Kotwica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kotwica
Detail
Digunakan sejak1942
PenggunaanBendera Negara Bawah Tanah Polandia dan lambang Armia Krajowa

Kotwica (bahasa Polandia yang berarti "Jangkar") adalah lambang yang digunakan oleh Negara Bawah Tanah Polandia pada Perang Dunia II dan lencana Armia Krajowa (Tentara Dalam Negeri atau AK). Lambang ini dibuat pada 1942, oleh anggota AK unit Sabotase Minor di distrik Wawer, Warsawa, sebagai lambang yang mudah digunakan dalam rangka perjuangan Polandia untuk memperoleh kembali kemerdekaannya. Inisial PW pada lambang tersebut adalah bahasa Polandia: Pomścimy Wawer yang berarti "Kita akan membalas (dendam) Wawer" yang merujuk kepada peristiwa Pembantaian Wawer (26-27 Desember 1939), pada masa tersebut dianggap sebagai salah satu pembantaian dengan skala besar pertama terhadap warga sipil Polandia oleh pasukan Jerman di Polandia yang diduduki.

Sebelum menjadi inisial, pada awalnya lambang tersebut ditulis seluruh frasanya di dinding oleh kelompok dari unit Sabotase Minor, yang segera disingkat menjadi PW. Seiring berjalannya waktu, PW juga melambangkan frasa bahasa Polandia: Polska Walcząca yang berarti "Polandia Melawan".[1] Pada awal tahun 1942, Armia Krajowa menyelenggarakan kontes desain lambang yang mewakili gerakan perlawanan. Kontes ini dimenangkan oleh seorang anggota paramiliter bawah tanah yang turut ambil bagian dalam operasi sabotase minor bernama Anna Smoleńska yang menggabungkan huruf P dan W menjadi lambang Kotwica.[2]

Anna Smoleńska kelak ditangkap oleh Gestapo November 1942 dan meninggal di Kamp konsentrasi Auschwitz, Maret 1943[3] pada usia 23 tahun.[4]

Sejarah lambang[sunting | sunting sumber]

Kotwica pertama kali ditulis di dinding-dinding dalam bentuk grafiti sebagai taktik perang psikologis melawan pendudukan Jerman di Warsawa oleh para Pramuka Polandia pada 20 Maret 1942. Pada tanggal 27 Juni 1942, lambang tersebut digunakan untuk memulai bentuk baru sabotase minor, dalam rangka memperingati hari Santo Pelindung (imieniny) bagi Presiden Polandia, Władysław Raczkiewicz dan Panglima Władysław Sikorski. Anggota AK Warsawa, mencetak beberapa ratus eksemplar surat kabar propaganda yang didukung oleh Jerman, Nowy Kurier Warszawski (The New Warsaw Courier) dengan lambang Kotwica. Acara ini kemudian menjadi acara tahunan selama pendudukan Jerman. Surat kabar ini hanya dicetak sebanyak 500 eksemplar pada tahun pertama, lalu meningkat menjadi 7,000 eksemplar tahun berikutnya.

Pada tanggal 18 Februari 1943, Komandan Armia Krajowa, Jenderal Stefan Rowecki, menerbitkan perintah yang menetapkan bahwa setiap partisan, aksi sabotase dan aksi teror harus ditandai dengan lambang Kotwica. Pada tanggal 25 Februari 1943, organ resmi Armia Krajowa Biuletyn Informacyjny menyebutkan bahwa Kotwica sebagai "tanda Tentara Bawah Tanah Polandia". Lambang tersebut mendapatkan popularitas yang luar biasa hingga diakui di seluruh wilayah Polandia yang diduduki.[5] Pada masa tahapan akhir perang, sebagian besar organisasi politik dan militer di Polandia (bahkan yang tidak terkait dengan Armia Krajowa) mengadopsi lambang tersebut sebagai organisasinya. Lambang ini di lukis di dinding-dinding kota, bahkan tercatum dalam uang kertas Jerman dan perangko. Lambang ini juga dicetak di surat kabar dan buku-buku bawah tanah serta menjadi salah satu simbol dalam aksi Pemberontakan Warsawa. Huruf P dan W juga dijadikan singkatan untuk Wojko Polskie ("Tentara Polandia") dan Powstanie Warszawskie ("Pemberontakan Warsawa").

Setelah Perang Dunia II, penggunaan lambang Kotwica dilarang oleh rezim komunis Polandia. Larangan ini dilonggarkan penggunaannya pada tahun-tahun terakhir pemerintahan komunis. Pada 1976, lambang Kotwica menjadi salah satu lambang yang digunakan oleh organisasi anti-komunis yang membela hak asasi manusia Ruch Obrony Praw Człowieka i Obywatela atau ROPCiO. Lambang ini juga diadopsi oleh organisasi politik anti-komunis lainnya, mulai dari Konfederasi Polandia Independen (Konfederacja Polski Niepodległej atau KPN), politisi Polandia Leszek Moczulski hingga organisasi Solidarność Walcząca ("Melawan Solidaritas") yang dibentuk sebagai tanggapan atas de-legalisasi solidaritas serikat pekerja independen dan represi pemerintah terhadap oposisi setelah pengumuman darurat militer di Polandia pada 1981.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Andrzej Gładkowski (2008). "„Kotwica" Walcząca" (dalam bahasa Polski). NWPA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Mei 2009. Diakses tanggal 5 September 2021. 
  2. ^ Andrzej Gładkowski (2008). "Znak Polski Walczącej". Andrzej Gładkowski, Wydawnictwo fundacji „Warszawa walczy 1939 – 1945” (dalam bahasa Polski). Związek Powstańców Warszawskich. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Agustus 2013. Diakses tanggal 6 September 2021. 
  3. ^ Tomasz Szarota (2013). "Historia Kotwicy Polski Walczącej". with historical photographs (dalam bahasa Polski). Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 November 2013. Diakses tanggal 6 September 2021. 
  4. ^ Adam Cyra (22 Maret 2013). "Twórczyni Symbolu Polski Walczącej – 70. Lat Temu Zginęła W Kl Auschwitz". Auschwitz Memento (dalam bahasa Polski). projektpilecki.pl. Diakses tanggal 6 September 2021. 
  5. ^ Tomasz Stańczyk (29 Mei 2004). "Piasek sypany w oczy" (dalam bahasa Polski). rzeczpospolita. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 September 2021. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]