Kuda laut ekor duri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kuda laut ekor duri
Hippocampus histrix
Status konservasi
Rentan
IUCN10070
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoSyngnathiformes
FamiliSyngnathidae
GenusHippocampus
SpesiesHippocampus histrix
Kaup, 1856
Tata nama
Sinonim taksonHippocampus curvicuspis Fricke, 2004
Distribusi
EndemikJepang, Indonesia dan Kaledonia Baru

Kuda laut ekor duri atau kuda laut berduri (Hippocampus histrix) adalah kuda laut berukuran kecil dalam famili Syngnathidae. Habitat asli dari kuda laut ekor duri ialah di kawasan Indo-Pasifik. Uni Internasional untuk Konservasi Alam telah mengategorikan kuda laut ekor duri sebagai spesies rentan.

Tampilan fisik[sunting | sunting sumber]

Panjang tubuh kuda laut ekor duri maksimal mencapai 15–17 cm.[2][3] Tubuhnya ramping, memanjang dan seluruhnya tertutup duri. Bagian duri pada kuda laut ekor duri tajam dengan ujung berwarna gelap, dan berukuran seragam pada ekor dapat memegang. Batangnya memiliki duri panjang yang berlanjut hingga mahkota, yang memiliki 4–5. Kepala juga dilengkapi dengan banyak duri terutama di dahi, pangkal pipi, hidung dan di atas mata. Moncongnya sangat panjang dan meruncing. Pewarnaan tubuh sangat bervariasi untuk disesuaikan dengan lingkungan sekitar dan berubah dari abu-abu menjadi krem, dan dari kuning cerah, menjadi hijau atau merah dan bahkan kecoklatan. Itu bisa polos atau dengan pola berbeda di samping atau / dan di belakang. Moncong umumnya bergaris dengan satu atau lebih garis putih tipis. [3]

Rantai makanan[sunting | sunting sumber]

Kuda laut ekor duri termasuk hewan karnivora yang memakan krustasea kecil dan organisme planktonik lainnya.[3][4]

Perkembangbiakan[sunting | sunting sumber]

Kuda laut ekor duri berkembangbiak secara ovovivipar. Betinanya menggunakan ovipositor untuk memindahkan telurnya ke dalam kantong tertutup di bawah perut jantan.[3] Proses pengeraman telur dilakukan oleh kuda laut ekor duri yang jantan di kantong induk perutnya. Yang terakhir termasuk vili yang kaya akan kapiler yang mengelilingi setiap telur yang telah dibuahi menciptakan semacam plasenta yang memasok embrio. Laki-laki membuahi telur di dalam kantong dan memberikan perlindungan fisik bagi mereka saat berkembang. Dia juga mengatur osmoregulasi, menganginkan embrio, dan mungkin menyediakan makanan sampai keturunannya lahir. [3] Saat sudah dewasa, anak kuda laut akan dikeluarkan dari kantong dan berevolusi dengan otonomi penuh.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pollom, R. (2017). "Hippocampus histrix". 2017: e.T10070A54905206. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-3.RLTS.T10070A54905206.en. 
  2. ^ Randall, J.E. (1995). Coastal fishes of Oman. Honolulu, Hawaii: University of Hawaii Press. hlm. 439. 
  3. ^ a b c d e "Thorny Seahorse, Hippocampus histrix Kaup 1856". Fishes of Australia. 
  4. ^ Bacchet, P.; Zysman, T.; Lefèvre, Y. (2006). Guide des poissons de Tahiti et ses îles. Tahiti (Polynésie Francaise): Editions Au Vent des Îles. hlm. 608 p.