Kon-Katedral Alicante

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kon-Katedral Alicante
Kon-Katedral Santo Nikolas dari Bari
Spanyol: Catedral de San Juan de Albacete
Kon-Katedral Alicante
LokasiAlicante
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKon-katedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Orihuela-Alicante

Kon-Katedral Alicante yang bernama resmi Kon-Katedral Santo Nikolas dari Bari (bahasa Valencia: Cocatedral de Sant Nicolau de Bari, Spanyol: Concatedral de San Nicolás de Bari) adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik yang terletak di Alacant, di Komunitas Valencia, Spanyol. Gereja ini ialah bagian dari Keuskupan Orihuela-Alicante didedikasikan untuk Santo Nikolas dan diangkat menjadi katedral pada tanggal 9 Maret 1959 oleh Paus Yohanes XXIII.

Desain[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun antara tahun 1613 dan 1662. Gereja ini dirancang antara tahun 1610 dan 1615 oleh Agustín Bernardino, seorang mahasiswa Juan de Herrera,[1] dan dibangun di atas masjid kuno. Biara yang lebih tua awalnya dibangun pada abad ke-15 dengan gaya Gotik Valencia.

Katedral memiliki denah Salib Latin, meskipun transept cukup pendek. Mengapit bagian tengah terdapat enam kapel samping yang saling berhubungan dan sebuah rawat jalan di sekitar apse. Sebuah kubah biru menjulang 45 meter di atas persimpangan. Kapel Perjamuan Kudus, yang dikonfigurasikan sebagai kuil kecil berbentuk salib Yunani, dianggap sebagai salah satu contoh terindah dari Barok Spanyol.[1]

Penampilan luar katedral ini cukup sederhana. Fasad utama yang terletak di sisi timur adalah Langgam Doria, dan yang dibangun di sisi selatan adalah Langgam Ionia.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Concatedral de Alicante Diócesis de Orihuela-Alicante. (dalam bahasa Spanyol) Diarsipkan 17 April 2009 di Wayback Machine.