Kumpele gaji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kumpele gaji
Diagramma pictum
Status konservasi
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoLutjaniformes
FamiliHaemulidae
GenusDiagramma
SpesiesDiagramma pictum
(Thunb., 1792)
Tata nama
Sinonim takson
  • Perca picta Thunberg, 1792
  • Plectorhinchus pictus (Thunberg, 1792)
  • Spilotichthys pictus (Thunberg, 1792)[1]
ProtonimPerca picta

Kumpele gaji atau pinang-pinang (Diagramma pictum) adalah spesies ikan laut bersirip kipas dalam famili Haemulidae. Ini tersebar luas di seluruh perairan tropis di wilayah Indo-Pasifik Barat.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kumpele gaji memiliki bibir berdaging yang bertambah besar saat ikan dewasa. Ada 6 pori di dagu tetapi lubang median tidak ada. [3] Sirip punggung mengandung 9–10 duri dan 22-25 duri lunak sedangkan sirip dubur mengandung 3 duri dan 7 duri lunak. [1] Orang dewasa didominasi warna biru-abu-abu yang ditandai dengan bintik-bintik kuning cerah hingga oranye keemasan yang sering membentuk pola garis-garis di kepala. Bagian dalam mulut berwarna oranye cerah hingga merah. Sirip punggung memiliki pinggiran hitam, sirip dubur dan perut memiliki ujung hitam. Remaja memiliki garis-garis hitam dan putih bolak-balik yang jelas. Bagian bawah mereka berwarna kuning keperakan dan mereka memiliki sirip punggung dan ekor berwarna kuning yang ditandai dengan bercak hitam dan garis putus-putus. Garis-garis tersebut tumbuh seiring pertumbuhan ikan dan mulai membelah menjadi bintik-bintik kecil melingkar kemudian memudar pada tubuh meskipun kadang-kadang tertahan di sirip ekor. [3] Spesies ini mencapai panjang total maksimum 100 cm (39 in), meskipun 55 cm (22 in) adalah panjang yang lebih umum, dan bobot maksimum yang diterbitkan adalah 63 kg (139 pon) . [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "{{{genus}}} {{{species}}}". FishBase. Ed. Ranier Froese and Daniel Pauly. February 2021 version. N.p.: FishBase, 2021. Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "Fishbase" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ "Diagramma pictum https://www.iucnredlist.org/species/46085892/57127586".  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  3. ^ a b R.J. MacKay (2001). "Haemulidae". Dalam Carpenter, K.E.; Neim, Volker H. The Living Marine Resources of the Western Central Pacific Volume 5: Bony fishes part 3 (Menidae to Pomacentridae) (PDF). FAO Species Identification Guide for Fishery Purposes. FAO Rome. hlm. 2983.