Instrumen keyboard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
88-tuts piano, termasuk 52 tuts putih dan 36 tuts hitam.
Bandoneon adalah organ dengan tombol berbentuk silinder.

IInstrumen keyboard (juga disebut: instrumen papan kunci) adalah jenis instrumen yang dimainkan dari keyboard instrumen. Keyboard adalah struktur datar, biasanya persegi panjang, di mana serangkaian tombol diketik atau ditekan oleh jari. Setiap kunci berbentuk persegi panjang (seperti pada piano) atau silinder dalam bentuk tombol (seperti pada bandoneon).[1][2][3] Mekanisme mengeluarkan suara sangat berbeda, tetapi mereka semua memiliki fitur umum yang sama: saat mengetik, suara dikeluarkan. Instrumen dengan karakteristik ini diklasifikasikan dalam keluarga instrumen keyboard (Inggris: "instrumen keyboard", Prancis: "instrumen clavier"), yang paling umum adalah piano dan akordeon.

Jenis Penting[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

{{{annotations}}}

Mosaik "musisi wanita" dari sebuah vila Bizantium di Maryamin, Suriah, abad ke-4 M.
  • Instrumen keyboard tertua yang diketahui adalah Hydraulis dari periode Yunani Kuno. Ini adalah "nenek moyang" organ (organ pipa), ditemukan pada abad ketiga SM.[5] Cukup sentuh/tekan/ketuk tombol untuk memutar suara keras, sehingga didokumentasikan bahwa “itu bergemuruh dan menghasilkan raungan yang kuat dengan sentuhan ringan” (Paneg. Manlio Theodoro, 320–22). Lebih dari seribu tahun kemudian, meskipun diperbaiki, pada dasarnya tetap sama dengan organ sampai abad ke-14. Pada abad kelima belas, keyboard diurutkan oleh oktaf, ditandai dengan bilangan asli.
  • Harpsichord (yaitu harpsichord) muncul sekitar abad keenam belas atau mungkin lebih awal sebagai instrumen keyboard yang populer pada waktu itu, tetapi suara yang dihasilkan bukanlah pernapasan pipa, seperti organ kuno, tetapi oleh "mengambil paku" pada senar. Artinya, diubah dari alat musik tiup menjadi alat musik gesek. Oleh karena itu, suara yang dikeluarkan tidak lagi "guntur", tetapi lebih kecil, tetapi juga lebih halus. Ini adalah waktu ketika Mozart, Haydn dan Beethoven sering digunakan.
  • Pada abad ke-18, "cakar" awalnya terbuat dari bulu berkualitas baik dan keras, tetapi dengan daya tahan yang buruk, mereka digantikan oleh "palu" sehingga ketika mengetik di keyboard, palu memukul senar untuk membuat suara. Suara yang dihasilkan bisa jauh lebih kecil atau lebih keras pada kebijaksanaan pengguna, sehingga instrumen ini digambarkan sebagai "gravicèmbalo con piano e forte" (kord harpa dengan suara lembut hingga keras), kemudian nama ini disingkat menjadi piano-forte (berarti besar dan kecil dalam bahasa Italia) dan sering disingkat menjadi piano yang digunakan Vietnam, diterjemahkan sebagai piano. Ini adalah produk abad kesembilan belas, yang telah digunakan oleh Liszt, Chopin dan Brahms, meskipun jauh dari pegangan modern yang.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kelzenberg, David. "Apa itu Instrumen Keyboard Historis?". Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Februari 2013. Diakses tanggal 25 Oktober 2012. 
  2. ^ Laurence Elliot Libin. "Instrumen keyboard". Brittanica.com. 
  3. ^ "Instrument Families". classicforkids.com. 
  4. ^ "Evolusi instrumen keyboard". Google Books. 
  5. ^ Apel, W.; Tischler, H. (1997). Sejarah Musik Keyboard hingga 1700. Indiana University Press. hlm. 9. ISBN 978-0-253-21141-5. Diakses tanggal 25 Maret 2019. Menurut laporan yang hampir bulat, Ctesibios, seorang insinyur Yunani yang tinggal di Alexandria selama abad ke-3 SM, adalah penemu organ pertama, -disebut hydraulis.