Berita Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kronik Tiongkok)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berita Tiongkok (kadang kala berita Cina) atau sering juga disebut kronik Tiongkok, adalah naskah-naskah berbahasa Tionghoa dari Tiongkok yang memuat kisah-kisah sejarah Indonesia, terutama pada masa kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Berita Tiongkok yang terkenal[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah beberapa contoh berita Tiongkok yang terkenal, yang berhubungan dengan sejarah Indonesia:

  • Catatan perjalanan I Tsing (635-713), seorang pendeta Buddha yang berangkat ke India. Bukunya tersebut berjudul Nan-hai-chi-kuei-nai-fa-ch’uan (南海寄歸內法傳; pinyin: Nánhǎi jìguī nèifǎ zhuàn) dan Ta-t’ang-si-yu-ku-fa-kao-seng-ch’uan (大唐西域求法高僧傳; pinyin: Dàtáng xīyù qiúfǎ gāosēng zhuàn). Di dalam buku-buku itu terdapat gambaran tentang keadaan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Malayu.
  • Karya Chou Ku-fei yang berjudul Ling-wai-tai-ta (嶺外代答; pinyin: Lĭngwài Dàidā) tahun 1178, yang menggambaran keadaan Jawa pada masa kerajaan Kadiri. Buku ini kemudian dikutip oleh Chau Ju-Kua dalam karyanya yang berjudul Chu-fan-chi (諸蕃志; pinyin: Zhufan zhi) tahun 1225. Saat itu kerajaan Kadiri sudah dikalahkan kerajaan Tumapel atau Singasari.
  • Sejarah Dinasti Yuan mengisahkan pengiriman pasukan Mongol yang dipimpin Ike Mese untuk menaklukkan Kertanagara raja Singasari (1268-1292).
  • Kisah perjalanan Laksamana Ceng Ho yang ditulis oleh Ma Huan dalam buku Ying-yai-seng-lan (瀛涯胜览). Di dalamnya terdapat kisah perang Paregreg yang melanda Majapahit tahun 1404-1406.
  • Kronik dari Kuil Sam Po Kong, di dalamnya terdapat kisah runtuhnya Majapahit oleh serangan Jin Bun penguasa Demak Bintoro tahun 1478 sampai dengan berdirinya kerajaan Pajang.