Kumpele sirip kuning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kumpele sirip kuning
Plectorhinchus lineatus

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoLutjaniformes
FamiliHaemulidae
GenusPlectorhinchus
SpesiesPlectorhinchus lineatus
Linnaeus, 1758

Plectorhinchus lineatus, juga dikenal sebagai kumpele sirip kuning adalah spesies ikan laut bersirip sinar ikan, bibir manis milik subfamili Plectorhinchinae, salah satu dari dua subfamili dalam famili Haemulidae, gerot-gerot . Itu mendiami terumbu karang di Samudra Pasifik barat, di mana ia ditemukan pada kedalaman 1 hingga 35 m (3,3 hingga 114,8 ft) .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Plectorhinchus lineatus memiliki bibir berdaging yang membengkak seiring bertambahnya usia, memiliki 6 pori di dagunya tetapi tidak memiliki lubang median. [1] Sirip punggung berisi 12-13 duri dan 18-19 jari lunak sedangkan sirip dubur memiliki 3 duri dan 7-8 jari lunak. [2] Warna keseluruhannya abu-abu muda yang menjadi putih di bagian perut. Ia memiliki bibir kuning yang menonjol dan bagian atas tubuhnya ditandai dengan sejumlah besar garis-garis hitam diagonal yang putus-putus. Sirip berwarna kuning, sirip ekor, dubur, dan punggung memiliki bintik-bintik hitam dan sirip perut memiliki bintik-bintik merah di pangkalnya. [3] Ikan remaja memiliki beberapa pita coklat tua mendatar hingga agak miring, ini putus saat ikan tumbuh hingga warna tubuhnya terlihat coklat tua coklat di atas, dipecah oleh jaring garis putih tipis yang melintang di punggung. dengan pertumbuhan yang terus menerus, batang coklat lebar di sisi bawah pecah menjadi bintik-bintik, yang semakin menyusut saat ikan tumbuh. [1] Spesies ini mencapai panjang total maksimum 72 cm (28 in) . [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b R.J. MacKay (2001). "Haemulidae". Dalam Carpenter, K.E.; Neim, Volker H. The Living Marine Resources of the Western Central Pacific Volume 5: Bony fishes part 3 (Menidae to Pomacentridae) (PDF). FAO Species Identification Guide for Fishery Purposes. FAO Rome. hlm. 2974. 
  2. ^ a b Froese, Rainer; Pauly, Daniel (eds.) (2021). "Plectorhinchus lineatus" in FishBase. February 2021 version.
  3. ^ Bray, D.J. "Plectorhinchus lineatus". Fishes of Australia. Museums Victoria. Diakses tanggal 26 April 2021.