Otto I dari Kärnten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Otto dari Worms
Otto I of Carinthia.jpg
Otto dux, Chronica sancti Pantaleonis,
Cologne, skt. tahun 1237
Adipati Kärnten
Berkuasa978 – 983
PendahuluHeinrich III
PenerusHeinrich III
Adipati Kärnten
Berkuasa1002 – 4 November 1004
PendahuluHeinrich II
PenerusKonrad I
Lahirskt. 948
Wafat4 November 1004 (berusia 55–56)
Pemakaman
DynastySalian
AyahKonrad dari Lorraine
IbuLiutgarde dari Sachsen
PasanganJudith dari Kärnten (?)
AnakHeinrich dari Speyer
Paus Gregorius V
Konrad I dari Kärnten
Wilhem, Uskup Strasbourg
AgamaKatolik

Otto (skt. 948 – 4 November 1004), disebut juga Otto dari Worms, merupakan Adipati Kärnten dari tahun 978 sampai 985 dan sekali lagi dari tahun 1002 sampai kematiannya.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Otto berasal dari keluarga Wangsa Salian dan merupakan putra Comte Konrad si Merah, Adipati Lorraine dari tahun 944, dan Liutgard dari Sachsen, putri Kaisar Otto I. Ia pertama-tama dicatat sebagai seorang Comte di Nahegau pada skt. tahun 956, ia juga menguasai Speyergau dan Wormsgau dan juga beberapa provinsi lainnya di area tersebut.

Pada tahun 978 Kaisar Otto II menunjuk Comte Otto sebagai Adipati Kärnten dan Markgraf Verona, setelah pendahulunya Heinrich III tidak berhasil memberontak melawan otoritas kekaisaran di dalam Perang Tiga Heinrich dan dipecat. Namun pada tahun 985 janda Kaisar Otto Theophano Skleraina, untuk mendapat dukungan atas putranya yang masih belia Otto III, mengembalikan Kärnten kepada Luitpolding, dan Otto sekali lagi kehilangan wilayahnya. Ia setidaknya dapat menyimpan gelarnya sebagai "Adipati Worms" dan menerima Kaiserpfalz Kaiserslautern dan menyita wilayah-wilayah besar Biara Wissembourg (Weißenburg) sebagai ganti rugi.

Setelah kematian Adipati Heinrich II dari tahun 995, Otto semula menerima Perbatasan Verona dan Kärnten diserahkan kepada putra Heinrich, Adipati Heinrich IV. Ketika Kaisar Otto III meninggal pada tahun 1002, Otto dari Worms dan Heinrich IV dari Bayern adalah calon penguasa Romanorum Rex; Otto mundur dan menerima Provinsi Kärnten dari raja yang baru dilantik (calon Heinrich II dari Jerman) sebagai gantinya. Namun ia terpaksa menyerahkan wilayahnya di Rhenish kepada saingannya Uskup Burchard dari Worms.

Otto meninggal dua tahun kemudian dan ia digantikan oleh putranya, Konrad I.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Otto menikahi Judith (meninggal 991), yang diduga adalah cucu Adipati Arnulf I dari Bayern. Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Otto I dari Kärnten
Wafat: 4 November 1004
Jerman
Gelar
Didahului oleh:
Heinrich III
Adipati Kärnten
978–985
Diteruskan oleh:
Heinrich III
Didahului oleh:
Heinrich III
Adipati Kärnten
1002–1004
Diteruskan oleh:
Konrad I