Berita Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kronik Cina)
Langsung ke: navigasi, cari

Berita Tiongkok atau sering juga disebut kronik Tiongkok, adalah naskah-naskah berbahasa Tionghoa dari Tiongkok yang memuat kisah-kisah sejarah Indonesia, terutama pada masa kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Berita Tiongkok yang terkenal[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah beberapa contoh berita Tiongkok yang terkenal, yang berhubungan dengan sejarah Indonesia:

  • Catatan perjalanan I Tsing (635-713), seorang pendeta Buddha yang berangkat ke India. Bukunya tersebut berjudul Nan-hai-chi-kuei-nai-fa-ch’uan (南海寄歸內法傳; pinyin: Nánhǎi jìguī nèifǎ zhuàn) dan Ta-t’ang-si-yu-ku-fa-kao-seng-ch’uan (大唐西域求法高僧傳; pinyin: Dàtáng xīyù qiúfǎ gāosēng zhuàn). Di dalam buku-buku itu terdapat gambaran tentang keadaan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Malayu.
  • Karya Chou Ku-fei yang berjudul Ling-wai-tai-ta (嶺外代答; pinyin: Lĭngwài Dàidā) tahun 1178, yang menggambaran keadaan Jawa pada masa kerajaan Kadiri. Buku ini kemudian dikutip oleh Chau Ju-Kua dalam karyanya yang berjudul Chu-fan-chi (諸蕃志; pinyin: Zhufan zhi) tahun 1225. Saat itu kerajaan Kadiri sudah dikalahkan kerajaan Tumapel atau Singasari.
  • Sejarah Dinasti Yuan mengisahkan pengiriman pasukan Mongol yang dipimpin Ike Mese untuk menaklukkan Kertanagara raja Singasari (1268-1292).
  • Kisah perjalanan Laksamana Ceng Ho yang ditulis oleh Ma Huan dalam buku Ying-yai-seng-lan (瀛涯胜览). Di dalamnya terdapat kisah perang Paregreg yang melanda Majapahit tahun 1404-1406.
  • Kronik dari Kuil Sam Po Kong, di dalamnya terdapat kisah runtuhnya Majapahit oleh serangan Jin Bun penguasa Demak Bintoro tahun 1478 sampai dengan berdirinya kerajaan Pajang.