Kon-Katedral Mantua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Mantua
Katedral-Basilika Santo Andreas Rasul
bahasa Italia: Basilica di S. Andrea Apostolo
Katedral Mantua
LokasiMantua
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Mantua

Basilika Sant'Andrea adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik dan basilika minor yang terletak di Mantua, Lombardia, Italia. Ini adalah salah satu karya utama arsitektur Renaisans abad ke-15 di Italia Utara. Ditugaskan oleh Ludovico III Gonzaga, gereja ini dimulai pada tahun 1472 sesuai dengan desain Leon Battista Alberti di sebuah situs yang ditempati oleh biara Benediktin, yang menara loncengnya (1414) masih tersisa. Namun bangunan itu baru selesai 328 tahun kemudian. Meskipun perubahan dan perluasan kemudian mengubah desain Alberti, gereja tersebut masih dianggap sebagai salah satu karya Alberti yang paling lengkap. Itu tampak di atas Piazza Mantegna.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Fasadnya, dibangun berbatasan dengan menara lonceng yang sudah ada sebelumnya (1414), didasarkan pada skema Lengkungan Trajan kuno di Ancona. Ini sebagian besar merupakan struktur bata dengan plesteran keras yang digunakan untuk permukaannya. Hal ini ditentukan oleh lengkungan tengah yang besar, diapit oleh pilaster Korintus. Terdapat bukaan lebih kecil di kanan dan kiri lengkungan. Aspek baru dari desain ini adalah integrasi tatanan yang lebih rendah, yang terdiri dari kolom Korintus bergalur, dengan ordo raksasa, yang terdiri dari pilaster yang lebih tinggi dan tidak beralur. Keseluruhannya dikelilingi oleh pedimen dan di atasnya terdapat struktur berkubah, yang tujuannya tidak diketahui secara pasti, tetapi mungkin untuk menaungi jendela yang membuka ke arah gereja di belakangnya.

Aspek penting dari desain Alberti adalah kesesuaian antara fasad dan ketinggian interior, keduanya merupakan penjabaran dari motif lengkungan kemenangan, arcade, seperti fasad, memiliki lengkungan tinggi bergantian dan bukaan atas berbentuk persegi yang jauh lebih rendah.

Bagian tengahnya beratap kubah barel, salah satu pertama kalinya bentuk seperti itu digunakan dalam skala monumental sejak jaman dahulu, dan mungkin meniru Basilika Maxentius di Roma. Alberti mungkin berencana untuk membuat lemari besi tersebut, seperti lemari besi barel yang lebih pendek di pintu masuk, tetapi kurangnya dana menyebabkan lemari besi tersebut dibangun sebagai lemari besi barel sederhana dengan pundi-pundi kemudian dicat. Awalnya, bangunan ini direncanakan tanpa transept, dan bahkan mungkin tanpa kubah. Tahap pembangunan ini kurang lebih berakhir pada tahun 1494.

Pada tahun 1597, lengan samping ditambahkan dan ruang bawah tanah selesai dibangun. Kubah besar (1732–1782) dirancang oleh Filippo Juvarra, dan dekorasi akhir pada interior ditambahkan di bawah Paolo Pozzo dan lainnya pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Franco Borsi. Leon Battista Alberti . (New York: Harper & Row, 1977)