Komuter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

KOMUTER [ KOMUNITAS PEDULI DAN PECINTA KERETA API ][sunting | sunting sumber]

Website == KOMUTER ==

Profil

Visi

- Menjadi komunitas publik yang memiliki kepedulian serta rasa kecintaan terhadap kereta api.

Misi

- Menyediakan wadah aktivitas dan kreativitas serta pembinaan bagi seluruh warga negara Indonesia yang memiliki rasa kepedulian serta rasa kecintaan terhadap kereta api.

Budaya Komunitas

Kesukarelaan beraktifitas untuk peduli dan cinta terhadap kereta api.

Organisasi yang terstruktur dan tepat guna.

Mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat.

Usaha yang bermanfaat untuk anggota komunitas dan seluruh masyarakat.

Taat terhadap semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Eksistensi kemitraan dengan semua pihak.

Regenerasi yang konsisten dan berkesinambungan.

=== Sejarah Singkat ===

Berawal dari pertemuan Railfans [ istilah bagi para pecinta kereta api Indonesia ] yang diadakan di stasiun Bangil, Pasuruan. Pada saat itu tujuan kami hanya sekedar kumpul – kumpul dengan para railfans yang terjun lebih dulu dari kami, karena pada saat itu kami adalah penumpang baru dalam dunia railfans Indonesia. Kami hanya ber-tiga yakni Moch. Syamsuri (pekerja swasta) Anzhar Pratama (mahasiswa) dan Rizal Rahardian (mahasiswa)

Sekedar bercerita sedikit tentang perjalanan kami. Saat itu, kami berangkat dari Surabaya pukul 04.44 menggunakan KA PENATARAN dengan nomor KA 963. Ketika disana kita kumpul dengan para railfans yang saat itu dihadiri oleh railfan Surabaya, Pasuruan, Malang, Jember dan Madiun. Kami mendapat pengalaman cukup berharga, yang tidak tahu kedepannya pengalaman ini menjadikan sebuah hasil karya yang cukup besar.

Setelah pulang dari Bangil, kami sekedar share tentang pertemuan di Bangil. Setelah ngobrol ngalor – ngidul akhirnya mendapat suatu simpulan, intinya ingin membentuk suatu Komunitas pecinta kereta api yang tidak hanya suka dengan kereta api tapi juga ingin peduli dengan kereta api Indonesia.

Cukup lama ide tersebut terpendam di benak kami, hampir 1 bulan belum mendapatkan nama yang tepat. Tapi dalam 1 bulan tersebut kami tidak diam diri saja. Kami mengadakan traveling ke stasiun Tarik, Mojokerto sampai akhirnya ketemulah nama KOMUTER NAPI kepanjangan dari KOMUNITAS MUTER – MUTER NAIK KERETA API karena latar belakang kita juga suka bepergian. Tetapi setelah kami share nama KOMUTER NAPI mempunyai image yang jelek pada kata NAPI [ NARAPIDANA ] akhirnya ditetapkannya menjadi KOMUTER [ KOMUNITAS PEDULI DAN PECINTA KERETA API ] dan segera mencari hari jadi yang pas. Pada saat itu nama KOMUTER sudah dipakai kalau kita bepergian ke stasiun – stasiun kecil. Walaupun ditanya dari mana dan petugasnya tidak tahu KOMUTER itu apa tapi kami merasa percaya diri.

Ide tanggal peresmian atau hari lahir KOMUTER tercetus ketika kami berada di stasiun Lamongan. Ide tersebut muncul karena terinspirasi dari nomor sebuah lokomotif cukup baru yakni CC 204 09 kepunyaan DIPO BANDUNG [ BD ] dan kalau diurai angka – angkanya akan membentuk sebuah tanggal. Angka 20 yakni pada tanggal 20, angka 4 yakni pada bulan 4 dan angka 09 yakni pada tahun 2009 dan akhirnya pada tanggal 20 April 2009 disepakati sebagai hari jadi KOMUTER dan pada saat itu kita langsung membentuk team dalam rangka peresmian KOMUTER dan tidak lupa kami berkonsultasi dengan Humas KAI Daop 8 yang saat itu dijabat oleh Bpk. Sugeng Priyono dan akhirnya mendapat sinyal hijau dari beliau.