Kumpo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kumpo dari jarak yang dekat

Kumpo, Samay, dan Niasse adalah tiga tokoh tradisional dalam mitologi suku Diola di Casamance (Senegal) dan Gambia.

Beberapa kali dalam setahun, misalnya selama Journées culturelles, sebuah festival rakyat di desa diadakan. "Samay" mengundang penduduk desa untuk berpartisipasi dalam perayaan tersebut.

Kumpo mengenakan daun palem dan memakai tongkat di kepalanya. Di awal tarian, seorang wanita muda mengikat bendera berwarna pada tongkat tersebut. Dia menari selama berjam-jam dengan tongkat dan bendera di kepala. Dia berbicara dalam bahasa rahasia pribadi dan berkomunikasi melalui penerjemah dengan penonton.[1]

Latar Belakang Sosial[sunting | sunting sumber]

Kumpo mendorong masyarakat untuk berperilaku sebagai warga desa yang baik. Dia mempromosikan semua orang untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat dan berharap bahwa semua orang menikmati perayaan tersebut. Festival ini menjadi stimulus bagi kehidupan sosial komunitas. Tidak berpartisipasi dalam festival dianggap perilaku anti-sosial. Tidak ada yang berhak merasa kesepian. Seluruh masyarakat menikmati pertunjukan musik ritmis dan tarian.[2]

Menurut tradisi, Kumpo bukanlah seorang manusia, tetapi hantu. Ada hubungan yang kuat dengan hutan suci. Tidak pantas untuk bertanya tentang identitas sebenarnya Kumpo. Dia tidak boleh disentuh, dan melihat daun-daun palem dianggap sebagai penghinaan. Oleh karena itu, dia membela diri dari penyusup dengan tongkatnya dengan memecahkan dan menunjuk-nunjukkan.

Pada akhir perayaan, dia mengucapkan selamat tinggal kepada masyarakat dan kembali ke hutan suci.

Tokoh Mitologi Terkait[sunting | sunting sumber]

Samay Niasse

  1. ^ Reginald Cline-Cole‏، Clare Madge. Contesting Forestry in West Africa. 
  2. ^ Gina Gertrud Smith, Stanislaw Grodz. Religion, Ethnicity and Transnational Migration between West Africa and Europe. hlm. 115.