Konkatedral Basseterre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konkatedral Maria Dikandung Tanpa Noda
Co-Cathedral of Immaculate Conception
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
Ecclesiastical or organizational statusGereja
StatusAktif
Lokasi
LokasiBasseterre
 Saint Kitts dan Nevis
Bahan bangunanBatu

Konkatedral Maria Dikandung Tanpa Noda adalah sebuah gereja konkatedral Katolik di kota Basseterre, Saint Kitts dan Nevis, yang menjadi takhta bagi Keuskupan Saint John's–Basseterre.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahap awal pendudukan Prancis atas Basseterre, sebuah gereja Katolik didirikan di kota ini oleh Yesuit dan didedikasikan untuk Bunda Maria. Notre Dame dibakar habis pada tahun 1706 selama Perang Inggris-Prancis oleh tentara Inggris yang ditempatkan di sana. Gereja dibangun kembali pada tahun 1710 dan berganti nama menjadi St. George's. Dari tahun 1720-an, itu menjadi tempat ibadah bagi Anglikan.

Setelah pulau itu diambil alih oleh Inggris pada tahun 1713, umat Katolik Roma dilarang oleh hukum untuk beribadah di depan umum. Mereka juga menderita cacat sipil dan militer tertentu. Misalnya, umat Katolik Roma diminta untuk mengambil dan berlangganan sumpah dan deklarasi tertentu, seperti deklarasi menentang Transubstansiasi, sebelum mereka akan ditetapkan untuk jabatan sipil atau militer atau untuk duduk dan memberikan suara di badan legislatif pulau itu. Sebuah Undang-undang disahkan pada tahun 1829 akhirnya menghapus semua cacat. Akibatnya, terjadi kebangkitan Katolik Roma.

Masuknya migran Portugis dari pulau Madeira dari tahun 1835 dan seterusnya memperkuat pertumbuhan komunitas Katolik Roma.

Sebuah gereja dibangun pada atau sekitar tahun 1856; itu disebut Gereja Konsepsi Tak Bernoda. Pada tahun 1927, itu dihancurkan dan diganti dengan bangunan modern di situs yang sama di East Square Street. Pastor Claeys yang merupakan seorang arsitek bereputasi merancang gereja tersebut. Itu didedikasikan pada 6 Desember 1928.

Formation House adalah tempat tinggal para biarawati Katolik dan Manse untuk para pendeta.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Co-Cathedral of the Immaculate Conception". GCatholic.org. Diakses tanggal 1 Maret 2016.