Lompat ke isi

Krisostomus II dari Athena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yang Mulia

Krisostomus II dari Athena

Episkop Agung
Ortodoks Timur
GerejaGereja Ortodoks Yunani Sejati
Provinsi gerejawi
Megara
Awal masa jabatan
1986
Masa jabatan berakhir
2010
PendahuluAuxentius dari Athena
PenerusKallinikos dari Athena
Imamat
Tahbisan imam
oleh Matius dari Vresthena
Tahbisan uskup
oleh Anastasius Gribanovsky
PeringkatEpiskop Agung
Informasi pribadi
Lahir8 Oktober 1920
Erythrai (Kriekouki)
WafatMinggu, 13:30 Siang, 19 September 2010
biara Santa Perawan Maria Tak Bernoda
KewarganegaraanYunani
DenominasiKristen
ProfesiEpiskop Agung

Y.M Episkop Agung Krisostomus II dari Athena (Yunani: Χρυσόστομος Β΄ Αθηνών) Chrysostomos II merupakan hierarki Pertama Gereja Ortodoks Yunani Sejati lahir pada tanggal 8 Oktober 1920 di Erythrai (Kriekouki), Megara, tempat ia dibesarkan sebagai seorang anak muda. Kemudian dia tinggal bersama orang tuanya di kota Lavrio di provinsi Attika. Saat menjadi mahasiswa, ia sering mengunjungi banyak gereja dan biara, dan semakin menyukai musik Bizantium. Seringkali, selama hari raya besar dalam kalender Ortodoks, dia melakukan perjalanan dari Lavrio ke Erythrai untuk melantunkan nyanyian di gereja desanya di mana Ortodoks Sejati akan berkumpul untuk merayakan kebaktian (biasanya tanpa kehadiran seorang presbyter, karena jumlahnya kecil bila dibandingkan dengan kebutuhan Parokia). Ia menyelesaikan pendidikan menengahnya pada usia 17 tahun.

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Pada masa mudanya, ia mematuhi dan memenuhi keinginan ayahnya, dia mengikuti ujian masuk Akademi Militer Evelpidōn (Evelpidon merupakan sebutan untuk Akademi Militer di Yunani), ia saat itu berencana untuk memulai karir di militer. Namun, ia terserang penyakit sehingga ia meninggalkan gagasan karier militer. Dia menganggap penyakit itu sebagai campur tangan ilahi yang membawanya ke dalam pasukan raja surgawi dan ke jalur monastisisme. Itulah keinginan bapa rohaninya, Episkop Matius dari Vresthena. Selanjutnya, ia mendedikasikan waktunya untuk pemulihan dan belajar pribadi di rumahnya selama periode yang bertepatan dengan Perang Yunani-Italia tahun 1940-1941 serta pendudukan Jerman di Yunani tahun 1941-1944.

Tepat setelah pembebasan Yunani, ia melakukan Tonsur di Biara Kabar Sukacita di Athikia, dekat Korintus, oleh Arkimandrit Kallistos Makris, yang kemudian menjadi Metropolitan Korintus. Selama Perang Saudara Yunani (1944-1949), biara tersebut terjebak dalam pertempuran antara pihak-pihak yang berseberangan dan dia secara ajaib diselamatkan dari kematian. Dia ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1947 oleh Episkop Germanos dari Cyclades dari Kenangan Terberkati, ia tinggal sebentar di negara itu karena penyakitnya sambil melayani umat beriman di Erythrai dan Villia. Dia dimasukkan ke dalam Skema Besar di Biara Perawan Kosmosoteira pada tahun 1948 oleh Presbyter Theokletos Darademas.

Masa Penganiayaan[sunting | sunting sumber]

Selama tahun 1951-1953, Episkop Agung Kalender Baru Spyridon Vlachos memulai penganiayaan terhadap umat Kristen Ortodoks Sejati. Hierarki tersebut diasingkan. Gereja-gereja dikunci dan para pendeta ditangkap dan dilucuti jubahnya dan mereka juga dipertontonkan dan diejek oleh Gendarmeri. Menjelang Kabar Sukacita tahun 1951, Episkop Germanos dari Cyclades beristirahat di dalam Tuhan. Spyridon Vlachos melarang penguburan gerejawinya dan menunjukkan dirinya sebagai penerus Kayafas yang layak, dia memerintahkan agar jenazah almarhum dijaga oleh Gendarmeri di Klinik Saint Helen di pinggiran kota Athena, Sepolia (di mana dia dipindahkan dari penjara sementara dan menghembuskan nafas terakhirnya disana) untuk mencegah pembacaan upacara pemakaman oleh seorang Episkop Ortodoks Sejati.

Namun, Tuhan mengatur sebaliknya. Pada periode yang sama, Arkimandrit Krisostomus Kiousis diam-diam bersembunyi untuk menghindari penangkapan dan pengupasan oleh Gendarmeri, dan merayakan Liturgi Ilahi di kapel pedesaan dan di rumah umat Kristiani yang setia yang telah diubah menjadi katakombe, Dan bergerak di malam hari bersama-sama dengan hati-hati. Pada bulan Maret 1951, di salah satu katakombe tersebut, ia merayakan Vigili Kabar Sukacita Theotokos bersama dengan Arkimandrit Petros Astyfides (kemudian menjadi Episkop Astoria), sangat berduka atas meninggalnya orang yang selalu dikenang mereka, Episkop Germanos. Kain putih dengan ikon kertas ditempelkan di atasnya memisahkan Altar Suci dari ruangan lainnya. Dua meja berperan sebagai Altar dan Meja Persembahan. Mereka lalu merayakan liturgi dengan cara ini ketika tiba-tiba pada pukul dua pagi terdengar ketukan di pintu. Untungnya, itu bukan Gendarmeri melainkan anggota N.E.O.S., organisasi pemuda dari Gereja Ortodoks Sejati, yang mencari seorang Episkop untuk secara diam-diam melakukan upacara pemakaman, setelah meyakinkan Gendarmeri yang menjaga jenazah Episkop Germanos untuk “melihat ke arah lain”.

Sementara Episkop Petros melanjutkan Vigili, Rm. Krisostomus pergi untuk melakukan pemakaman kepada Germanos yang telah meninggal. Saat pemakaman mendekati akhir, Gendarmeri yang juga mengikuti kebaktian dengan saleh, memberitahu bahwa waktunya telah tiba baginya untuk merasa lega. Saat Rm. Krisostomus dan rombongan sedang menuju mobil mereka, Gendarmeri yang berlalu-lalang melihat mereka. Terjadilah kejar-kejaran. Namun, Pericles, sopir Episkop yang berpengalaman, melewati labirin jalan-jalan Athena dan berhasil melarikan diri, sehingga membuat Rm. Krisostomus aman agar tidak ditangkap dan ditelanjangi.

Penahbisan dan Pembaharuan Gereja Yunani Sejati[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1956, Rm. Krisostomus memikul tanggung jawab sebagai Sekretaris Umum Komite Gerejawi, yang telah mengambil alih kepemimpinan Gereja untuk sementara waktu setelah peristirahatan Metropolitan Krisostomus dari Florina, Hierarki/Pemimpin Pertama Gereja Kristen Ortodoks Yunani Sejati dari tahun 1943 hingga 1955. Atas arahan dari Komite Gerejawi, ia melakukan perjalanan dengan kereta api ke Jerman dan Prancis bersama dengan Rm. Akakios Pappas (Metropolitan Attica dan Diavlia) untuk menjalin kontak dengan Episkop Agung Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia (ROCOR) di Eropa Barat, Santo Yohanes (Maximovich), dengan tujuan menahbiskan para Episkop untuk Gereja Ortodoks Sejati Yunani. Yohanes (Maximimovich) merujuk mereka kepada Metropolitan Anastasius Gribanovsky, Hierarki/Pemimpin Pertama ROCOR dari tahun 1936 hingga 1965, mengenai pertanyaan tentang penahbisan Episkop. Pada tahun 1957, Rm. Krisostomus dipilih sebagai kandidat untuk diangkat menjadi Episkop bersama-sama dengan imam-biarawan Akakios Pappas dan Krisostomus Naslimis oleh Konferensi Klerus Pan-Helenis Kedua Gereja Ortodoks Sejati Yunani. Dia bekerja dengan tekun untuk konsekrasi Episkop Agung Akakios Pappas dan pemulihan keepiskopan Yunani oleh ROCOR pada tahun 1960. Setelah itu, ia mendirikan Biara Santa Perawan Maria Tak Bernoda di Megara, melayani Gereja sebagai sekretaris Sinode.

Pada tanggal 8 Juli 1971 ia ditahbiskan sebagai Metropolitan Tesalonika, dengan tambahan tugas sebagai gembala di Makedonia Timur dan Trakia. Sebagai Metropolitan Tesalonika, ia mendedikasikan seluruh energinya untuk organisasi keepiskopannya sampai 16 Januari 1986 ketika ia terpilih sebagai Episkop Agung Athena dan Hierarkh/Pemimpin Pertama Gereja Ortodoks Asli Yunani. Jabatan yang dipegangnya sendiri berakhir pada tanggal 6 September 2010. ketika ia beristirahat di dalam Tuhan setelah liturgi ilahi pada hari raya mukjizat Malaikat Tertinggi Mikhael di Chonai.

Pada masa kepemimpinannya, Gereja Ortodoks Yunani Sejati secara resmi diakui oleh Republik Yunani, memberikan kerangka hukum untuk pelestarian properti Gereja dan pengakuan sakramen-sakramen umat Kristen Ortodoks Sejati di catatan sipil - sebuah tindakan yang penting untuk partisipasi penuh umat Kristen Ortodoks Sejati dalam kehidupan sipil Yunani. Menghadapi banyak badai, ia berhasil dalam melakukan pemurnian klerus yang sangat diinginkan dalam membasmi unsur-unsur alien dan asing, dan telah membuat jalan mereka dalam perjuangan Gereja Ortodoks Sejati, memperbaharui tubuh klerus dengan pentahbisan Episkop yang baru pada tahun 1998, 1999, dan 2000, dan membawa saudara-saudara yang sebelumnya terpisah ke dalam persatuan Gereja. Kepemimpinannya yang penuh kasih karunia dan tegaslah yang memberikan stabilitas, persatuan, dan pertumbuhan yang damai bagi Gereja Kristen Ortodoks Sejati di Yunani dan di luar negeri selama dekade terakhir pemerintahannya.

Episkop Agung Krisostomus II akan dikenang sebagai seorang yang memiliki doa yang mendalam dan seorang nakhoda yang berpandangan jernih dan tak tergoyahkan yang memimpin Gereja melalui masa-masa badai dan krisis dan muncul dengan meninggalkan fondasi yang kokoh dan mantap di dalam Kristus bagi Gereja yang dicintainya.

Pada tanggal 8 Juni 1998, Uskup Agung Krisostomus II diterima oleh Konstantinus Stephanopoulos, Presiden Republik Yunani, menjadi Episkop Agung Kristen Ortodoks Sejati pertama yang diterima oleh Kepala Negara Yunani.

Hari-Hari Terakhir[sunting | sunting sumber]

Sepuluh hari sebelum peristirahatannya, Yang Mulia Episkop Agung meminta seorang kerabatnya, Demetrios Grammatikos, untuk membawanya dengan mobil ke desanya (Erythrai di Megara) seperti yang dikatakannya secara khas; “agar saya dapat melihatnya untuk yang terakhir kalinya”. Dia pun pergi, dan ketika dia berjalan-jalan di jalanan desa, dia bertemu dengan beberapa kerabatnya.

Selasa, 14 September 2010[sunting | sunting sumber]

Dia pergi ke biara Janasuci Meletios seperti yang dia lakukan setiap tahun, karena hari itu adalah hari raya orang kudus menurut kalender patristik. Ketika kembali ke biara Perawan Tak Bernoda di Megara, ia mengunjungi biara Theotokos “Cepat Mendengar” di Oinoe.

Pada hari yang sama ia didiagnosa menderita gangguan jantung oleh dokter spesialis jantung.

Rabu, 15 September 2010[sunting | sunting sumber]

Ditemani oleh Rm. Cyril dan seorang biarawati, ia pergi ke daerah pesisir Megara di mana mereka berencana untuk membaptis seorang katekumen wanita; sehingga mereka dapat melihat apakah tempat itu sesuai. Kembali ke biara, ia berkata, “Anak-anakku, kekuatanku mulai melemah dan ajalku sudah dekat. Terpujilah Tuhan, saya hidup bertahun-tahun. Satu-satunya hal yang saya minta adalah agar saya memiliki akhir yang baik dan agar Tuhan memberi saya pembelaan yang baik di hadapan kursi penghakiman-Nya yang mengerikan."

Kembali ke biara, ia mengatakan hal berikut yang dicatat oleh seorang biarawati:

"Anak-anakku, kalian harus memiliki ketabahan. Apa pun yang terjadi dalam hidup kalian, kalian harus menghadapinya dengan ketabahan. Bahkan dalam cara kalian menghadapi situasi saya, kalian harus menunjukkan ketabahan, jika kalian percaya bahwa kita akan bertemu lagi. Tuhan akan melihat ketabahan kalian dan akan memberikan kalian surga.

Saya duduk dan berpikir bagaimana semua orang kudus mengalami kematian sebagai martir. Mahkota kesucian, Pelopor Agung, bagaimana kepala sucinya dipenggal oleh seorang pezina. Tetapi apa yang dapat saya katakan? Karena Allah mengijinkan Anak-Nya yang tunggal dan terkasih untuk disalibkan; apa yang dapat kita katakan?"

Kamis, 16 September 2010[sunting | sunting sumber]

Ia pergi ke pembaptisan para katekumen di daerah pesisir Megara yang telah mereka pilih pada hari sebelumnya. Ia tidak ikut serta dalam pembaptisan tetapi ia pergi untuk menyaksikan peristiwa yang menggembirakan ini dan di sanalah ia merasakan kesehatannya menurun drastis. Ketika ia kembali ke biara, ia memberikan arahan tentang persiapan untuk pesta biara yang akan datang; Kelahiran Theotokos, dan berkata:

"Jangan memasang banyak bendera kecil, cukup tiga bendera besar saja. Jangan membuat makanan dan persiapan lainnya."

Para biarawati berkata, “Tapi kami sudah menyiapkan semuanya, Geronda.”

“Baiklah...” jawabnya.

Ia menelepon Sekretaris Sinode Suci; Episkop Photios dari Marathon, melalui telepon dan memberitahukan kepadanya: "Anakku, beritahukanlah kepada para Episkop bahwa Sinode akan diadakan di kantor Sinode (di Athena) dan bukan di sini (di biara Santa Perawan Maria Tak Bernoda di Megara; pertemuan Sinode biasa telah dijadwalkan pada hari Kamis, 23 September 2010). Saya tidak akan bisa hadir di sana, saya sangat lemah."

Jumat, 17 September 2010[sunting | sunting sumber]

Setelah memeriksanya, dokter jantungnya memberi tahu para suster di biara bahwa Episkop Agung tidak sehat. Dia kemudian bertanya kepada mereka, “Apakah Anda ingin kami membawanya ke rumah sakit atau meninggalkannya di biara ini? Bagaimanapun juga, rumah sakit tidak akan memberikan lebih dari apa yang ada di sini."

Seorang tukang roti bernama Prokopios mengatakan kepada Episkop Agung dalam sebuah percakapan telepon, “Yang Mulia, saya tidak dapat membawa roti dan permen untuk hari raya pada hari Senin sore; saya akan membawanya pada hari Minggu sore.” Episkop Agung menjawabnya, “Ketika Anda datang, apakah saya akan berada di sini?”Sekali lagi ia berkata kepada seorang Constantine Maziotes; seorang teman di biara: “Constantine, jangan menaruh banyak bendera kecil, cukup tiga bendera besar saja, aku akan mati.”

Sabtu, 18 September 2010 (malam menjelang peristirahatannya)[sunting | sunting sumber]

Di pagi hari ia menghadiri Liturgi Ilahi di biara dan menerima Misteri Tak Bernoda.Ia mengatakan kepada Metropolitan Krisostomus dari Attica dan Boitia dan Episkop Photios dari Marathon, yang datang mengunjunginya pada malam itu, “Kalian harus memimpin pesta biara sendiri. Jika saya ada di sini (maksudnya di dalam selnya), saya akan mendengarmu."

Minggu, 19 September 2010[sunting | sunting sumber]

Dia tidak bisa bangun dari tempat tidurnya. Ia mendengar kebaktian melalui pengeras suara yang ada di seluruh biara. Setelah pembacaan mazmur, salah satu suster menghampiri dan bertanya kepadanya, “Apa kabar, Geronda?”

Dia menjawab, “Saya mengalami sedikit kesulitan bernapas.”

Dia memegang ikon Theotokos di dadanya dan terus berdoa. Sambil menangis, biarawati itu meminta dokter untuk datang. Sebelum dokter datang, ia meminta ikon Kristus dari kapel tetangga, Kapel Para Malaikat, yang dibawa kepadanya. Dia menciumnya, berdoa dan menyuruh mereka membawanya kembali ke kapel. Ia terus berdoa dan setelah beberapa saat ia kembali meminta mereka membawakan ikon yang sama. Sekali lagi ia menciumnya dan berdoa dan menyuruh mereka untuk meletakkan ikon tersebut di sampingnya. Ini adalah pertama kalinya ia tidak berdiri untuk pembacaan Injil dan Kidung Agung selama liturgi. Ahli jantung datang sesaat sebelum akhir Liturgi Ilahi dan dia mencoba membantunya. Kebetulan ada tiga dokter lain di sebelahnya yang berada di biara dan bersikeras untuk membawanya ke rumah sakit. Kemudian napasnya menjadi berat. Para biarawati, yang pada saat itu berkumpul di sekelilingnya, ketika mereka melihat bahwa ia mengalami kesulitan bernapas, pergi ke kapel untuk mendaraskan Kanon Doa kepada Theotokos “Cepat Mendengar” dan ketika mereka melakukannya, kesulitan bernapas berhenti dengan segera. Karena para dokter bersikeras membawanya ke rumah sakit, seorang biarawati bertanya kepadanya, “Geronda, para dokter bersikeras agar kita pergi ke rumah sakit.” Dan jawabannya adalah, “tidak.” Di masa lalu ia tidak pernah menolak untuk dibawa ke rumah sakit jika memang diperlukan.

Semua biarawati biara berlutut di sekelilingnya. Episkop Agung sedang berdoa dengan tangan disilangkan di dada dan memegang ikon Theotokos. Dia mulai mengucapkan Mazmur ke-50 “Kasihanilah aku, ya Allah, menurut rahmat-Mu yang besar...” tetapi setelah dua ayat pertama dia tidak dapat melanjutkannya sehingga dia meminta seorang biarawati untuk melanjutkannya dan pada saat yang sama dia menyuruh seorang biarawati untuk mengucapkan doa, “Tuhan, Yesus Kristus, kasihanilah hamba-Mu ini.” Setelah beberapa saat, ia mengambil tiga tarikan napas kecil, menutup matanya dan menyerahkan jiwanya ke dalam tangan Allah yang hidup.

Ini adalah akhir yang baik dari Yang Mulia Episkop Agung Krisostomus II. Saat itu pukul 13.30 pada tanggal 6/19 September 2010, tepat 55 tahun setelah peristirahatan pendahulunya, Krisostomus I, yang beristirahat pada malam hari antara tanggal 6 dan 7 September 1955. Upacara pemakaman keduanya diadakan pada hari raya Kelahiran Theotokos; hari raya yang sangat dicintai oleh Yang Mulia dan mendedikasikan biara yang ia dirikan untuk menghormatinya.

Dia selalu berkata: "Empat hal yang aku inginkan Tuhan: Agar aku dapat mengakhiri hidup ini dengan jujur, agar Tuhan mengizinkan aku untuk menjaga akalku, agar aku memiliki suaraku sampai akhir hayatku sehingga aku dapat terus memuji Dia dan agar aku tidak menguburkan salah satu anak rohaniku." Tuhan akhirnya memenuhi keempat keinginannya ini. Selama liturgi terakhir yang ia pimpin pada hari raya Janasuci Yohanes Krisostomus pada tahun 2009 di biara Santa Perawan Maria Tak Bernoda di Megara, di antara kata-kata terakhir homilinya adalah "Semoga rahmat Tuhan menganggap kita layak untuk mendapatkan akhir yang baik. Umat terkasih, inilah harapan terbesar saya: AKHIR YANG BAIK." Sungguh, Tuhan menganggapnya layak untuk akhir yang baik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

https://goctoronto.org/biography-of-his-beatitude-archbishop-chrysostomos-ii/ https://goctoronto.org/abriefhistory136/ https://goctoronto.org/the-last-days-upon-the-earth-of-his-beatitude-archbishop-chrysostomos-ii-of-athens/