Badan Wakaf Hindu Pulau Pinang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penang Hindu Endowments Board
Lembaga Wakaf Hindu Pulau Pinang
பினாங்கு இந்து அறநிலைய வாரியம்
[[File:|frameless]]
Informasi State government
Dibentuk1 Januari 1906; 118 tahun lalu (1906-01-01)
Kantor pusatLevel 30, Menara KOMTAR, 10000 Pulau Pinang.
State government eksekutif
State government indukPemerintah Negara Bagian Penang
Situs webhebpenang.gov.my

Dewan Wakaf Hindu Penang (Bahasa Tamil: பிந்கு இந்து அறைத்தியு வேரியம்;Bahasa Melayu: Lembaga Wakaf Hindu Pulau Pinang, singkatan: PHEB) atau lebih dikenal denganPenang Hindu Endowments Board adalah badan pengurus dari Negara Bagian Pulau Pinang di Malaysia yang menyelenggarakan urusan agama Hindu di negara bagian tersebut.[1].Administrasinya ditempatkan di bawah Pemerintah Negara Bagian Penang tetapi laporan tahunan dan laporan keuangan PHEB akan disampaikan kepada Kabinet dan Parlemen oleh Menteri Persatuan Nasional Malaysia.Kini, PHEB dipimpin oleh Direktur Jenderalnya, RSN Rayer.[2]. Badan Wakaf Hindu Penang (PHEB) merupakan badan hukum sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Wakaf Hindu tahun 1906.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Badan Wakaf Hindu Pulau Pinang didirikan pada tahun 1906 berdasarkan Undang-Undang Wakaf Hindu tahun 1906.Undang-undang ini diperkenalkan oleh penjajah Inggris di Penang untuk melindungi kepentingan umat Hindu.

Peranan[sunting | sunting sumber]

Badan ini bertanggung jawab mengelola wakaf seperti tanah, bangunan, rumah, kuburan, kuil, dan dana untuk kepentingan umat Hindu di Penang. Aset di bawah dewan ini adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Penang still has full control over Hindu endowments board, says minister". FMT. FMT. 6 January 2024. Diakses tanggal 30 Januari 2024. 
  2. ^ [https:https://www.malaysiakini.com/news/678040 "Rayer new chairperson of Penang Hindu Endowments Board"]. Malaysia Kini. Malaysia Kini. 6 January 2024. Diakses tanggal 30 Januari 2024.