Kuartodesimanisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kuartodesimanisme (dari frasa Latin quarta decima dalam Kitab Imamat Vulgata 23:5,[1] yang berarti "yang keempat belas") adalah istilah yang digunakan sebagai sebutan bagi kebiasaan umat Kristen perdana untuk mulai merayakan Paskah pada malam hari ke-14 bulan Nisan (atau Aviv (Abib) dalam kalender Alkitab Ibrani). Waktu senja pada hari tersebut menurut Alkitab adalah "Paskah bagi Tuhan".Imamat 23:5

Berdasarkan kronologi Yesus, beberapa klaim Injil Yohanes (seperti Yohanes 19:14, Yohanes 19:31, Yohanes 19:42) menyatakan bahwa 14 Nisan adalah hari dimana Yesus disalib di Yerusalem, di mana Injil-Injil Sinoptik menyebutkan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada hari pertama Perayaan Roti Tak Beragi (Matius 26:17).

Dalam agama Yahudi modern, Paskah dan hari raya Roti Tidak Beragi dirayakan selama tujuh hari, dimulai pada waktu senja yang mengawali hari ke-15 bulan Nisan (yaitu senja tanggal 14 Nisan di mana domba Paskah seharusnya disembelih). Dalam Agama Yahudi, jangka waktu satu hari dihitung mulai dari saat Matahari terbenam, bukan dari saat Matahari terbit seperti yang dilakukan orang-orang Eropa kuno.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Imamat 23:5: "Mense primo, quarta decima die mensis, ad vesperum Pascha Domini est."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]