Koo Hari (Shinbi's House)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Koo Hari
구하리
Kuhari (McCune-Reischauer)
Tokoh Shinbi's House
Penampilan
perdana
Shinbi Apartment 444 episode 1
PenciptaCJ E&M
PemeranPark Ji-ye
Pengisi suara• Kim Young-eun
Yoo Young (Ghost Signal)
Umur13 tahun
Tanggal lahir7 Juni[a][1]
Golongan darahB[1][2]
Tinggi badan150 cm[1]
ZodiakGemini[1]
Informasi
Nama lengkapKoo Hari/Hari Koo
AliasHari
RasRas Mongoloid
Jenis kelaminPerempuan
PekerjaanSiswi Sekolah Byeolbich
SenjataBola makhluk
KeluargaKoo In-nam (Ayah)[3]
Yoo Jimi (Ibu)[3]
Doori Koo (Adik laki-laki)[3]
Nenek Mago (Nenek)[4]
PasanganKanglim Choi (pacar)
Kewarganegaraan Korea Selatan

Koo Hari atau Hari Koo (Pengucapan Korea: [kuha̠ri]), yang juga dikenal sebagai Hari, adalah salah satu karakter protagonis utama dalam Shinbi's House. Ia diisi suara oleh Kim Young-eun. Sementara, untuk pengisi suara bahasa Indonesia (dubbing), ia diisi suara oleh Tuti Pinkan (musim 1, 2 dan 5) dan Uci Bismark (musim 3 dan 4). Dalam The Haunted Memory, ia diperankan oleh Park Ji-ye.[5][6]

Kehidupan Hari dimulai saat ia tinggal di Apartemen Shinbi. Awalnya beliau tinggal di rumah kediaman keluarga Koo, tetapi keluarganya pindah ke Apartemen Shinbi, dan mereka tinggal di kamar nomor 444. Di sana ia bertemu dengan Shinbi, goblin penghuni Rumah Shinbi. Kemudian ia dan adiknya, Doori menandatangani kontrak, bahwa jika mereka bisa membebaskan jiwa suatu makhluk, maka Shinbi akan mengabulkan permintaan mereka.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Ciri Fisik[sunting | sunting sumber]

Mata berwarna coklat keemasan, kulit putih, dan rambut berwarna coklat kemerahan. Pada season 0, bola matanya berwarna abu-abu, dan warna rambutnya sedikit lebih terang.

Pakaian[sunting | sunting sumber]

  • Pada musim 0 & 1, pakaian sehari-hari Hari adalah baju berwarna merah jambu berlengan panjang dengan gambar tengkorak putih, celana jeans yang digulung sampai lutut, sepatu merah muda bertali, kaus kaki putih dengan panjang sampai lutut, dan rambut yang diikat ke samping kiri.
  • Baju tidur, ini dikenakan ketika tidur sejak season 1 episode 3.
  • Pakaian musim panas, terdiri dari kaus tanpa lengan dan celana pendek. Digunakan di season 1 episode 13 sampai 15.
  • Pakaian musim dingin, yang terdiri dari syal dan memakai rok, digunakan di season 1 episode 21 sampai 24.
  • Pada musim 2 & 3, Hari sehari-harinya mengenakan pakaian yang sama di musim 1, hanya saja ia memakai jaket tudung berwarna merah muda.
  • Gaun pengantin berwarna putih, merupakan pakaian yang dipinjamkan Gaeun kepada Hari, digunakan saat festival Halloween.
  • Pakaian berwarna merah muda dan putih, pakaian yang dibelikan oleh Kanglim untuk Hari di season 2 episode 16 (Makhluk Manekin). Kemudian pakaian ini dikenakan oleh Hari di episode 19 (Malodorous).
  • Pakaian musim dingin atau liburan, digunakan di film kedua dan di season 3 episode 9.
  • Pakaian anak gaul kekinian, yang diberikan oleh Yoon Young di season 3 episode 6.
  • Di episode Medusa, ayah Hari ingin membeli baju untuk Hari, tetapi Hari tidak mau. Baju ini adalah baju yang sama yang kemudian dipakai Yesin saat menemui manajer ZN.
  • Pakaian season 4

Kemunculan[sunting | sunting sumber]

Sebagai karakter utama, Hari selalu muncul dalam semua episode Shinbi's House.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Hari memiliki sifat yang ramah, mudah bergaul, pemberani, agak pemarah, dan sedikit galak; terutama pada adiknya dan Shinbi. Biasanya ia memarahi mereka karena mempermainkan hubungannya dengan Kanglim. Namun bukan berarti Hari tidak sayang pada adiknya, ia tetap melindungi adiknya dari gangguan dan memberinya kasih sayang seorang kakak. Seperti, saat Doori diejek teman-temannya akibat tubuhnya yang gemuk, Hari memarahi mereka. Kemudian ketika Doori ditangkap oleh makhluk, Hari menunjukkan perasaan khawatir terhadap Doori. Hari juga menyayangi Shinbi meskipun ia sering memarahinya, seperti saat Kanglim menggunakan Shinbi untuk mengalahkan Raja Bawah Tanah, ia membebaskan Shinbi dari ikatannya dan sedikit kesal pada Kanglim.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Hari hanya manusia biasa dan tidak memiliki kemampuan khusus seperti pengusir makhluk. Tetapi Hari memiliki bola makhluk yang bisa digunakan untuk memanggil makhluk. Sehingga dalam pertempuran, biasanya Hari mengandalkan kekuatan dari bola makhluk, goblin, atau pengusir makhluk. Kemampuan fisik Hari dikatakan cukup kuat untuk seorang perempuan, karena ia memang pada dasarnya adalah anak tomboi. Hari mempunyai kemampuan khusus yang biasanya hanya ditunjukkan kepadanya, yaitu kemampuan melihat masa lalu para makhluk, terutama saat mereka masih menjadi manusia. Hanya makhluk-makhluk yang tercipta dari rasa dendam yang masa lalunya bisa dilihat oleh Hari, tetapi sepertinya Hari bisa melihat masa lalu Makhluk Jerami yang merupakan makhluk jahat, dan tidak melihat masa lalu Nenek Mago yang merupakan makhluk baik.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pada tanggal 7 Juni 2020, saluran resmi Shinbi's House di YouTube mengunggah video yang berisi tentang ucapan selamat ulang tahun pada Hari Koo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d @shinvatar "Ulasan ShinVatar mengenai biodata Hari Koo, Kanglim Choi, Gaeun Lee, dan Hyunwoo Kim". Instragram. 10 Juni. 
  2. ^ Shinbi's House musim 2, episode 4.
  3. ^ a b c Shinbi Apartment 444 episode 1
  4. ^ Shinbi's House musim 1, episode 2.
  5. ^ "Season 3 Shinbi Haunted House Ghost Ball Double X Segera tayang di Net". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-26. Diakses tanggal 2021-07-26. 
  6. ^ "Liputan acara Shinbi Haunted House hanya di Net". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-20. Diakses tanggal 2021-07-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]