Krishna Maharaj

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Krishna Maharaj
Potrait Maharaj
LahirKrishna Nanan Maharaj
26 Januari 1939 (umur 85)
Desa Diamond, Daerah Victoria, Trinidad dan Tobago
KebangsaanInggris
Trinidad
Nama lainKris Maharaj
Warga negaraInggris
Trinidad
PekerjaanPebisnis
Hukuman kriminalPenjara seumur hidup
Status kriminalDikurung di Rumah Tahanan Florida Selatan
Suami/istriMarita Maharaj
Orang tuaDolly Nanan Maharaj (ibu)
Nanan Maharaj (ayah)
KerabatRamesh Maharaj (saudara)
Roopnarine Rambachan (saudara ipar)
AlasanPembunuhan tingkat pertama, Penculikan[1]

Krishna Nanan Maharaj (pengucapan bahasa Hindi: [kɾiʂɳaː naːnənə məɦaːɾaːdʒə]; lahir 26 Januari 1939) adalah seorang pengusaha Inggris-Trinidad. Pada tahun 1987 ia dihukum oleh pengadilan Florida atas pembunuhan ganda terhadap pengusaha Jamaika-Cina, Derrick Moo Young dan Duane Moo Young, dan dijatuhi hukuman mati. Maharaj membantah telah melakukan pembunuhan tersebut, dan menurut organisasi hak asasi manusia, Reprieve, kasus Krishna Maharaj adalah "keguguran keadilan yang epik".[2]

Pada 13 September 2019, Hakim Federal, Alicia M. Otazo-Reyes, menemukan bahwa Maharaj telah membuktikan dirinya tidak bersalah dengan “bukti yang jelas dan meyakinkan” dan bahwa “tidak ada juri yang masuk akal yang dapat menghukumnya”. Namun hal tersebut tidak cukup untuk membebaskan Maharaj.[3]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Maharaj merupakan keturunan Indo-Trinidad dan ia saudara dari Ramesh Maharaj, mantan Jaksa Agung Trinidad dan Tobago. Dia juga saudara dari Indra Rambachan (née Maharaj), yang merupakan istri dari pengacara pemenang Penghargaan Nasional Roopnarine Rambachan.

Tuduhan dan penahanan[sunting | sunting sumber]

Menurut penuntut, pada bulan Desember 1986[4] Maharaj mengatur pertemuan palsu dengan Derrick Moo Young di DuPont Plaza Hotel untuk menuntut Moo Young agar membayar kembali uang yang telah dia ambil secara curang dari kerabat Maharaj di Trinidad. Derrick Moo Young muncul di kamar 1215 bersama putranya Duane. Begitu berada di dalam ruangan, Maharaj dikatakan muncul dengan pistol dari balik pintu. Terjadi pertengkaran dan sang ayah, Derrick Moo Young, diduga ditembak mati oleh Maharaj. Penuntut menyatakan bahwa putranya, Duane, kemudian dibawa ke lantai atas di suite dan ditembak oleh Maharaj.

Pada tahun 1997, pengadilan Florida membatalkan hukuman mati.[5] Pada tahun 2001, hampir 300 politisi Inggris, pemimpin gereja, dan hakim menulis surat kepada Gubernur Florida saat itu, Jeb Bush, meminta pengadilan ulang. Surat itu menyatakan bahwa ada "kekurangan yang mencengangkan" dalam kasus Maharaj. Di antara mereka yang menandatangani surat itu adalah Lord Goldsmith; Jaksa Agung untuk Inggris dan Wales dan Irlandia Utara, Lynda Clark; Advokat Jenderal untuk Skotlandia, Charles Kennedy; Pemimpin Demokrat Liberal, Ken Livingstone; Walikota London; mantan Jaksa Agung untuk Inggris dan Wales dan Irlandia Utara, Nicholas Lyell.

Gubernur menolaknya untuk diadili ulang; Maharaj malah kembali dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 2002.[5]

Pada tahun 2006, organisasi hak asasi manusia Inggris, Reprieve, mengajukan permohonan grasi kepada Gubernur Jeb Bush atas nama Maharaj. Reprieve menunjukkan bahwa juri tidak mendengar satupun dari saksi alibi Maharaj, bahwa ia berada sejauh 25 mil pada saat pembunuhan; saksi utama penuntut telah beberapa kali merubah ceritanya; pada awal persidangan telah terbukti bahwa korban pembunuhan terlibat dalam pencucian uang yang berhubungan dengan pengedar narkoba: dan ada sejumlah tersangka lain dengan motif lebih kuat yang belum dipertimbangkan pada saat itu.[5] Namun permohonan ditolak.

Pada tahun 2008, Reprieve mengajukan permohonan grasi kedua kepada Gubernur Florida saat itu, Charlie Crist, tetapi permohonan ini juga ditolak.[2]

Pada tanggal 24 April 2014, Hakim William Thomas, dari Pengadilan Sirkuit Yudisial ke-11 Florida, Miami, mengizinkan pengacara Maharaj untuk menghadirkan saksi selama sidang pembuktian.[6][7]

Pada 14 November 2014, Henry Cuervo, mantan Agen Administrasi Penegakan Narkoba AS, mengatakan kepada pengadilan bahwa mantan pembunuh bayaran, Jhon Jairo Velásquez Vásquez, telah mengaku kepadanya bahwa Pablo Escobar telah mengatur pembunuhan terhadap Moo Youngs. Cuervo mengatakan bahwa Velásquez ingin membersihkan hati nuraninya dan telah meminta Cuervo untuk bersaksi atas namanya. Dia juga menyerahkan surat pernyataan dari Velásquez — seorang pembunuh kartel yang dikenal sebagai "Popeye" yang baru-baru ini dibebaskan dari penjara di Kolombia, di mana dia dicerca sebagai salah satu pembunuh paling terkenal di negara itu.[8]

Pada tanggal 4 April 2017 Pengadilan Banding Sirkuit ke-11 AS mengabulkan sidang berdasarkan bukti yang menunjukkan keterlibatan Kartel Medellín Pablo Escobar dalam pembunuhan yang telah didakwakan kepada Maharaj. Pengadilan mengatakan bahwa saksi-saksi tambahan telah memberikan keterangan "menarik" yang "secara independen menguatkan satu sama lain" dan bahwa "lima cerita individu mencerminkan bahwa Moo Youngs dibunuh oleh kartel."[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Florida Department of Corrections: Inmate Population Information Detail – Krishna Maharaj" Diarsipkan 2015-09-23 di Wayback Machine., Retrieved 6 February 2010.
  2. ^ a b "Kris Maharaj, an innocent Briton imprisoned in the US for 22 years: plea for clemency denied by Governor Crist", Reprieve, 5 June 2008. Retrieved 9 July 2012.
  3. ^ "Kris Maharaj". Reprieve (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-28. 
  4. ^ Ovalle, David, "For family in 1986 Miami murder case, another loss", Miami Herald, 23 November 2014.
  5. ^ a b c "Mercy plea by innocent Brit imprisoned for 20 years in U.S.", Reprieve, 13 October 2006. Retrieved 9 July 2012.
  6. ^ Patterson, Thom, "Ex-millionaire: I was framed for murders ordered by Escobar", CNN, 13 December 2014. Retrieved 11 December 2014.
  7. ^ Ovalle, David, "Judge to allow hearing for British citizen convicted in 1986 Miami double murder", Miami Herald, 24 April 2014. Retrieved 11 December 2014.
  8. ^ Luscombe, Richard (13 November 2014). "Briton Kris Maharaj 'framed' for Florida killings, claims Pablo Escobar's ex-hitman". The Guardian. Diakses tanggal 13 July 2017. 
  9. ^ "Krishna Maharaj gets hearing after new claims surface in 1986 Miami murders". Associated Press, Miami. 4 April 2017. Diakses tanggal 13 July 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]