Konrad I dari Kärnten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Konrad I Dux, Chronica sancti Pantaleonis, Cologne, pada skt. tahun 1237

Konrad I (skt. tahun 975 – 12 atau 15 Desember 1011) merupakan seorang Adipati Kärnten dari tahun 1004 sampai kematiannya. Ia berasal dari keluarga Wangsa Sali.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan putra ketiga Comte Otto I, yang pada saat kelahirannya memerintah di Wormsgau, Rheinfranken Westfranken. Ia merupakan adik dari Comte Heinrich dari Speyer (meninggal skt. tahun 990), ayahanda dari kaisar pertama dari wangsa Sali, Konrad II, dan Bruno (meninggal skt. 999), yang sedang mempersiapkan dirinya untuk karier gerejawi dan menjadi paus Jerman pertama sebagai Paus Gregorius V pada tahun 996. Eyang mereka Konrad si Merah merupakan pengikut setia Raja Otto I dari Jerman, telah dihibahkan dengan Provinsi (Lorraine) pada tahun dan menikahi putri raja Liutgard dari Sachsen pada tahun 947. Namun ia dipecat atas keterlibatannya di dalam suatu pemberontakan oleh putra Adipati Liudolf dari Swabia melawan pamandanya Heinrich I (Bayern) pada tahun 953.

Ayahanda Konrad, Otto memerintah di beberapa area Kerajaan Franka. Ia mula-mula diberikan Provinsi Kärnten pada tahun 978 setelah pemecatan Adipati Heinrich III di dalam Perang Tiga Heinrich melawan Kaisar Otto II. Meskipun ia harus meninggalkan provinsinya untuk mendukung Adipati Heinrich III dari Bayern pada tahun 985, ia tetap mendukung Wangsa Ottonian. Ketika Adipati Heinrich III meninggal pada tahun 995, ia sekali lagi dihibahkan dengan Kärnten dan juga memerintah Perbatasan Verona.

Konrad hidup lebih lama dari kedua kakandanya, ketika kematian mendadak Kaisar Otto III pada tahun 1002, ia dan ayahandanya Otto menjadi calon penguasa baru dari keluarga kerajaan Jerman. Mereka menolak untuk mendukung Adipati Heinrich IV dari Bayern, putra mendiang Adipati Heinrich III, yang diseleksi dan dimahkotai sebagai Romanorum Rex pada tanggal 7 Juni. Pada tahun itu Konrad menikahi Matilda, putri saingan Heinrich, Adipati Hermann II. Mereka memiliki dua orang putra: Konrad II, Adipati Kärnten dari tahun 1036, dan Bruno dari Kärnten, Uskup Würzburg dari tahun 1034. Pernikahan itu menimbulkan ketegangan hubungannya dangan Kaisar Heinrich II.

Setelah kematian ayahandanya pada tahun 1004, Konrad menggantikan posisinya sebagai Adipati Kärnten dan Markgraf Verona. Ia meninggal pada usia muda dan dimakamkan di Katedral Worms. Jandanya Matilda menikah yang kedua kalinya dengan Adipati Friedrich II (meninggal 1026) dan yang ketiga kalinya dengan Comte Esico dari Ballenstedt dari Wangsa Askanier.

Konrad I dari Kärnten
Lahir: skt. 975 Wafat: 1011
Jerman
Didahului oleh:
Otto I
Adipati Kärnten
1004–1011
Diteruskan oleh:
Adalbero