Kuil Shri Mariamman, Pulau Pinang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sri Mariamman Temple
  • Arulmigu Sri Mahamariamman Temple
  • Melayu: Kuil Sri Mahamariamman
  • Tamil: அருள்மிகு ஸ்ரீ மகா மாரியம்மன் கோவில்
  • Inggris: Sri Mahamariamman Temple, Penang

Kuil Sri Mariamman Penang
Agama
AfiliasiHindu
DistrikQueen Street, George Town (Little India)
ProvinsiPulau Pinang
DewaMariamman
FestivalsNavaratri
Thaipusam
Lokasi
NegaraMalaysia
Arsitektur
TipeArsitektur Dravida
Rampung1884

Kuil Shri Mariamman adalah kuil Hindu tertua di negara bahagian, Pulau Pinang.[1].Kuil ini ddibangun pada tahun 1833 dan terletak di daerah kantong Little India di Pulau Pinang. Kuil ini juga dikenal sebagai Kuil Mariamman atau Kuil India Queen Street. Selama bertahun-tahun, Kuil Sri Mahamariamman juga dikenal dengan beberapa nama: Kuil Sri Muthu Mariamman, Kuil Sri Arulmigu Mahamariamman, Kuil Sri Mariamman. Semua nama ini merujuk pada kuil yang sama.Kuil Sri Arulmigu Mahamariamman tetap menjadi landmark keagamaan dan budaya penting, melambangkan ikatan sejarah komunitas India di Penang.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Kuil ini berada di pusat bandar Georgetown di Lebuh Queen (Queen Street) dan pintu masuk belakangnya berada di Jalan Masjid Kapitan Keling (Pitt Street), di antara Lebuh Pasar dan Lebuh Chulia. Daerah tempat ini dikenal sebagai Little India Pulau Pinang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kuil Sri Arulmigu Mahamariamman, memiliki sejarah yang kaya sejak tahun 1801.walnya merupakan tempat ibadah kecil, kuil ini berkembang menjadi kuil yang sesuai pada tahun 1833 untuk memenuhi kebutuhan komunitas India yang berkembang, termasuk pedagang, buruh, dan sepoys, yang menetap di area yang dikenal sebagai Ellammuchanthi dalam bahasa Tamil atau Simpang Lelong dalam bahasa Melayu. Kuil ini memainkan peran penting dalam menyediakan ruang ibadah bagi para imigran India awal dan telah menjadi situs warisan budaya dan nasional yang signifikan.[2]

Tanah untuk kuil ini diberikan pada tahun 1801 oleh pihak Inggris kepada Betty Lingam Chetty, yang saat itu menjabat sebagai Kapitan (Kepala atau Pemimpin Komunitas) bagi etnis Tamil dan India Selatan, yang dikonfirmasi oleh pemberian lain pada tahun 1831. Namun, detail mengenai awal kuil dan pendiriannya tetap tidak diketahui.

Caption James Low pada tahun 1835 memverifikasi keberadaan kuil di Georgetown. Pendirian kuil pada tahun 1833 disebutkan dalam pemberitahuan 'Kumbabishegam' (upacara persembahan) tahun 1933, namun dokumen tersebut memberikan informasi terbatas selain tanggal pendiriannya.[3][4]

Awalnya dikenal sebagai Kuil Sri Muthu Mariamman, kuil ini mengadopsi nama sekarang pada tahun 1980. Pengembangan kuil ini didorong oleh upaya komunitas India, dan pada tahun 1833, ia telah berubah menjadi kuil, kemudian direnovasi setelah satu abad. Lima wali kuil mengelolanya dari tahun 1892 hingga 1904, dan pada tahun 1906, kuil ini berada di bawah administrasi Badan Wakaf Hindu Pulau Pinang.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Pintu belakang Kuil Mahamariamman di Pitt Street

Dibangun dengan gaya Dravida India selatan, fitur kuil yang paling menonjol adalah Gapura yang mengesankan. Menjulang di atas pintu masuk, ia menampilkan dewa-dewa Hindu, tentara, dan dekorasi bunga.

Festival[sunting | sunting sumber]

Navarathiri[sunting | sunting sumber]

Kuil Sri Arulmigu Mahamariamman mengadakan perayaan paling pentingnya selama festival Navarathiri, sebuah festival sembilan malam yang bertema vegetarian. Dimulai dengan upacara pengibaran bendera singa, festival ini mencapai puncaknya dengan prosesi megah yang menampilkan patung dewi Mahamariamman di dalam kereta kayu yang dihias dan diarak melalui jalan-jalan Little India. Festival ini melibatkan doa malam harian yang disponsori oleh berbagai organisasi dan komunitas India.

Hari kesepuluh, yang dikenal sebagai Vijayadashami, dirayakan oleh Hindu Mahajana Sangam, diakhiri dengan prosesi kereta dari Queen Street ke Dhoby Ghaut. Pada sore hari, panah ditembakkan dari kereta, dan prosesi kembali ke kuil sekitar tengah malam. Sejak akhir tahun 1970-an, Komite Kuil dan Dewan Pemberian Hindu mengawasi prosesi kereta, yang sekarang dibatasi di daerah Benteng Cornwallis.[5]

Thaipusam[sunting | sunting sumber]

Prosesi Thaipusam Penang dimulai pada dini hari di Kuil Sri Mahamariamman. Prosesi kemudian melewati sLebuh Queen, Lebuh Chulia, Lebuh Victoria, Jalan Magazine ,Jalan Datuk Keramat, Jalan Utama dan Jalan Kebun Bunga dan ahkirnya ke Kuil Balathandayuthapani

Aadi Puja[sunting | sunting sumber]

Bulan Tamil Aadi (Juli/Agustus) dianggap sebagai bulan baik untuk berdoa bagi Mariamman . Sangabishegam (upacara mandi keong) dilakukan pada malam hari setiap hari Jumat untuk Mahamariamman dan setiap hari Selasa untuk Wisnu Durga.

Aaadi Pooram juga dirayakan. Para wanita akan membawa pot berisi bubuk kunyit yang diencerkan dengan air sebagai persembahan untuk abishegam Mahamariamman.

Referensi[sunting | sunting sumber]