Konqi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Konqi oleh Tyson Tan
Desain Konqi saat ini sejak KDE 5.

Konqi adalah maskot dari KDE. Bentuknya seekor naga kecil berwarna hijau yang periang. Pertama kali diperkenalkan pada bulan April 1999 sebagai asisten animasi baru untuk KDE Help Center dan menjadi maskot KDE versi 3.x. Sebagai bagian dari identitas komunitas KDE, ia muncul dalam jendela dialog tentang dari perangkat lunak KDE, media cetak, konferensi dan banyak situs KDE. Versi sebelumnya didesain oleh Stefan Spatz dan versi saat ini didesain oleh Tyson Tan.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama lengkap Konqi adalah Konqi Konqueror. Nama ini dipilih setelah Konqueror, penjelajah web baku KDE, yang saat itu juga sebagai manajer berkas baku KDE. Biasanya dia sering disebut "Konqi" atau "Konqi si naga hijau".

Karena kesalahan pengetikan dan komunikasi, ia pernah keliru disebut sebagai "Konqui", terutama saat kontes perancangan ulang di akhir 2012.[1] Kekeliruan itu kemudian diperbaiki dan "Konqi" telah digunakan sejak saat itu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kandalf, maskot KDE sebelumnya.

Kandalf[sunting | sunting sumber]

Kandalf adalah maskot KDE sebelum Konqi. Ia adalah penyihir tua dengan janggut putih panjang. Ia memakai topi dan jubah biru, sepasang kaus kaki dengan garis-garis merah putih dan sepasang sandal cokelat. Ia memegang tongkat ajaib yang menciptakan bintang merah disekitarnya. Entah kenapa, ada tulang ikan yang keluar dari saku jubahnya.

Kandalf memiliki penampilan yang mirip dengan Merlin dari film animasi Disney The Sword in the Stone, dan Gandalf dari novel fantasi J. R. R. Tolkien Lord of the Rings. Microsoft juga memiliki karakter yang serupa pada Office Assistant yang bernama Merlin dari Microsoft Office 97 sampai 2003. Diperkirakan keputusan KDE untuk mengganti Kandalf dengan Konqi adalah untuk menghindari masalah pelanggaran hak cipta. Namun, spekulasi tersebut belum pernah dikonfirmasi oleh KDE, yang menyatakan penggantinya itu karena penampilan menawan Konqi.[2]

Konqi[sunting | sunting sumber]

Konqi pertama kali diperkenalkan pada bulan April 1999, sebagai animasi asisten baru dari KDE Help Center versi 2.x. Mulai KDE versi 3.x, Konqi menjadi maskot KDE, menggantikan maskot Kandalf sebelumnya.[2] Versi pertama Konqi dibuat oleh Stefan Spatzyang digunakan pada KDE versi 2.x, 3.x dan 4.x. Desainnya mendapat beberapa penyesuaian dan perbaikan visual selama bertahun-tahun.

Desain ulang[sunting | sunting sumber]

Entri asli Tyson Tan pada kontes desain ulang Konqi.

Pada bulan Desember 2012, selama pengembangan KDE versi 5.x, komunitas memutuskan untuk memperbarui desain Konqi dengan desain yang lebih modern. Oleh karena itu, kontes desain ulang diadakan di Forum Komunitas KDE. Kontes ini juga mengharuskan karya seni dibuat di Krita, aplikasi lukis di KDE.[3] Sebanyak 19 desain diikutkan dalam kontes dan desain oleh Tyson Tan "Konqi, Katie and Friends" akhirnya terpilih.[4]

Karya Tyson Tan mulai digunakan dalam jendela dialog tentang KDE pada awal pembangunan KDE Frameworks 5. Namun, komposisi horizontal dan sejumlah besar karakternya tidak cocok digunakan dalam kerangka dialog yang kecil. Karya seni ini kemudian diganti dengan versi vertikal dengan karakter lebih sedikit. Desain yang lebih halus kemudian diciptakan oleh sang seniman dan versi terakhir yang menunjukkan bahwa hanya Konqi sendiri yang diterima. Konqi telah digunakan sejak KDE 5.x.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Versi sebelumnya oleh Stefan Spatz[sunting | sunting sumber]

Desain Stefan Spatz saat di KDE 4.

Pada versi Stefan Spatz, Konqi adalah naga hijau 3D dengan perut berwarna kuning-hijau. Ia memiliki dua alis mengambang di atas matanya, iris berwarna hitam abu-abu, 2 taring, 2 tanduk kuning kecil di atas kepalanya, sepasang sayap kelelawar di punggung, dan duri kuning kecil melintang di atas tulang punggungnya. Ia memiliki 3 jari di masing-masing tangan dan 3 jari di kaki masing-masing, semuanya dengan cakar. Ia mengenakan selendang syal merah ikonik dengan huruf putih "K" di atasnya. Dia sering digambarkan santai duduk di atas logo KDE, melihat para pemirsa.

Versi saat ini oleh Tyson Tan[sunting | sunting sumber]

Koleksi pose Konqi yang didesain ulang.

Pada versi ini, Konqi adalah naga hijau 2D yang bersih, hampir seperti vektor. Perancang sengaja mendasarkan desain barunya pada desain terdahulu untuk menunjukkan kontinuitas semangat.[5] Cerita latar belakang fiktif kemudian ditambahkan untuk mencerminkan fakta dan kejadian yang relevan.[6]

Konqi baru memiliki penampilan kartun anak-anak yang menyenangkan. Ia berwarna hijau cerah dan perutnya berwarna lebih cerah lagi. Mata besarnya bergaya kartun dengan warna iris hitam keabu-abuan. Ia memiliki dua taring yang lebih kecil tapi hanya tampak satu. Sepasang tanduk kuning berbentuk seperti huruf "K" menggantikan bekas tanduk kecil di kepalanya. Sayap kelelawarnya diangkat untuk tampilan yang lebih ramah dan garis besar yang sederhana. Ia memiliki 5 jari pada masing-masing tangan sedangkan jari kakinya digambarkan menyatu. Ia tidak memiliki cakar.

Kumpulan 24 karya seni diciptakan untuk versi ini, masing-masing menggambarkan Konqi melakukan tugas tertentu atau mewakili topik yang berbeda. Konsep lengkap juga mencakup Konqi lain dari berbagai warna dan profesi, masing-masing dengan desain tanduk yang unik.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Desain saat ini oleh Tyson Tan[sunting | sunting sumber]

Semua karya Tyson Tan dilisensikan dibawah Creative Commons BY-SA, GFDL dan LGPL.

Desain Sebelumnya oleh Stefan Spatz[sunting | sunting sumber]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Konqui Krita Contest!". 2012-12-08. Diakses tanggal 2017-07-17. 
  2. ^ a b "Timeline KDE 20 Years". Diakses tanggal 2017-07-17. 
  3. ^ "Konqi Contest". KDE Community Forums. 2012-12-08. Diakses tanggal 2017-07-16. 
  4. ^ "Krita Konqi Contest: The winner is found!". KDE Community Forums. 2013-02-18. Diakses tanggal 2017-07-16. 
  5. ^ "Tyson Tan - Konqi ver.2 Design Collection". Tumblr. 2014-11-14. Diakses tanggal 2017-07-17. 
  6. ^ "Katie - Konqi". 2017-07-18. Diakses tanggal 2017-07-19. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]