Korps Intelijen Militer (Angkatan Darat Amerika Serikat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Korps Intelijen Militer
NegaraAmerika Serikat
CabangAngkatan Darat Amerika Serikat
Tipe unitIntelijen militer
MarkasINSCOMFort Belvoir, Virginia
MotoAlways Out Front
Himne"Freedom on Parade"
PertempuranPerang Saudara Amerika
Perang Dunia Pertama
Perang Dunia Kedua
Perang Korea
Perang Vietnam
Operasi Badai Gurun
Operasi Enduring Freedom
Operasi Pembebasan Irak
Tokoh
U.S. Army Deputy Chief of Staff (G2—Intelligence)LTG Scott D. Berrier
Commander (INSCOM)MG Gary W. Johnston
Insignia
Lambang Cabang
Plakat cabang
Regimental coat of arms

Korps Intelijen Militer adalah cabang intelijen dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Misi utama intelijen militer di Angkatan Darat Amerika Serikat adalah untuk memberikan dukungan intelijen dan peperangan elektronik yang tepat waktu, relevan, akurat, dan disinkronkan kepada komandan tingkat taktis, operasional, dan strategis. Komponen intelijen Angkatan Darat menghasilkan intelijen baik untuk penggunaan Angkatan Darat maupun untuk berbagi di seluruh komunitas intelijen nasional Amerika Serikat.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Personel intelijen adalah bagian dari Angkatan Bersenjata Kontinental sejak didirikan pada tahun 1775.

Pada 1776, Jenderal George Washington menugaskan unit intelijen pertama, terbentuklah Knowlton's Rangers, dinamakan dari nama pemimpinnya saat itu Kolonel Thomas Knowlton, menjadi pasukan elit terorganisir pertama, pendahulu unit pasukan operasi khusus modern seperti Tentara Rangers, Delta Force, dan lain-lain. Angka "1776" pada segel Dinas Intelijen Angkatan Darat Amerika Serikat mengacu pada tahun pembentukan Knowlton's Rangers.

Pada bulan Januari 1863, Mayor Jenderal Joseph Hooker mendirikan Biro Informasi Militer untuk Union Army selama Perang Saudara Amerika, dipimpin oleh George H. Sharpe. Allan Pinkerton dan Lafayette C. Baker menangani operasi serupa untuk masing-masing wilayah komando mereka. Semua operasi itu ditutup setelah berakhirnya Perang Saudara Amerika pada tahun 1865.[2]

Pada 1885, Angkatan Darat membentuk Divisi Intelijen Militer. Pada tahun 1903, ditempatkan di bawah staf umum yang baru dalam posisi yang lebih tinggi.[3]

Pada bulan Maret 1942, Divisi Intelijen Militer direorganisasi menjadi Dinas Intelijen Militer. Awalnya hanya terdiri dari 26 orang, 16 di antaranya perwira, tetapi dengan cepat diperluas menjadi 342 perwira dan 1.000 personel tamtama dan warga sipil, yang bertugas mengumpulkan, menganalisis, dan menyebarkan intelijen. Di masa awal termasuk:

* Grup Administratif
* Kelompok Intelijen
* Kelompok Penangkal Intelijen
* Grup Operasi

Pada Mei 1942, Alfred McCormack mendirikan Cabang Khusus Dinas Intelijen Militer, dengan spesialisasi dalam bidang komunikasi intelijen.

Pada 1 Januari 1942, Korps Polisi Intelijen didirikan selama Perang Dunia I, ditugaskan kembali sebagai Korps Kontra Intelijen Angkatan Darat Amerika Serikat. Pada tahun 1945, Cabang Khusus menjadi Badan Keamanan Angkatan Darat.

Pada tanggal 1 Juli 1962, Cabang Intelijen dan Cabang Keamanan Angkatan Darat didirikan sebagai cabang dasar dari Angkatan Darat untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan akan intelijen nasional yang taktis.[4]

Pada bulan Juli 1967, sejumlah organisasi intelijen dan keamanan digabungkan untuk membentuk cabang intelijen militer.[5][6][7] Pada tahun 1977 mereka akhirnya bergabung kembali dengan Badan Intelijen Angkatan Darat dan Badan Keamanan Angkatan Darat menjadi Intelijen dan Komando Keamanan Angkatan Darat AS.

Pada tahun 1971, Pusat Intelijen Angkatan Darat Amerika Serikat didirikan di Fort Huachuca, Arizona sebagai basis bagi cabang intelijen militer. Pada 1 Juli 1987 Korps Intelijen Militer diaktifkan sebagai resimen di bawah Sistem Resimen Angkatan Darat A.S..[8] Semua personel Intelijen Militer Tentara Amerika Serikat adalah anggota Korps Intelijen Militer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ United States Intelligence Community Official Website Diarsipkan 21 October 2007 di Wayback Machine.
  2. ^ "Intelligence in the Civil War" (PDF). Central Intelligence Agency. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 December 2013. Diakses tanggal 2014-07-24. 
  3. ^ Theoharis, Athan G., ed. (1999). The FBI: A Comprehensive Reference Guide. Phoenix, OR: The Oryx Press. hlm. 160. Diakses tanggal 20 May 2011. 
  4. ^ "Army Birthdays". U.S. Army Center of Military History. Department of the Army. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-25. Diakses tanggal 3 September 2015. 
  5. ^ "Publications 101" (PDF). usapa.army.mil. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2004-10-15. 
  6. ^ "index2". Hrc.army.mil. 28 October 2009. Diakses tanggal 20 May 2011. 
  7. ^ John Patrick Finnegan, Center of Military History, United States Army, Washington, D. C. (1998). "Military Intelligence". Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 January 2008. Diakses tanggal 18 February 2008. 
  8. ^ Welcome To the Intelligence Center Online Network Diarsipkan 17 July 2007 di Wayback Machine.