Kredit sosial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kredit sosial adalah filosofi ekonomi politik distributif yang dikembangkan oleh C. H. Douglas. Douglas mengaitkan kemerosotan ekonomi dengan perbedaan antara harga pokok barang dan kompensasi pekerja yang memproduksinya. Untuk mengatasi apa yang dilihatnya sebagai kekurangan daya beli yang kronis dalam perekonomian, Douglas menetapkan perlunya intervensi pemerintah dalam bentuk penerbitan uang bebas utang langsung kepada konsumen atau produsen (jika mereka menjual produknya lebih murah kepada konsumen) untuk mengatasi kesenjangan tersebut.[1]

Untuk mempertahankan gagasannya, Douglas menulis bahwa "Sistem dibuat untuk manusia, bukan manusia untuk sistem, dan kepentingan manusia yaitu pengembangan diri, berada di atas semua sistem, baik teologis, politik, atau ekonomi".[2] Douglas mengatakan bahwa Kreditor Sosial ingin membangun peradaban baru berdasarkan "keamanan ekonomi absolut" bagi individu, di mana "setiap orang akan duduk di bawah pohon anggurnya dan di bawah pohon aranya; dan tidak ada yang boleh membuat mereka takut".[3][4] Dalam kata-katanya, "apa yang sebenarnya kita tuntut dari keberadaan kita bukanlah bahwa kita akan dimasukkan ke dalam Utopia orang lain, namun kita akan ditempatkan pada posisi untuk membangun Utopia kita sendiri".[5]

Gagasan kredit sosial menarik minat yang besar pada periode antar perang, dengan Partai Kredit Sosial Alberta secara singkat mendistribusikan "sertifikat kemakmuran" kepada masyarakat Alberta. Namun Douglas menentang pembagian sertifikat kemakmuran yang didasarkan pada teori Silvio Gesell.[6] Teori kredit sosial Douglas telah diperdebatkan dan ditolak oleh sebagian besar ekonom dan bankir. Ekonom terkemuka John Maynard Keynes merujuk gagasan Douglas dalam bukunya The General Theory of Employment, Interest and Money,[7] namun malah mengajukan prinsip permintaan efektif untuk menjelaskan perbedaan output dan konsumsi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Clifford Douglas". Encyclopædia Britannica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 September 2021. Diakses tanggal 6 September 2021. 
  2. ^ Douglas, C.H. (1974). Economic Democracy (edisi ke-Fifth Authorised). Epsom, Surrey, England: Bloomfield Books. hlm. 18. ISBN 978-0-904656-06-0. Diakses tanggal 12 November 2008. 
  3. ^ Douglas, C.H. (1954). "Cover". The Douglas Quarterly Review. The Fig Tree, New Series. 1 (June). Belfast, Northern Ireland: K.R.P. Publications (dipublikasikan tanggal 1954–1955). Cover. 
  4. ^ Micah 4:4
  5. ^ Douglas, C.H. (1933). "Major C.H. Douglas Speaks". Sydney: Douglas Social Credit Association: 41. 
  6. ^ Douglas, C. H. "The Approach to Reality" (PDF). The Australian League of Rights. Diakses tanggal 27 February 2008. 
  7. ^ Keynes, John M. (1936). The General Theory of Employment, Interest and Money. London: MacMillan & Co Ltd. hlm. 32, 98–100, 370–371. ISBN 978-1-56000-149-2.