Kukuk beluk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kukuk beluk
Strix leptogrammica

Sattal, Uttarakhand
Call of S. l. indranee
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22689071
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoStrigiformes
FamiliStrigidae
GenusStrix
SpesiesStrix leptogrammica
Temminck, 1831
Tipe taksonomiStrix

Kukuk beluk ( Strix leptogrammica ) adalah burung hantu yang dapat ditemukan di India, Bangladesh, Sri Lanka, Indonesia, Taiwan, dan Cina selatan. Kukuk beluk adalah pembiak yang tinggal di Asia Selatan. Spesies ini merupakan bagian dari keluarga burung hantu yang dikenal sebagai burung hantu khas (Strigidae), yang berisi sebagian besar spesies burung hantu. Ia termasuk dalam genus burung hantu tanpa telinga Strix .

Kukuk beluk berukuran sedang (45–57 cm), dengan bagian atas berwarna coklat tua seragam, dengan bercak putih samar di bagian bahu. Bagian bawahnya mengkilap dengan guratan coklat. Cakram wajah berwarna coklat atau rufous, pinggirannya berwarna putih dan tanpa batas konsentris, dan matanya berwarna coklat tua. Terdapat tali leher berwarna putih. Jenis kelaminnya serupa dalam penampilan.

S.l. okrogenis di Welimada, Sri Lanka

Suara mereka adalah (hoo) hoo hoo HOO, atau goke-goke-ga-LOOO yang dalam, atau teriakan keras. Panggilan alarm mereka menggonggong, wow-wow . Beberapa subspesies diketahui menghasilkan vokalisasi yang berbeda; mereka juga berbeda dalam penampilan dan parapatrik, dan mungkin merupakan spesies yang berbeda: Kelompok Strix utara (leptogrammica) newarensis ( kukuk beluk Himalaya ; subspesies saat ini newarensis, ticehursti, laotiana dan caligata ) yang hidup di kaki bukit Himalaya di Kashmir timur hingga Taiwan memiliki nada rendah yang lembut seperti kicauan merpati karang. S. (l.) bartelsi ( kukuk beluk bartel ), Kukuk beluk jawa dari Jawa, takson paling tenggara, mempunyai suara HOOH tunggal yang keras, kuat! dengan jeda panjang di antara panggilan.

Spesies ini sangat aktif di malam hari dan umumnya ditemukan di hutan lebat. Seringkali dapat ditemukan oleh burung-burung kecil yang mengerumuninya saat sedang bertengger di pohon. Makanan burung hantu kayu coklat sebagian besar terdiri dari mamalia kecil, burung, dan reptil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Strix leptogrammica". 2016: e.T22689071A93217052. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22689071A93217052.en.