Ini adalah versi suara dari artikel ini

Krampus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Krampus dan Santo Nikolas mengunjungi sebuah rumah di Wina pada tahun 1896

Dalam cerita rakyat Eropa Tengah, Krampus adalah makhluk antropomorfik bertanduk yang berbentuk "setengah kambing, setengah iblis",[1] dan pada hari Natal akan menghukum anak-anak yang nakal, sementara Santo Nikolas akan menghadiahi mereka yang berperilaku baik. Krampus adalah salah satu rekan Santo Nikolas dalam cerita rakyat di beberapa wilayah di Eropa Tengah, seperti Austria, Bayern, Kroasia, Republik Ceko, Hongaria, Italia Utara (termasuk Tirol Selatan), Slowakia dan Slovenia.[2] Asal mula makhluk ini tidak diketahui; beberapa antropolog menduga bahwa tokoh ini berasal dari budaya pra-Kristen.

Dalam parade-parade tradisional dan ajang seperti Krampuslauf (Indonesia: lari Krampus), laki-laki muda yang berkostum Krampus turut serta; acara-acara ini diadakan setiap tahunnya di sebagian besar kota di Pegunungan Alpen.[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basu, Tanya (19 December 2013) "Who is Krampus?" National Geographic Magazine
  2. ^ Williams, Victoria (30 November 2016). Celebrating Life Customs around the World: From Baby Showers to Funerals [3 volumes]. ABC-CLIO. ISBN 9781440836596. 
  3. ^ Crimmins, Peter (15 December 2011). "Horror For The Holidays: Meet The Anti-Santa". NPR. Diakses tanggal 25 November 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]