kunci oktaf .

Common clefs
Kunci umum
Kunci musik Nama Catatan Catatan Lokasi
Kunci G G4 pada garis yang melalui lengkung kunci musik
kunci C C 4 ( C Tengah ) pada garis yang melalui titik tengah kunci
Kunci F F 3 pada garis yang melewati antara dua titik kunci tersebut

Kunci individu[sunting | sunting sumber]

Bagian ini menampilkan daftar lengkap kunci musik, beserta daftar instrumen dan bagian suara yang dinotasikan dengannya. Belati (†) setelah nama kunci musik menunjukkan bahwa kunci musik tersebut sudah tidak umum digunakan lagi.

G-clef
G-kunci musik

Kunci G[sunting | sunting sumber]

Kunci trebel[sunting | sunting sumber]

Treble clef
kunci musik tiga kali lipat
Tangga nada C mayor, kunci musik trebel. Play

Satu-satunya kunci G yang masih digunakan adalah kunci G, dengan kunci G ditempatkan pada baris kedua. Ini adalah kunci musik yang paling umum digunakan dan umumnya merupakan kunci musik pertama yang dipelajari oleh siswa musik.[1] Karena alasan ini, istilah "G-clef" dan "treble clef" sering dianggap sinonim. Kunci musik treble secara historis digunakan untuk menandai bagian suara treble, atau pra-puber.

Instrumen yang menggunakan treble clef antara lain biola, seruling, oboe, cor anglais, semua klarinet, semua saksofon, tanduk perancis, terompet, cornet, vibraphone, gambang, mandolin, perekam, bagpipe dan gitar . Eufonium dan tanduk bariton terkadang diperlakukan sebagai instrumen transposisi, menggunakan kunci musik treble dan membunyikan nada kesembilan mayor lebih rendah, dan terkadang diperlakukan sebagai instrumen nada konser, menggunakan kunci musik bass. Kunci musik treble juga merupakan staf atas dari staf utama yang digunakan untuk instrumen harpa dan keyboard . Sebagian besar bagian tinggi untuk instrumen kunci musik bass (misalnya selo, kontrabas, fagot, dan trombon ) ditulis dengan kunci musik tenor, namun nada yang sangat tinggi dapat dinotasikan dengan kunci musik treble. Viola juga dapat menggunakan kunci treble untuk nada yang sangat tinggi. Kunci treble digunakan untuk suara sopran, mezzo-sopran, alto, contralto, dan tenor . Bagian suara tenor berbunyi satu oktaf lebih rendah dan sering kali ditulis menggunakan kunci oktaf (lihat di bawah) atau kunci tiga kali lipat.

Kunci biola Perancis [sunting | sunting sumber]

French clef
kunci Perancis
Tangga C mayor, kunci biola Perancis. Play

Kunci G yang ditempatkan pada baris pertama disebut kunci musik Perancis, atau kunci biola Perancis. Ini digunakan di Perancis pada abad ketujuh belas dan kedelapan belas untuk musik biola dan musik seruling.[2] Ini menempatkan nada-nada pada posisi tongkat yang sama dengan kunci bas, tetapi dua oktaf lebih tinggi.

F-clef
Kunci F

Kunci F[sunting | sunting sumber]

Kunci bariton [sunting | sunting sumber]

Baritone clef
kunci bariton
Tangga nada C mayor, kunci F bariton. Play
Baritone clef
kunci bariton
Tangga nada C mayor, kunci C bariton. Play

Kunci musik F yang diletakkan pada baris ketiga disebut kunci musik bariton. Kunci bariton digunakan untuk bagian kiri musik keyboard (khususnya di Prancis; lihat naskah Bauyn ) dan untuk bagian bariton dalam musik vokal. Kunci C pada baris kelima menghasilkan tongkat dengan nada yang identik dengan kunci bariton, tetapi varian ini jarang terjadi.

Kunci bas[sunting | sunting sumber]

Bass clef
kunci bass
Tangga nada C mayor, kunci bas. Play

Satu-satunya kunci musik F yang masih digunakan adalah kunci musik bass, dengan kunci musik ditempatkan pada baris keempat. Karena ini adalah satu-satunya kunci F yang biasa ditemui, istilah "kunci F" dan "kunci kunci bass" sering dianggap sinonim.

Kunci bass digunakan untuk selo, kontrbas dan gitar bass, bassoon dan contrabassoon, perekam bass, trombon, tuba, dan timpani . Ini digunakan untuk klakson bariton atau euphonium ketika bagian-bagiannya ditulis pada nada konser, dan terkadang untuk nada terendah dari tanduk perancis . Suara bariton dan bass juga menggunakan kunci musik bass, dan suara tenor dinotasikan dengan kunci musik bass jika tenor dan bass ditulis pada paranada yang sama. Kunci musik bass adalah kunci musik terbawah pada paranada ganda untuk instrumen harpa dan keyboard. Bass ganda, gitar bass, dan kontrabassoon terdengar satu oktaf lebih rendah dari nada tertulis; beberapa skor menunjukkan angka "8" di bawah kunci musik untuk membedakan instrumen ini dari instrumen yang berbunyi pada nada tertulis sebenarnya. (lihat "kunci oktaf" di bawah).

Kunci sub-bas [sunting | sunting sumber]

Sub-bass clef
Kunci sub-bass

Jika kunci F ditempatkan pada baris kelima, maka disebut kunci sub-bass. Ini digunakan oleh Johannes Ockeghem dan Heinrich Schütz untuk menulis bagian bass rendah, oleh Monsieur de Sainte-Colombe untuk nada rendah pada bass viol, dan oleh JS Bach dalam Musical Offering miliknya.

Ia sama dengan kunci musik treble, tetapi dua oktaf lebih rendah.

C-clef
kunci C

Kunci C[sunting | sunting sumber]

kunci alto[sunting | sunting sumber]

Alto clef
kunci musik alto
Skala C mayor, kunci alto. Play

Kunci C pada baris ketiga tongkat disebut kunci alto atau viola. Saat ini digunakan untuk viola, viola d'amore, alto trombone, viola da gamba, dan mandola . Hal ini juga dikaitkan dengan suara countertenor dan kadang-kadang disebut kunci countertenor.[3] Sisa dari hal ini masih ada dalam penggunaan kunci musik untuk cor anglais oleh Sergei Prokofiev dalam simfoni-simfoninya. Adakalanya muncul dalam musik keyboard (misalnya, dalam Organ Chorales karya Brahms dan Dream for piano karya John Cage ).

Kunci tenor[sunting | sunting sumber]

Tenor clef
Kunci musik tenor
Tangga nada C mayor, kunci musik tenor. Play

Kunci C pada baris keempat tongkat disebut kunci musik tenor. Ini digunakan untuk viola da gamba (jarang, dan sebagian besar dalam musik Jerman; jika tidak, kunci musik alto digunakan) dan untuk instrumen bass-clef tingkat atas seperti bassoon, cello, euphonium, double bass, dan tenor trombone . Kunci musik treble juga dapat digunakan untuk bagian ekstrem atas dari instrumen kunci musik bass ini. Bagian biola tenor juga ditulis dengan kunci musik ini (lihat misalnya Op. 11). Itu digunakan oleh bagian tenor dalam musik vokal tetapi penggunaannya sebagian besar telah digantikan baik dengan versi oktaf dari kunci musik treble atau dengan kunci musik bass ketika bagian tenor dan bass ditulis dalam paranada tunggal.

Aransemen paduan suara pria menunjukkan penggunaan kunci C berbentuk tangga.

Varian kunci musik tenor lainnya, yang sebelumnya digunakan dalam musik untuk paduan suara pria, [4] memiliki bentuk seperti tangga. Kunci C ini menempatkan C pada spasi ketiga paranada, dan setara dengan kunci musik treble sub-oktaf . Lihat juga Sejarah .

Kunci mezzo-sopran [sunting | sunting sumber]

Mezzo-soprano clef
Kunci musik mezzo-soprano
Tangga nada C mayor, kunci musik mezzo-soprano. Play

Kunci C pada baris kedua paranada disebut kunci musik mezzo-soprano, jarang digunakan dalam musik klasik Barat modern. Ini digunakan dalam musik orkestra Perancis abad ke-17 untuk viola kedua atau bagian tenor pertama ('taille') oleh komposer seperti Lully, dan untuk suara mezzo-soprano dalam peran opera, terutama oleh Claudio Monteverdi .[5] Kunci musik mezzo-soprano juga digunakan untuk bagian seruling tertentu pada masa Renaisans, terutama saat menggandakan garis vokal.[6] Dalam musik Azerbaijan, tar menggunakan kunci musik ini. </link>[ <span title="This claim needs references to reliable sources. (August 2020)">kutipan diperlukan</span> ]

Kunci sopran [sunting | sunting sumber]

Soprano clef
kunci sopran
Tangga nada C mayor, kunci sopran. Play

Kunci C pada baris pertama paranada disebut kunci sopran. Ia digunakan untuk musik keyboard tangan kanan (khususnya di Perancis – lihat naskah Bauyn ), dalam musik vokal untuk sopran, dan kadang-kadang untuk bagian viola da gamba tinggi bersama dengan kunci musik alto. Ia digunakan untuk bagian biola kedua ('haute-contre') dalam musik Perancis abad ke-17.

Garis yang sama pada tongkat di kunci musik yang berbeda berarti nada yang berbeda.



Garis yang menunjukkan C (berasal dari pusat kunci musik) ditandai dengan warna oranye.
  1. soprano clef
  2. mezzo-soprano clef
  3. alto clef
  4. tenor clef
  5. baritone clef

Kunci musik lainnya[sunting | sunting sumber]

Kunci oktaf[sunting | sunting sumber]

Tiga jenis kunci treble suboktaf yang menunjukkan C tengah
Skala C mayor, kunci suboktaf. Play
Tangga nada C mayor, kunci musik "sopranino". Play (ini satu oktaf lebih tinggi dari kunci musik treble tanpa angka 8)

Mulai abad ke-18, musik untuk beberapa instrumen (seperti gitar ) dan suara tenor telah menggunakan kunci musik treble, meskipun bunyinya satu oktaf lebih rendah. Untuk menghindari ambiguitas, kunci musik yang dimodifikasi terkadang digunakan, terutama dalam penulisan paduan suara . Penggunaan kunci C pada spasi ketiga menempatkan nada-nadanya secara identik, tetapi notasi ini kurang umum [7] [8] karena mudah tertukar dengan kunci alto dan tenor .

Kunci treble yang dimodifikasi seperti ini paling sering ditemukan pada bagian tenor dalam pengaturan SATB, menggunakan kunci treble dengan angka 8 di bawahnya. Hal ini menunjukkan bahwa nadanya berbunyi satu oktaf lebih rendah. Karena kunci musik tenor yang sebenarnya sudah tidak digunakan lagi dalam penulisan vokal, kunci musik treble yang "dijatuhkan oktaf" ini sering disebut kunci musik tenor. Kunci musik yang sama terkadang digunakan untuk mandolin oktaf . Hal ini juga dapat ditunjukkan dengan dua kunci G yang tumpang tindih.

Banjo tenor biasanya dinotasikan dengan kunci musik treble. Namun, notasi bervariasi antara nada tertulis yang berbunyi satu oktaf lebih rendah (seperti dalam musik gitar dan disebut nada oktaf di sebagian besar metode tenor banjo) dan musik yang berbunyi pada nada tertulis (disebut nada sebenarnya). Upaya telah dilakukan untuk menggunakan kunci musik treble dengan garis diagonal melalui bagian atas kunci musik untuk menunjukkan nada oktaf, tetapi hal ini tidak selalu digunakan.

Untuk menunjukkan bahwa nada berbunyi satu oktaf lebih tinggi daripada yang tertulis, kunci musik treble dengan posisi 8 di atas kunci musik dapat digunakan untuk peluit penny, rekorder sopran dan sopranino, dan bagian musik tiup kayu tinggi lainnya. Kunci musik treble dengan 15 di atas (terdengar dua oktaf di atas kunci musik treble standar) digunakan untuk rekorder garklein (sopranissimo) .

Kunci F juga dapat dinotasikan dengan penanda oktaf. Meskipun kunci F yang dinotasikan untuk berbunyi satu oktaf lebih rendah dapat digunakan untuk instrumen kontrabas seperti kontrabas dan kontrafagot, dan kunci F yang dinotasikan untuk berbunyi satu oktaf lebih tinggi dapat digunakan untuk perekam bass, penggunaan ini sangat jarang. Dalam skor Italia hingga Overture to <i id="mwAaQ">William Tell</i> karya Gioachino Rossini, cor anglais ditulis dengan kunci bass satu oktaf lebih rendah dari bunyinya.[9] Kunci bass yang tidak dimodifikasi sangat umum sehingga pemain instrumen yang rentangnya berada di bawah tongkat hanya belajar membaca baris buku besar.

kunci netral[sunting | sunting sumber]

Pola drum empat kali lipat sederhana pada perangkat drum rock. Play

Kunci musik netral atau kunci perkusi bukanlah kunci musik yang sebenarnya seperti kunci musik F, C, dan G. Sebaliknya, ia menetapkan instrumen perkusi tak bernada yang berbeda ke garis dan ruang paranada. Dengan pengecualian beberapa tata letak drum-kit dan perkusi marching yang umum, penetapan garis dan spasi pada instrumen tidak terstandarisasi, sehingga diperlukan legenda untuk menunjukkan instrumen mana yang diwakili oleh setiap baris atau ruang. Instrumen perkusi bernada tidak menggunakan kunci musik ini — timpani dinotasikan dengan kunci musik bass dan instrumen perkusi palu dicatat dengan kunci musik treble atau pada paranada besar .

Jika kunci musik netral digunakan untuk instrumen perkusi tunggal, paranada hanya boleh memiliki satu baris, meskipun konfigurasi lain digunakan.

Kunci musik netral kadang-kadang digunakan ketika instrumen non-perkusi memainkan teknik lanjutan yang tidak bernada, seperti memukul badan instrumen senar, atau membuat tepukan, hentakan, atau hentakan paduan suara vokal. Namun, lebih umum untuk menulis ritme menggunakan × notehead pada tongkat normal instrumen, dengan komentar untuk menunjukkan gerakan ritme yang sesuai.

Tablature[sunting | sunting sumber]

Tangga nada C mayor, tabulasi gitar, dan notasi staf (suboktaf digunakan). Play

Untuk gitar dan instrumen fret lainnya, dimungkinkan untuk membuat notasi tabulasi sebagai pengganti not biasa. Tanda TAB ini bukan tanda kunci — tanda ini tidak menunjukkan penempatan not pada tongkat. Garis-garis yang ditampilkan bukanlah tongkat musik melainkan mewakili senar instrumen (enam baris untuk gitar, empat baris untuk gitar bass, dll.), dengan nomor pada garis yang menunjukkan fret mana yang harus digunakan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum munculnya kunci musik, garis acuan sebuah tongkat hanya diberi label dengan nama not yang ingin disandangnya: F, C, atau kadang-kadang G. Ini adalah 'clefs' yang paling umum, atau litterae clavis (huruf kunci), dalam notasi nyanyian Gregorian. Seiring waktu, bentuk huruf-huruf ini menjadi lebih bergaya, sehingga menghasilkan versinya yang sekarang.

Banyak kunci musik lain yang digunakan, khususnya pada periode awal notasi nyanyian, yang dikunci ke banyak nada berbeda, dari Γ rendah ( gamma, G di garis bawah kunci bas) hingga G di atas C tengah (ditulis dengan huruf kecil huruf g ). Ini termasuk dua simbol huruf kecil b yang berbeda untuk nada tepat di bawah C tengah: bulat untuk B , dan persegi untuk B . Berdasarkan frekuensi penggunaannya, kunci musik ini adalah: F, c, f, C, D, a, g, e, Γ, B, dan bulat dan persegi b .[10] Dalam musik abad pertengahan selanjutnya, babak b sering ditulis sebagai tambahan pada huruf kunci musik lainnya untuk menunjukkan bahwa B daripada B digunakan di seluruh bagian; ini adalah asal mula tanda tangan kunci .

Bentuk awal kunci G—kunci ketiga menggabungkan kunci G dan D secara vertikal

Pada periode polifonik hingga tahun 1600, kunci musik yang tidak biasa kadang-kadang digunakan untuk bagian dengan tessitura yang sangat tinggi atau rendah. Untuk bagian bass yang sangat rendah, kunci musik ditemukan di baris tengah, keempat, atau kelima paranada (misalnya, dalam Requiem karya Pierre de La Rue dan dalam buku tari pertengahan abad ke-16 yang diterbitkan oleh Hessen bersaudara) ; untuk bagian yang sangat tinggi, kunci musik D tinggi ( d ), dan kunci musik ff yang lebih tinggi lagi (misalnya, dalam Buku Mulliner ) digunakan untuk mewakili nada-nada yang masing-masing ditulis pada baris keempat dan atas kunci musik tiga kali lipat.[11]

Praktik penggunaan bentuk berbeda untuk kunci musik yang sama masih bertahan hingga saat ini. Kunci F, hingga akhir tahun 1980-an dalam beberapa kasus (seperti himne), atau dalam terbitan Inggris dan Prancis, ditulis seperti ini:</

Dalam musik cetak dari abad ke-16 dan ke-17, kunci musik C sering kali berbentuk seperti tangga, di mana dua anak tangga horizontal mengelilingi garis paranada yang ditandai sebagai C: ; bentuk ini bertahan di beberapa edisi cetak ( lihat contoh ini, ditulis dalam empat bagian harmoni pria dan diposisikan agar setara dengan kunci musik oktaf G) hingga abad ke-20.

Kunci C sebelumnya ditulis dengan cara yang lebih bersudut, terkadang masih digunakan, atau, lebih sering, sebagai bentuk K yang disederhanakan saat menulis kunci musik dengan tangan:

Dalam notasi nyanyian Gregorian modern, kunci musik C ditulis (pada tongkat empat baris) dalam bentuk dan kunci F sebagai

Perkembangan di bagian atas kunci G mungkin berasal dari huruf kursif S untuk "sol", nama untuk "G" dalam solfege .[12]

Musik vokal dapat dikontrak menjadi dua staf, menggunakan kunci treble dan bass.

Kunci C (bersama dengan kunci G, F, Γ, D, dan A) sebelumnya digunakan untuk notasi musik vokal. Secara nominal, bagian suara soprano ditulis pada kunci C baris pertama atau kedua ( kunci soprano atau kunci kunci mezzo-soprano ) atau kunci G baris kedua ( kunci treble ), suara alto atau tenor pada kunci C baris ketiga ( alto clef ), suara tenor pada kunci C baris keempat ( tenor clef ) dan suara bass pada kunci F baris ketiga, keempat, atau kelima ( bariton, bass, atau kunci sub-bass ).

Hingga abad ke-19, aransemen musik vokal yang paling umum menggunakan kunci musik berikut:

  • Soprano = kunci sopran (kunci C baris pertama)
  • Alto = alto clef (kunci C baris ketiga)
  • Tenor = kunci musik tenor (kunci C baris keempat)
  • Bass = kunci musik bass (kunci musik F baris keempat)

Dalam publikasi yang lebih modern, musik empat bagian dengan tongkat paralel biasanya ditulis lebih sederhana sebagai:

  • Soprano = kunci musik treble (kunci G baris kedua)
  • Alto = kunci musik tiga kali lipat
  • Tenor = kunci musik tiga kali lipat dengan angka 8 di bawahnya atau kunci musik tiga kali lipat. Banyak lagu, terutama yang berasal dari sebelum abad ke-21, menggunakan kunci musik treble yang tidak diubah, dengan harapan para tenor akan tetap bernyanyi satu oktaf lebih rendah dari yang dinotasikan.
  • Bass = kunci musik bass (kunci musik F baris keempat)

Ini dapat dikurangi menjadi dua staf, soprano dan alto berbagi staf dengan kunci musik treble, dan tenor dan bass berbagi staf yang ditandai dengan kunci musik bass.

Kegunaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Kombinasi kunci musik berperan dalam sistem modal menjelang akhir abad ke-16, dan ada pendapat bahwa kombinasi kunci musik tertentu dalam musik polifonik polifoni vokal abad ke-16 dicadangkan untuk mode otentik (bernomor ganjil), dan lainnya untuk mode plagal. (bernomor genap), [13] [14] namun implikasi sebenarnya telah menjadi bahan perdebatan ilmiah.[15] [16] [17] [18]

Membaca musik seolah-olah berada dalam kunci musik yang berbeda dari yang ditunjukkan dapat membantu dalam mengubah posisi musik saat dilihat karena akan menggerakkan nada kira-kira sejajar dengan bagian tertulis. Tanda tangan kunci dan aksidental perlu diperhitungkan ketika hal ini dilakukan.

Dalam Unicode[sunting | sunting sumber]

Untuk digunakan dengan sistem komputer, Konsorsium Unicode telah membuat titik kode untuk dua belas simbol kunci musik yang berbeda sebagai bagian dari repertoar yang disebut blok "Simbol Musik" . Meskipun sebagian besar dari daftar tersebut ditetapkan pada tahun 1999, ketentuan umum simbol-simbol ini dalam font komputer umum masih agak terbatas. [b] Simbol kunci musik yang disediakan adalah sebagai berikut:

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ It is perhaps also useful to note that, for the treble clef, the four spaces between the five clef lines spell out FACE.
  2. ^ Suitable fonts include Noto Music.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Greer, Amy (2003). "In Praise of Those Grass-Eating Cows". American Music Teacher. 53 (1): 22–25. JSTOR 43547681. 
  2. ^ "Dolmetsch Online – Music Theory Online – Other Clefs". www.dolmetsch.com. Diakses tanggal 1 September 2016. 
  3. ^ Moore 1876, 176; Dolmetsch Organisation 2011.
  4. ^ Blood, Brian. "Other Clefs". Dolmetsch Online. Diakses tanggal May 9, 2023. 
  5. ^ Curtis, Alan (1989-04-01). "La Poppea Impasticciata or, Who Wrote the Music to La Poppea Impasticciata (1643)?". Journal of the American Musicological Society. 42 (1): 23–54. doi:10.2307/831417. ISSN 0003-0139. JSTOR 831417. 
  6. ^ Thomas, Bernard (1975). "The Renaissance Flute". Early Music. 3 (1): 2–10. doi:10.1093/earlyj/3.1.2. JSTOR 3125300. 
  7. ^ There was a vogue in 20th-century Oliver Ditson Co. editions, for example Master Choruses selected by Smallman & Matthews (Boston 1933)
  8. ^ This notation is also used in the 1985 Hymns of the Church of Jesus Christ of Latter-day Saints for many of the men's arrangements, i.e. Hymns 323 and 325–337
  9. ^ Del Mar 1981, 143.
  10. ^ Smits van Wasberghe 1951, 33.
  11. ^ Hiley 2001; P. and B. Hessen 1555.
  12. ^ Kidson 1908, 443-44.
  13. ^ Powers, Harold S. (1981). "Tonal Types and Modal Categories in Renaissance Polyphony". Journal of the American Musicological Society. 34 (3): 428–470. doi:10.1525/jams.1981.34.3.03a00030. 
  14. ^ Kurtzman, J. G. (1994). "Tones, Modes, Clefs, and Pitch in Roman Cyclic Magnificats of the 16th Century". Early Music. 22 (4): 641–664. doi:10.1093/earlyj/xxii.4.641. 
  15. ^ Hermelink, S. (1956). "Zur Chiavettenfrage". Musikwissenschaftlicher Kongress. Vienna: 264–271. 
  16. ^ Smith, A. (1982). "Über modus und Transposition um 1600". Basler Jahrbuch für historische Musikpraxis: 9–43. 
  17. ^ Parrott, Andrew (1984). "Transposition in Monteverdi's Vespers of 1610: an "Aberration" Defended". Early Music. 7 (4): 490–516. doi:10.1093/earlyj/12.4.490. 
  18. ^ Wiering, F. (1992). "The Waning of the Modal Ages: Polyphonic Modality in Italy, 1542–1619". Ruggiero Giovannelli: Palestrina and Velletri: 389–419. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Del Mar, Norman . 1981. Anatomi Orkestra . Berkeley: Pers Universitas California.ISBN 0-520-04500-9ISBN 0-520-04500-9 (kain);ISBN 0-520-05062-2 .
  • Organisasi Dolmetsch. 2011. " Kunci musik counter-tenor ". Dalam Kamus Musik Online Dolmetsch Online (Diakses 23 Maret 2012).
  • Hessen, Paul, dan Bartholomeus Hessen. 1555. Viel feiner lieblicher Stucklein, spanischer, welscher, enlischer, frantzösischer Komposisi dan Tentz, uber drey hundert, mit sechsen, fünffen, und vieren, auff alle Instrumen ... zusamen bracht . Breslau: Crispin Scharffenberg.
  • Hiley, David. 2001. "Kunci (i)". Kamus Musik dan Musisi New Grove, edisi ke-2, diedit oleh Stanley Sadie dan John Tyrrell . London: Macmillan.
  • Nak, Frank . 1908. "Evolusi Tanda Tangan Clef." Waktu Musik 49, tidak. 785 (1 Juli), hal. 443–444.
  • Nak, Frank. 1909. "Evolusi Tanda Tangan Clef" (artikel kedua). Di The Musical Times 50, tidak. 793 (1 Maret), hal. 159–160.
  • Moore, John Minggu . 1876. Kamus Informasi Musik: Berisi Juga Kosakata Istilah Musik, dan Daftar Karya Musik Modern yang Diterbitkan di Amerika Serikat Dari Tahun 1640 Hingga 1875 . Boston: Oliver Ditson.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Dandelot, Georges . 1999. Manuel pratique pour l'étude des clefs, direvisi oleh Bruno Giner dan Armelle Choquard. Paris: Max Eschig.
  • Morris, RO, dan Howard Ferguson. 1931. Latihan Persiapan Membaca Skor . London: Pers Universitas Oxford.
  • Baca, Gardner (1964). Notasi Musik: Manual Praktek Modern . Boston: Gang dan Bacon. Edisi kedua, Boston: Alleyn and Bacon, 1969, dicetak ulang sebagai A Crescendo Book, New York: Taplinger, 1979.ISBN 0-8008-5459-4ISBN 0-8008-5459-4 (kain),ISBN 0-8008-5453-5 (pbk).
  • Smits van Waesberghe, Jos. 1951. "Notasi Musik Guido dari Arezzo". Disiplin Musik 5:15–53.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Media terkait Clefs di Wikimedia Commons