Lompat ke isi

Anastasius Gribanovsky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yang Mulia

Anastasius Gribanovsky

Metropolitan
Ortodoks Timur
GerejaGereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia
Awal masa jabatan
1898
Masa jabatan berakhir
1965
Imamat
Tahbisan imam
oleh Alexander dari Tambov
PeringkatEpiskop Agung
Informasi pribadi
Nama lahirAlexander Alexeievich Gribanovsky
Lahir6 Agustus 1873
Wafat22 Mei 1965 (92 Tahun)
MakamBiara Tritunggal Mahakudus di Jordanville, New York
KewarganegaraanRusia
DenominasiKristen
Orang tuaAleksey Gribanovsky dan Anna Née Karmazina

Y.M Metropolitan Anastasius Gribanovsky (nama sekuler Alexander Alexeievich Gribanovsky, bahasa Rusia: Александр Алексеевич Грибановский; 6 Agustus 1873 – 22 Mei 1965) Anastasy Gribanovsky adalah seorang hierarki Gereja Ortodoks Rusia dan Hierarki Pertama kedua Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Alexander Gribanovsky lahir pada tanggal 6 Agustus 1873, di desa Bratki di Borisoglebsky Uyezd di Kegubernuran Tambov Rusia (sekarang Distrik Ternovsky, Oblast Voronezh) dari pasangan Rm. Aleksey Gribanovsky dan Anna née Karmazina.

Setelah menyelesaikan sekolah dasar teologi Tambov dan kemudian seminari teologi Tambov, Alexander mendaftar di Akademi Teologi Moskwa, kemudian di bawah rektor Arkimandrit Anthony (Khrapovitsky), calon Metropolitan Kiev dan pendiri Hierarki Pertama ROCOR. Setelah menyelesaikan Akademi pada bulan April 1898, Alexander diangkat menjadi biarawan oleh Episkop Alexander dari Tambov dengan nama Anastasius setelah Janasuci Anastasius Sinaita. Pada tanggal 23 April 1898, ia ditahbiskan menjadi hierodeacon, dan tak lama kemudian menjadi hieromonk.

Pada tahun 1900, Hieromonk Anastasius diangkat sebagai inspektur Seminari Teologi Bethany di dekat Lavra Tritunggal Mahakudus. Pada tahun 1901, ia menjadi inspektur Seminari Teologi Moskwa, dengan kenaikan pangkat menjadi arkimandhrit.

Pada 29 Juni 1906, ia ditahbiskan sebagai Episkop Serpukhov, vikaris keepiskopan Moskwa. Pada penahbisannya, ia mengucapkan homili yang luar biasa “Jalan Sejati Karya Pastoral Kristus”, di mana ia menubuatkan kekacauan dan penganiayaan yang akan datang.

Sebagai vikaris keepiskopan Moskwa, tanggung jawab Episkop Anastasius meliputi pelayanan harian di Katedral Kremlin Moskwa, Katedral Kristus Sang Juruselamat, dan gereja-gereja serta biara-biara Moskwa lainnya, serta kunjungan ke parokia-parokia, memimpin lembaga-lembaga pendidikan teologi, dan memimpin sebuah komite untuk merayakan 100 tahun Pertempuran Borodino dan 300 tahun dinasti Romanov.

Pada bulan Mei 1914, Episkop Anastasius diangkat menjadi Episkop Kholm dan Liublin. Satu setengah bulan kemudian, Perang Dunia Pertama dimulai, dan selain tugas keepiskopannya, Episkop Anastasius melayani para prajurit di garis depan, dan untuk itu ia dianugerahi Ordo Santo Vladimir, dan kemudian Ordo Santo Aleksandr Nevsky.

Pada 1915, ia terpaksa mengungsi dari garis depan ke pedalaman, dan tinggal di Moskwa di Biara Chudov. Pada akhir 1915, ia diangkat menjadi Eparki Chişinău dan Khotin, dan pada 1916 ia dinaikkan pangkatnya menjadi Episkop agung. Dengan dibukanya front Rumania, Episkop Agung Anastasius sekali lagi menemukan dirinya berada di daerah operasi militer.

Pada Agustus 1917, ia meninggalkan Bessarabia menuju Moskwa untuk berpartisipasi dalam Dewan Seluruh Rusia pada 1917-1918. Dalam pemilihan Patriark Moskwa yang baru, pencalonannya mendapatkan 77 suara; ia kemudian berpartisipasi dalam persiapan penobatan Patriark Janasuci Tikhon dari Moskwa, yang ia gambarkan dalam artikelnya “Pemilihan dan Penobatan Patriark Tikhon yang Mulia, kepribadian dan karyanya.” Episkop Agung Anastasius terpilih sebagai anggota Sinode Suci Para Episkop.

Pada bulan Oktober 1918, ia berangkat dari Moskwa menuju Odessa dengan harapan dapat kembali ke Chişinău, yang saat itu berada di bawah pendudukan Rumania. Namun, ia tidak dapat kembali ke Bessarabia karena tekanan dari pihak berwenang Rumania untuk meninggalkan Gereja Rusia dan masuk ke dalam yurisdiksi Patriarkat Rumania. Dia menolak untuk bergabung dengan Gereja Ortodoks Rumania, dan tetap tinggal di Odessa. Dengan adanya invasi Bolshevik, ia terpaksa pergi ke Konstantinopel pada tahun 1919. Sekembalinya ke Rusia, ia mengunjungi Novorosiisk, Rostov, dan Novocherkassk, di mana ia menjalin kontak dengan Otoritas Gereja Tertinggi Rusia Tenggara, di bawah kepemimpinan Metropolitan Anthony Khrapovitsky. Ia kemudian sekali lagi meninggalkan Rusia menuju Konstantinopel melalui Odessa.

Pada tahun 1921, atas keputusan Administrasi Gereja Tinggi Sementara di Luar Negeri, ia mengunjungi Gunung Athos dan Tanah Suci, untuk mengenal keadaan biara-biara Rusia di kedua tempat tersebut. Ia kemudian berpartisipasi dalam Dewan Seluruh Diaspora ROCOR yang pertama di Sremski Karlovci, Serbia, sebagai administrator parokia-parokia Rusia di distrik Konstantinopel.

Anastasius Gribanovsky saat muda

Pada tahun 1923, atas undangan Patriark Meletius IV dari Konstantinopel, ia berpartisipasi dalam apa yang disebut “Kongres Ortodoks Pan” di Konstantinopel. Kongres tersebut membuat keputusan tentang penerapan kalender baru, mengizinkan pernikahan kembali bagi para pendeta dan episkop yang sudah menikah, mempersingkat kebaktian, meniadakan puasa, dan menyederhanakan jubah gerejawi. Episkop Agung Anastasius menyuarakan keberatannya terhadap keputusan-keputusan tersebut, yang dianggapnya tidak kanonik. Karena Patriarkat Ekumenis telah melarang peringatan Patriark Tikhon pada kebaktian-kebaktian di paroki-paroki Ortodoks Rusia di daerah tersebut dan menuntut Episkop Agung Anastasius untuk memutuskan hubungan dengan Sinode Luar Negeri ROCOR, ia terpaksa meninggalkan Konstantinopel menuju Bulgaria melalui Prancis. Di Bulgaria, ia berpartisipasi dalam konsekrasi Katedral Janasuci Alexander Nevski, dan kemudian berangkat ke Serbia.

Pada tahun 1924, ia ditunjuk sebagai administrator Misi Gerejawi Rusia di Yerusalem dan berangkat ke Tanah Suci, di mana ia menghabiskan 10 tahun berikutnya.

Pada tahun 1935, Episkop Agung Anastasius berpartisipasi dalam sebuah konsili yang diadakan oleh Patriark Serbia Varnava dengan tujuan memulihkan persatuan dalam Gereja Ortodoks Rusia di luar negeri. Konsili ini dihadiri oleh Metropolitan Eulogius Georgievsky, yang mengepalai Metropolia Eropa Barat (pendahulu Eksarkat Patriarkal untuk Paroki Ortodoks Tradisi Rusia di Eropa Barat), Metropolitan Theophilus Pashkovsky dari San Fransisco, yang mengepalai Metropolia Amerika Utara (pendahulu Gereja Ortodoks di Amerika), dan Episkop Dimitry Voznesensky, yang mewakili Metropolia Timur Jauh. Pada pertemuan ini, kesatuan Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia dipulihkan, meskipun untuk sementara, dan para Episkop menandatangani Patung Sementara Gereja Ortodoks Rusia di Luar Negeri, yang menjadi piagam yang mengatur ROCOR. Pada saat itu, Episkop Agung Anastasius diangkat menjadi metropolitan dan ditunjuk sebagai asisten Metropolitan Anthony Khrapovitsky.

Setelah kematian Metropolitan Anthony pada tahun 1936, Metropolitan Anastasius dengan suara bulat terpilih sebagai Hierarki Pertama ROCOR yang baru. Pada tahun 1938, Metropolitan Anastasius memimpin Dewan Seluruh Diaspora yang kedua.

Dengan dimulainya Perang Dunia II, Metropolitan Anastasius menemukan dirinya sekali lagi berada dalam zona permusuhan ketika pasukan Jerman mengebom dan kemudian menduduki Beograd pada tahun 1941. Invasi Uni Soviet pada bulan Juni 1941, mendorong Josef Stalin untuk mempertimbangkan kembali kebijakan-kebijakan negara terhadap Gereja Rusia. Stalin membebaskan para Episkop dari penjara dan mengizinkan gereja-gereja dibuka kembali. Dengan izinnya, para hierarki di Uni Soviet memilih Metropolitan Sergius Stragorodsky sebagai Patriark Moskwa pada tanggal 8 September 1943. Pada 21 Oktober 1943, di Wina, Metropolitan Anastasius bersama dengan delapan hierarki di pengasingan mengecam pemilihan tersebut sebagai tidak kanonik.

Dengan mendekatnya tentara Soviet ke Beograd pada bulan September 1944, Sinode Para Episkop pindah ke Wina dan kemudian, pada musim panas 1945, ke Munich, Jerman. Mulai tahun 1948, banyak pengungsi Rusia mulai pindah ke Amerika Serikat. Hal ini mendorong banyak orang untuk menyerukan agar Sinode pindah ke seberang Atlantik, terutama mengingat peristiwa-peristiwa pada tahun 1946 di All-American Council of Cleveland, di mana Metropolia Amerika Utara memilih untuk memutuskan hubungan dengan ROCOR. Mengingat keadaan ini, pada tanggal 23 November 1950, Metropolitan Anastasius meninggalkan Munich menuju New York. Segera setelah kedatangannya di Amerika Serikat, pada tanggal 25 November 1950, ia melakukan perjalanan ke Jordanville, New York, di mana ia menahbiskan Katedral Tritunggal Mahakudus, gereja utama Biara Tritunggal Mahakudus di dusun tersebut. Pentahbisan ini diikuti dengan pertemuan pertama Dewan Episkop ROCOR di Amerika Serikat yang dihadiri oleh 11 Episkop.

Di sana juga, dan untuk pertama kalinya (dan satu-satunya) dalam sejarah ROCOR, Metropolitan Anastasius memimpin konsekrasi krisma suci. Sebelumnya, ROCOR telah menerima krisma dari Gereja Ortodoks Serbia.

Masa Akhir[sunting | sunting sumber]

Setibanya di Amerika Serikat, Metropolitan Anastasius tinggal di Pertapaan New Kursk-Root di Mahopac, New York. Masa kepemimpinan Metropolitan Anastasius menyaksikan perkembangan ROCOR di Amerika Utara dengan dibukanya sekitar 100 paroki baru dan pentahbisan enam Episkop baru: Anthony Sinkevich dari Los Angeles, Averky Taushev dari Syracuse dan Holy Trinity, Sabbas Rayevsky dari Sydney, Anthony Medvedev dari San Fransisco, Sava Sarachevich dari Edmonton, dan Nectarius Kontzevich dari Seattle. Setiap musim panas, mulai tahun 1951, Metropolitan Anastasius melakukan perjalanan melintasi Amerika Serikat ke California, di mana ia menghabiskan sebagian besar musim panasnya di San Francisco. Di sana, atas inisiatifnya, Sinode mendirikan paroki Semua Orang Kudus Rusia di Burlingame, California.

Karena kesehatannya yang buruk, Metropolitan Anastasius mengajukan petisi untuk pemilihan penggantinya pada tahun 1964. Untuk tujuan ini, Dewan Episkop bertemu pada tanggal 27 Mei 1964, dan memilih Episkop Philaret Voznesensky dari Brisbane sebagai Hirarki Pertama ROCOR yang baru. Setelah Metropolitan Anastasius pensiun, Sinode menganugerahinya gelar “beato” dengan hak untuk mengenakan dua panagias. Tindakan terakhir dari pelayanan episkopalnya adalah pemuliaan Janasuci Yohanes dari Kronstadt oleh Dewan Episkop yang sama. Tak lama kemudian, Metropolitan Anastasius wafat pada 22 Mei 1965. Ia dimakamkan di Biara Tritunggal Mahakudus di Jordanville, New York.